Comscore Tracker

Jadi Camilan Favorit Saat Natal, Ini 5 Fakta Menarik tentang Kue Jahe

Jadi kamu sudah buat kue jahe belum untuk Natal tahun ini?

Kue jahe jadi salah satu kue yang sangat identik dengan hari Natal. Di negara Eropa terutama, kamu akan menemukan kue berbentuk orang ini di hampir setiap rumah saat perayaan Natal.

Tapi di balik bentuknya yang lucu, tahukah kamu jika kue jahe memiliki beberapa fakta yang menarik? Seperti yang dilansir dari befrugal.com, berikut ini 5 fakta menarik tentang kue jahe yang jarang diketahui!

1. Kue jahe ternyata berusia sangat tua

Jadi Camilan Favorit Saat Natal, Ini 5 Fakta Menarik tentang Kue Jahereadersdigest.ca

Kue jahe pertama berasal dari Eropa, tepatnya Yunani tahun 2400 SM dan kemudian menyebar ke banyak negara. Pada abad pertengahan, orang-orang Eropa memiliki kue Eropa sendiri. Mereka membuat kue-kue keras yang dibentuk sesuai musim.

Saat musim semi, kue jahe akan dicetak membentuk bunga. Lalu akan dicetak bentuk burung juga untuk melambangkan musim gugur dan kue jahe berbentuk orang untuk musim dingin dan Natal.

2. Ratu Elizabeth I adalah orang pertama yang menghias kue jahe

Jadi Camilan Favorit Saat Natal, Ini 5 Fakta Menarik tentang Kue Jahebiography.com

Meski kue jahe sudah dibentuk macam-macam, namun kue tersebut tidak pernah dihias seperti yang kita lihat sekarang. Kebiasaan menghias kue jahe dengan icing sugar baru dilakukan oleh Ratu Elizabeth I.

Saat itu sang ratu meminta para pembuat kue di istana untuk membuat kue jahe berbentuk orang dan menghiasnya menyerupai tokoh-tokoh terkenal yang mengunjungi istananya.

Baca Juga: Resep Membuat Kue Jahe, Gak Perlu Nunggu Natal untuk Menikmatinya

3. Di Inggris, kue jahe digunakan untuk mencari jodoh

Jadi Camilan Favorit Saat Natal, Ini 5 Fakta Menarik tentang Kue Jaheunsplash.com/Savs

Di Inggris, kue jahe bukan hanya dibuat untuk merayakan Natal tapi juga untuk mencari jodoh. Biasanya perempuan Inggris akan memakan banyak kue jahe agar dia bisa segera menemukan pasangan hidup.

Kepercayaan lainnya adalah jika seorang perempuan bisa membuat pria yang dia sukai memakan kue jahe buatannya, maka pria itu akan jatuh cinta padanya.

4. Sedangkan di Swedia, kue jahe merupakan kue keberuntungan

Jadi Camilan Favorit Saat Natal, Ini 5 Fakta Menarik tentang Kue Jaheunsplash.com/Ben White

Lain Inggris, lain lagi kepercayaan yang ada di Swedia. Di sini, orang-orang menggunakan kue jahe untuk menentukan keberuntungan. Pertama, kamu harus meletakkan kue jahe ditelapak tangan dan kemudian membuat sebuah permintaan di dalam hati.

Setelah selesai, letakkan kue jahe di atas meja atau piring dan pukul dengan tangan. Jika kue jahe terbagi menjadi tiga bagian, maka keinginan kamu akan terkabul.

5. Bukan hanya untuk dimakan, kue jahe juga jadi bahan pembangunan rumah

Jadi Camilan Favorit Saat Natal, Ini 5 Fakta Menarik tentang Kue Jaheworthpoint.com

Saking cintanya dengan kue jahe, pada abad ke 16 orang-orang di Jerman membuat rumah yang seluruh bahannya terbuat dari kue jahe yang dihiasi dengan kertas timah untuk merayakan Natal.

Popularitas rumah kue jahe semakin populer ketika Brothers Grimm menulis kisah Hansel dan Gretel dimana para tokoh dongeng ini menemukan sebuah rumah di hutan yang keseluruhannya dibuat dari kue.

Itu dia beberapa fakta unik tentang kue jahe. Di balik rasanya, siapa sangka jika kue jahe ternyata memiliki sejarah yang panjang.

Baca Juga: 7 Khasiat Jahe untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bikin Makin Cantik!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya