Comscore Tracker

Resep Puding Busa Stroberi, Segar dan Lembut Teksturnya Bikin Ngiler

Dessert ini gak sulit dibuat lho!

Kamu sedang cari resep dessert enak untuk jamuan? Kamu bisa mencoba membuat puding busa stroberi. Perpaduan segarnya stroberi dengan lembut teksturnya puding pasti bikin dessert ini jadi favorit banyak orang.

Busa lembut ini sendiri berasal dari kocokan putih telur ini bikin nagih. Apalagi dengan tampilan warna merah mudah cenderung soft, tambah bikin ngiler tertarik untuk mencobanya. 

Berikut adalah puding busa stroberi yang bisa kamu buat di rumah untuk jamuan makan akhir pekan nanti.

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Resep Puding Busa Stroberi, Segar dan Lembut Teksturnya Bikin Ngilerilustrasi bahan untuk membuat puding (foodsguy.com)

Bahan-bahan:

  • 1 liter susu cair UHT
  • 14 gram agar-agar putih
  • 300 gram gula pasir
  • 5 butir telur
  • 1 sendok makan pasta stroberi
  • 1 sendok makan vanila cair
  • 1 sendok teh garam

2. Kocoklah putih telur hingga padat

Resep Puding Busa Stroberi, Segar dan Lembut Teksturnya Bikin Ngilerilustrasi telur ayam (pexels.com/Klaus Nielsen)

Pisahkan kuning telur dan putih telur dalam wadah yang berbeda. Lalu, kocoklah putih telur menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga warnanya putih pekat dan bertekstur padat. Jadilah adonan busa puding yang terbuat dari putih telur.

Nantinya, busa ini akan dicampurkan dengan bahan lain hingga menghasilkan puding yang lembut. 

Baca Juga: Resep Puding Lumut Tanpa Santan, Dessert Terbaik untuk Akhir Pekan

3. Saatnya membuat adonan puding, nih!

Resep Puding Busa Stroberi, Segar dan Lembut Teksturnya Bikin Ngilerilustrasi membuat adonan puding (pexels.com/Los Muertos Crew)

Sementara itu, campurkan gula pasir dengan taburan agar-agar. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Lalu, masukkan susu cair bersama vanila cair dan garam. Aduk-aduk kembali hingga terbentuk menjadi 1 adonan. 

Lalu, kocoklah kuning telur hingga hancur secara manual. Kemudian, masaklah adonan tadi sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih serta mengental. Ambil sekitar 2 sendok sayur adonan putih dan campurkan dengan kuning telur.

Masukkan campuran bahan kuning telur tersebut dengan adonan yang sedang dimasak. Aduk-aduk kembali hingga tercampur rata dan teksturnya semakin mengental. 

4. Campurkan semua bahan menjadi satu

Resep Puding Busa Stroberi, Segar dan Lembut Teksturnya Bikin Ngilerilustrasi adonan puding (berlyskitchen.com)

Jika teksturnya sudah berubah semakin kental, matikan kompor dan campurkan adonan tersebut dengan kocokan putih telur secara perlahan. Selagi adonan masih panas, aduk-aduk menggunakan mixer dengan kecepatan sedang.

Lalu, masukkan sebagian adonan tersebut ke dalam loyang puding. Penuhi sebagian loyang puding dengan adonan yang berwarna putih. Diamkan dalam lemari pendingin hingga tekstur bagian atasnya padat.

Sambil menunggu, campurkan adonan putih tadi dengan pasta stroberi. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan adonan pun berubah warna menjadi merah muda cenderung soft. Adem banget tampilannya, lho!

5. Puding busa stroberi sudah siap disajikan, deh!

Resep Puding Busa Stroberi, Segar dan Lembut Teksturnya Bikin Ngilerpuding busa stroberi (instagram.com/leny.aprisyah)

Setelah sekitar 5 menit, ambil loyang dalam lemari pendingin yang sebelumnya sudah diisi adonan putih. Selanjutnya, masukkan sisa ruang loyang dengan adonan merah muda rasa stroberi. Hasilnya, simpan kembali dalam lemari pendingin selama 2 jam hingga teksturnya padat sempurna.

Setelah padat, baru puding busa stroberi sudah siap disajikan. Tinggal lepaskan loyang dan iris menjadi beberapa bagian sesuai selera. Tamu yang datang pasti ketagihan, lho!

Wah, ternyata proses pembuatan puding busa stroberi semudah itu. Tekstur lembut dari puding busa ini bikin nagih dan cocok bagi lidah semua orang.

Baca Juga: 5 Resep Vla Puding yang Menggiurkan, Rasanya Premium Banget!

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya