Resep Ayam Bakar Bumbu Madu Sederhana, Gampang Buatnya!

Menu favorit untuk makan siang

Ayam bakar jadi menu favorit banyak orang untuk makan siang. Walaupun enak, menu satu ini biasanya hanya disantap di perayaan tertentu, seperti tahun baru. Salah satu alasannya, jika dibandingkan olahan ayam lain, ayam bakar proses masaknya cukup ribet.

Padahal, selain dibakar di atas arang, kamu juga bisa membuat ayam bakar dengan bantuan teflon atau bahkan oven. Yuk, bikin resep ayam bakar bumbu madu sederhana yang cocok untuk makan siang berikut ini!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Ayam Bakar Bumbu Madu Sederhana, Gampang Buatnya!gambar daging ayam mentah (unsplash.com/JK Sloan)

Bahan-bahan:

  • 1/2 kilogram ayam
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah
  • 1 buah tomat
  • 2 butir kemiri
  • 1 ruas jahe
  • 1/2 sendok teh merica butiran
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh penyedap
  • 25 gram gula merah
  • 1 sendok makan kecap
  • 1 sendok makan madu

2. Haluskan bahan-bahan menggunakan blender, kemudian tumis hingga matang

Resep Ayam Bakar Bumbu Madu Sederhana, Gampang Buatnya!gambar bumbu ayam bakar (youtube.com/Ika Mardatillah)

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, tomat, kemiri, jahe, dan merica. Tambahkan air sedikit agar proses menghaluskan bumbu dengan blender jadi lebih mudah. Kalau gak ada blender, kamu bisa menghaluskan menggunakan ulekan.

Setelah itu, panaskan wajan, lalu tuang minyak goreng secukupnya. Minyak mulai panas, kamu bisa memasukkan bumbu yang sudah kita haluskan tadi. Tambahkan juga garam, penyedap, gula merah yang sudah diiris, kecap, dan juga madu.

3. Masukkan potongan daging ayam, lalu aduk-aduk hingga bumbu merata

Resep Ayam Bakar Bumbu Madu Sederhana, Gampang Buatnya!gambar daging ayam yang akan diungkep (youtube.com/Ika Mardatillah)

Aduk-aduk bumbu hingga semuanya tercampur rata. Masak hingga bumbu matang dan minyaknya terpisah. Kemudian, masukkan potongan daging ayam, lalu aduk rata hingga semua permukaan daging ayam terkena bumbu.

Selanjutnya, tambahkan air secukupnya, lalu aduk-aduk. Tutup wajan dan ungkep hingga kuahnya surut dan bumbunya mengental. Jangan lupa, sesekali bolak-balik daging ayam agar matanya merata.

Baca Juga: Resep Ayam Bakar Padang, Bisa Dipanggang di Wajan

4. Setelah ayam matang dan bumbunya menyusut, panggang di dalam oven

Resep Ayam Bakar Bumbu Madu Sederhana, Gampang Buatnya!gambar daging ayam yang akan dimasukkan ke oven (youtube.com/Ika Mardatillah)

Setelah bumbu menyusut, matikan api dan pindahkan ayam ke piring atau wadah. Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti dan letakkan rak panggangan. Letakkan ayam di atas rak panggang, kemudian panggang dengan oven selama 20 menit. 

Setelah 20 menit, keluarkan ayam dan olesi seluruh permukaannya dengan bumbu sisa ungkep tadi. Kemudian masukkan lagi ke oven, lalu panggang lagi selama 20 menit. Setelah 20 menit, keluarkan ayam yang sudah matang dan sajikan.

5. Bakar daging ayam menggunakan teflon hingga matang

Resep Ayam Bakar Bumbu Madu Sederhana, Gampang Buatnya!gambar ayam bakar bumbu madu yang sudah matang (youtube.com/Ika Mardatillah)

Kalau gak punya oven, kamu bisa menggunakan teflon untuk membakar ayam. Siapkan teflon antilengket. Kemudian, tuang sedikit minyak di permukaannya, lalu letakkan ayam. 

Selanjutnya, olesi bumbu ke permukaannya beberapa kali, hingga lalu panggang hingga permukaannya sedikit gosong. Setelah ayam siap, segera angkat dan sajikan. Untuk pelengkapnya sendiri, kamu bisa menambahkan sambal dan nasi hangat. 

Ayam bakar bumbu madu memang enak, apalagi kalau disantap dengan nasi hangat dan sambal. Sensasi rasa pedas dan manisnya bikin kita gak tahan untuk nambah lagi!

Baca Juga: 5 Resep Bumbu Oles Ayam Bakar, Mulai dari yang Manis hingga Pedas 

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya