Comscore Tracker

Resep Roti Goreng yang Gurih dan Empuk, Begini Caranya!

Bahan yang digunakan sangat sederhana

Di sini ada yang sedang malas untuk masak? Tenang saja, ada salah satu referensi masakan yang simpel dan cocok untuk kaum mager atau malas gerak.

Kalau lagi malas, kamu bisa bikin roti goreng. Meski terdengar seperti camilan, namun sebenarnya cukup mengenyangkan, lho.

Bermodalkan sedikit bahan saja, kamu sudah bisa mencicipi roti goreng. Selain bisa menikmati sendiri, setidaknya kamu juga bisa berbagi roti buatanmu dengan yang lain. Yuk, simak resep membuat roti goreng yang empuk berikut ini!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Resep Roti Goreng yang Gurih dan Empuk, Begini Caranya!ilustrasi bahan-bahan yang digunakan (pexels.com/Skitterphoto)

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 10 sendok makan gula
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 450 ml air

2. Campurkan semua bahan jadi satu

Resep Roti Goreng yang Gurih dan Empuk, Begini Caranya!ilustrasi membuat adonan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Campurkan semua bahan dengan 450 ml air. Aduk-aduk hingga merata dan uleni hingga kalis. Supaya merata sempurna, sebaiknya masukkan air secara perlahan sambil diaduk-aduk. Barangkali takaran airnya terlalu banyak, jadi bisa diatur. 

Tak berhenti di sana, diamkan adonan selama sejam. Pada proses ini, tutup bagian atas wadah adonan dengan kain. Bisa juga dengan benda lain yang bisa menutupi bagian atas wadah, ya.

3. Cetak adonan menjadi bulatan kecil

Resep Roti Goreng yang Gurih dan Empuk, Begini Caranya!ilustrasi mencetak adonan (pexels.com/Vaibhav Jadhav)

Setelah satu jam berlalu, buka tutupnya dan akan tampak adonan yang mengembang. Kemudian, cetak menjadi bulatan kecil sesuai selera. Nantinya, roti ini akan mengembang juga ketika digoreng.

Siapkan juga minyak dan wajan. Panaskan minyak dalam wajan, pastikan juga terisi penuh oleh minyak. Hal ini sangat mempengaruhi hasil akhir roti, lho.

Baca Juga: 11 Tips Membuat Roti Goreng Isi Ragout ala Devina Hermawan, Lumer!

4. Goreng roti hingga kecoklatan

Resep Roti Goreng yang Gurih dan Empuk, Begini Caranya!ilustrasi memasak (pexels.com/Creative Vix)

Cetaklah adonan roti tadi hingga habis. Bagi kamu yang ingin menambah isian roti, bisa diberi isian abon, cokelat, sosis, ayam suwir atau apa pun sesuai selera. Biar roti buatanmu rasanya semakin bervariasi. 

Tahap akhir, gorenglah adonan roti dengan minyak panas hingga tampak kecokelatan. Bolak-balik roti agar matangnya merata. Jangan biarkan roti gosong sebelah, ya!

5. Akhinya, roti goreng siap disajikan

Resep Roti Goreng yang Gurih dan Empuk, Begini Caranya!Roti Goreng (instagram.com/caji.shop)

Jika memang sudah matang, angkat dan tiriskan. Akhirnya, roti goreng buatanmu siap disajikan. Roti ini cocok dijadikan referensi camilan ketika santai bersama teman-temanmu di rumah. Dicocol saus cokelat atau mayones bakal lebih enak, lho!

Resep di atas akan menghasilkan roti goreng yang legit dan pastinya mudah dibuat. Kamu tertarik untuk membuatnya gak, nih? Langsung bergegas ke dapur dan praktikkan, ya!

Baca Juga: Resep Odading Kopong yang Empuk dan Antibantet, Enak Buat Camilan

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya