Comscore Tracker

Resep Donat Bomboloni, Camilan Khas Italia yang Mudah Dibuat

Gak kalah nikmat dari donat biasa!

Donat identik berbentuk bulat dengan lubang kecil di tengahnya. Namun, beda ceritanya kalau kamu ke Italia. Di negara ini, bentuk donatnya berbeda.

Donat bernama bomboloni itu bentuknya memang masih bulat, tetapi bagian tengahnya gak berlubang. Gak cuma itu, bomboloni juga dilengkapi dengan isian berupa custard cream.

Gak perlu ke Italia, kamu yang penasaran dengan rasa donat bomboloni bisa bikin sendiri di rumah. Lembut dan lumer dalam sekali gigitan, berikut resep donat bomboloni yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Bahan-bahan membuat donat bomboloni

Resep Donat Bomboloni, Camilan Khas Italia yang Mudah Dibuatgambar donat bomboloni yang sudah matang (youtube.com/Devina Hermawan)

Bahan adonan bomboloni:

  • 325 gram tepung terigu protein sedang
  • 75 gram tepung terigu protein tinggi
  • 50 gram brown sugar
  • 3 gram garam
  • 50 gram mentega
  • 7 gram ragi
  • 150 ml susu cair
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh vanili ekstrak
  • palm sugar atau gula halus secukupnya

Bahan cream custard:

  • 500 gram susu cair
  • 80 gram gula pasir
  • 4 butir kuning telur
  • 30 gram maizena
  • 1 sendok teh garam
  • 50 gram mentega
  • 1 sendok teh vanili ekstrak

2. Mikser beberapa bahan hingga kalis

Resep Donat Bomboloni, Camilan Khas Italia yang Mudah Dibuatgambar adonan donat bomboloni yang sudah jadi (youtube.com/Devina Hermawan)

Siapkan wadah, lallu masukkan tepung terigu protein sedang, tepung terigu protein tinggi, brown sugar, susu cair, ragi, telur, dan ekstrak vanila. Mikser semua adonan menggunakan mikser khusus membuat roti. Lakukan hingga menyatu dan membentuk menjadi adonan. Setelah membentuk adonan, baru masukkan mentega dan juga garam. 

Perlu dicatat, saat membuat roti, donat, atau adonan apapun yang menggunakan ragi, pastikan kamu gak mencampurnya langsung dengan garam. Garam akan membuat ragi mati, sehingga adonan gak mengembang.

Setelah garam dan mentega masuk, mikser lagi hingga adonan kalis dan elastis. Ketika adonan sudah siap, kamu bisa mematikan mikser dan memindahkan adonan ke wadah lain yang diolesi sedikit minyak goreng. Tutupi adonan dengan plastic wrap atau serbet, lalu diamkan selama 30-40 menit hingga adonan mengembang.

3. Kocok custard cream untuk isian bomboloni

Resep Donat Bomboloni, Camilan Khas Italia yang Mudah Dibuatgambar telur, gula dan maizena untuk custard cream (youtube.com/Devina Hermawan)

Sambil menunggu adonan siap, kamu bisa beralih ke custard cream untuk isian donat bomboloni. Siapkan wadah, lalu masukkan kuning telur, dan gula pasir. Aduk hingga adonan lebih kental dan warna berubah jadi kuning pucat, lalu masukkan tepung maizena.

Selanjutnya, siapkan panci, lalu tuang susu, vanili ekstrak, dan garam. Masak di api kecil hingga hampir mendidih. Jika susu sudah siap, ambil satu atau dua sendok sayur susu, lalu tuang ke adonan telur tadi.

Baca Juga: 9 Tips Bikin Donat Bomboloni ala Chef Devina, Lembut dan Anti Gagal 

4. Aasak adonan cream custard sampai mengental

Resep Donat Bomboloni, Camilan Khas Italia yang Mudah Dibuatgambar adonan telur yang dicampur dengan susu (youtube.com/Devina Hermawan)

Aduk-aduk hingga telur dan susunya tercampur rata, lalu masukkan campuran ini ke susu yang ada di panci. Masak lagi susu di panci dengan api kecil sambil diaduk hingga kental. Kemudian, tambahkan mentega dan masak lagi sebentar hingga leleh dan tercampur rata.

Setelah itu, matikan api dan pindahkan custard cream yang sudah jadi ke dalam wadah. Tutupi bagian atas custard cream menggunakan plastic wrap. Tujuannya agar tekstur custard cream tetap lembut meski sudah dingin.

5. Cetak adonan menjadi berbentuk bulat

Resep Donat Bomboloni, Camilan Khas Italia yang Mudah Dibuatgambar adonan donat bomboloni yang sudah dicetak (youtube.com/Devina Hermawan)

Custard cream sudah jadi, kamu kini bisa kembali ke adonan yang sudah didiamkan selama 40 menit. Biar gak menempel, olesi talenan untuk menggiling adonan dengan sedikit minyak. Keluarkan adonan dan pindahkan ke alas, lalu giling hingga ketebalannya jadi 1 cm.

Setelah itu, cetak adonan menggunakan cetakan berbentuk bulat hingga habis. Pindahkan adonan bomboloni yang selesai dicetak ke loyang yang diolesi minyak goreng. Tutup dengan plastic wrap dan diamkan selama 30 menit hingga mengembang.

6. Goreng bomboloni hingga cokelat keemasan

Resep Donat Bomboloni, Camilan Khas Italia yang Mudah Dibuatgambar donat bomboloni yang dilumuri palm sugar (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah 30 menit dan adonan sudah mengembang, kamu bisa menggorengnya. Siapkan wajan, lalu tuang minyak goreng dalam jumlah banyak. Hindari menggunakan api besar karena akan membuat adonan matang dan gosong di luar tapi mentah di dalamnya.

Kalau minyak sudah panas dan muncul gelembung kecil, masukkan adonan donat bomboloni, lalu goreng hingga cokelat keemasan. Kemudian, balik adonan ke sisi satunya, lalu goreng lagi hingga matang. Jika dua sisi adonan sudah berwarna cokelat keemasan dan mengembang, segera angkat dan tiriskan.

Setelah itu, masukkan donat yang masih hangat ke wadah berisi palm sugar atau gula halus, aduk-aduk sebentar agar seluruh permukaan donat terlapisi gula. Kemudian, angkat dan pindahkan ke wadah.

7. Isi donat bomboloni dengan custard cream

Resep Donat Bomboloni, Camilan Khas Italia yang Mudah Dibuatgambar donat bomboloni yang diberi isian custard cream (youtube.com/Devina Hermawan)

Menunggu donat bomboloni dingin, kamu bisa memasukkan custard cream ke pipping bag yang sudah digunting bagian ujungnya. Kembali ke donat bomboloni, lubangi salah satu sisi donat dengan menggunakan sumpit. 

Selanjutnya,, masukkan custard cream ke dalam donat yang sudah dilubangi hingga penuh. Ulangi langkah ini hingga semua donat bomboloni terisi oleh custard cream. Nah, donat bomboloni sudah jadi dan siap untuk disajikan.

Terlepas dari isian dan bentuknya, sebenarnya adonan donat bomboloni gak terlalu jauh berbeda dengan donat yang biasa kita makan. Begitu juga dengan proses pembuatannya, gak begitu susah, kan? Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Bomboloni Italia, Donat Lembut dengan Isian yang Lumer di Mulut!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya