Comscore Tracker

5 Tips Mudah Memasak Sayur yang Bikin Semua Orang Jatuh Cinta

Jangan benci sayur, banyak manfaatnya untuk tubuhmu!

Hayo ngaku, di sini siapa yang benci sayur? Memang harus diakui, memasak bahan makanan satu ini itu gampang-gampang susah. Kadang bisa sangat enak, kadang bisa zonk dan keluar rasa pahitnya.

Padahal sebenarnya sayur punya manfaat yang baik lho untuk kesehatan tubuhmu. Gak makan sayur bisa membuat tubuhmu mudah terserang penyakit.

Berikut adalah lima tips memasak sayur yang bisa membuat semua orang jatuh cinta. Buat kamu yang punya anak kecil, yuk praktikkan!

1. Jangan cuma ditumis, sayur juga bisa dipanggang kok

5 Tips Mudah Memasak Sayur yang Bikin Semua Orang Jatuh Cintaunsplash.com/Nick Nice

Gak semua orang suka bawang bombay mentah karena rasa dan baunya yang cukup tajam. Tapi ketika bawang bombay itu dipanggang, rasanya bisa sangat enak lho. Cara yang sama juga bisa kamu lakukan dengan paprika, terung, jagung, dan sayuran yang keras lainnya.

Pinggiran gosong yang dihasilkan dari panggangan itu membuat rasa manis sayur keluar. Cobain deh kalau gak percaya!

2. Memasak sayur itu butuh garam, beberapa bahkan butuh sangat banyak

5 Tips Mudah Memasak Sayur yang Bikin Semua Orang Jatuh Cintaunsplash.com/Jason Tuinstra

Ya, untuk melawan rasa pahit di sayur itu dibutuhkan garam. Bahkan ada beberapa sayuran yang perlu kamu cuci dengan garam terlebih dahulu agar rasanya tak terlalu tajam, seperti pare dan okra.

Kembang kol dan brokoli perlu direndam dalam air garam untuk memastikan cacing yang tertinggal di dalam mati. Karena itu, jangan sungkan-sungkan memberi garam saat memasak sayur ya. Tapi pastikan diincipi terlebih dahulu, terlalu banyak juga gak enak!

Baca Juga: 5 Resep Masakan Korea Berbahan Dasar Tahu yang Asyik Buat Kamu Coba

3. Terkadang cara memasak paling simple justru yang membuat sayur tersebut enak

5 Tips Mudah Memasak Sayur yang Bikin Semua Orang Jatuh Cintaunsplash.com/Max Delsid

Memasak sayur itu sangat gampang lho, sungguh! Kamu tidak perlu menggunakan banyak bumbu, cukup garam dan gula saja sudah membuat sayurmu enak. Belum lagi sayur seperti brokoli, wortel, dan ubi, cara memasaknya cukup direbus dalam air panas saja untuk mengeluarkan rasa manisnya. Jika dirasa terlalu manis, beri sedikit cuka untuk memberikan rasa asam. Jadi deh!

4. Bagaimana sih caranya menyamarkan bentuk sayuran tersebut?

5 Tips Mudah Memasak Sayur yang Bikin Semua Orang Jatuh Cintaunsplash.com/Alyson McPhee

Untuk anak kecil, terkadang bentuk sayuran itu bisa membuat trauma dan membuat mereka menolak memakannya. Mengatasi hal itu gampang sekali, kamu bisa mengubah bentuk sayurannya.

Sayuran keras seperti kentang, ubi, wortel, dan lobak, bisa kamu haluskan dan jadikan puree. Sementara brokoli dan kembang kol, kamu bisa potong tipis-tipis dan campurkan dalam nasi. Anak tidak akan tahu, yang mereka tahu adalah makanan mereka berwarna-warni.

5. Berinvestasilah di alat masak untuk memasak sayur

5 Tips Mudah Memasak Sayur yang Bikin Semua Orang Jatuh Cintaunsplash.com/rawpixel

Alat masak yang tepat dapat membuat sayuran masakanmu jadi enak. Berinvestasilah di alat masak seperti wajan tumis yang memungkinkan kamu untuk menumis dalam suhu tinggi dan cepat. Dengan alat yang tepat, kesalahan memasak sayuran bisa lebih diminimalisir.

Selain lima tips di atas, yang paling penting adalah waktu yang pas untukmu memulainya. Memasak dengan ragu-ragu itu bakal terlihat di rasa masakanmu lho. Jadi jangan ragu-ragu, karena sayur itu baik untuk kesehatan tubuhmu.

Baca Juga: Unik, Ternyata 5 Warna Sayuran Ini Memiliki Karakter Gizi yang Berbeda

Liem Ling Photo Community Writer Liem Ling

"Don't let the muggles get you down." -Ron Weasley

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You