Comscore Tracker

Sudah Tahu? 7 Bahan Ini Bikin Cita Rasa Kopimu Makin Nikmat

Bikin rasa kopimu makin unik dan nikmat

Seakan sudah jadi bagian dari gaya hidup, hari rasanya tidak lengkap tanpa harumnya aroma kopi. Berbagai jenis kopi mudah kita dapatkan setiap hari dengan racikan yang bervariasi pula. 

Tapi tahukah kamu, bahwa beberapa bahan bisa ditambahkan untuk memperkaya rasa dan nutrisi pada seduhan kopimu? Bahan-bahan yang mudah ditemukan ini akan memberikan cita rasa yang eksotis dan bisa kamu buat sendiri di rumah. Wah, kira-kira apa saja ya? 

1. Kayu Manis

Sudah Tahu? 7 Bahan Ini Bikin Cita Rasa Kopimu Makin Nikmatpixabay.com/stevepb

Untuk mendapatkan ekstra antioksidan, tambahkan kayu manis ke dalam seduhan kopimu. Kayu manis dikenal sebagai rempah-rempah yang mengandung antioksidan. Selain itu, kayu manis juga berpotensi menjaga kesehatan jantung dan otak, serta menguatkan daya tahan tubuh.

Caranya, campurkan setengah sendok teh bubuk kayu manis ke dalam kopimu lalu aduk hingga merata. Pilihlah jenis bubuk kayu manis jenis ceylon karena mengandung lebih sedikit senyawa coumarin yang kurang baik dikonsumsi dalam jumlah besar. 

2. Jahe

Sudah Tahu? 7 Bahan Ini Bikin Cita Rasa Kopimu Makin Nikmatpixabay.com/Ajale

Jahe dikenal sebagai rempah yang dimanfaatkan untuk menghangatkan badan, mengurangi mual, dan melawan peradangan. Tidak hanya itu, rasanya yang sedikit pedas dengan aroma yang kuat ternyata juga bisa kamu tambahkan ke dalam kopi favoritmu.

Untuk membuat secangkir kopi jahe, caranya cukup mudah. Kamu cukup menambahkan satu sendok teh jahe segar ke dalam kopimu dan kopi jahe yang hangat dan berkhasiat pun siap kamu nikmati. 

3. Kunyit

Sudah Tahu? 7 Bahan Ini Bikin Cita Rasa Kopimu Makin Nikmatpixabay.com/stevepb

Kunyit sebagai bumbu dapur wajib mengandung senyawa kurkumin yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Kunyit juga sudah dikenal mampu membantu detoksifikasi pada liver dan membantu melancarkan pencernaan. 

Untuk memadukan kunyit dengan kopimu, kamu bisa menambahkan sejumput bubuk kunyit saat penyeduhan kopi. Kamu juga bisa mengolah campuran kopi dan kunyit menjadi latte sesuai seleramu. 

Baca Juga: Tak Hanya Nikmat, Ini 7 Manfaat Ajaib Kopi Hijau untuk Kesehatanmu

4. Kakao

Sudah Tahu? 7 Bahan Ini Bikin Cita Rasa Kopimu Makin Nikmatpixabay.com/stux

Kopi dan cokelat memang pasangan yang serasi. Kakao atau cokelat, selain menambahkan rasa sedap pada kopi ternyata juga memberi ekstra antioksidan dan zat besi yang membuat kopimu makin bernutrisi. 

Kakao yang kaya kandungan senyawa flavanol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Studi yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition bahkan menyebutkan manfaat kakao untuk menjaga kesehatan kognitif, memperbaiki mood dan mencegah depresi. 

Cara membuatnya cukup mudah. Kamu cukup menambahkan satu sendok teh bubuk kakao ke dalam secangkir kopi hangat lalu aduh hingga merata. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, kamu bisa memilih bubuk kakao organik yang bisa dibeli di supermarket.

5. Kapulaga

Sudah Tahu? 7 Bahan Ini Bikin Cita Rasa Kopimu Makin Nikmatpixabay.com/kwol

Kapulaga memang umum dikenal sebagai bumbu dapur, tapi di India dan beberapa negara di Timur Tengah, kapulaga bisa ditambahkan ke dalam secangkir kopi untuk memperkaya cita rasa dan aroma secangkir kopi.

Cukup tambahkan beberapa butir kapulaga ke dalam secangkir kopimu sesuai selera. Kamu akan merasakan sensasi manis dan harum dari kapulaga dalam kopimu. Sebagai bonus, kapulaga tersebut juga berpotensi mengurangi gangguan pencernaan seperti asam lambung naik dan diare, lho!

6. Minyak pepermint

Sudah Tahu? 7 Bahan Ini Bikin Cita Rasa Kopimu Makin Nikmatpixabay.com/silviarita

Minyak peppermint sering digunakan untuk menambahkan aroma pada makanan atau dioleskan pada kulit. Tapi ternyata tidak cuma itu, minyak peppermint ternyata juga bisa ditambahkan ke dalam kopi, lho! Rasanya yang sedikit pedas bikin secangkir kopimu terasa makin segar. 

Selain menambah aroma, uap minyak peppermint yang sedikit pedas dapat membantu melegakan hidung tersumbat akibat flu. Satu hingga dua tetes minyak esensial peppermint sudah cukup untuk memberi rasa pedas yang harum dari secangkir kopimu. Minat mencoba?

7. Pala

Sudah Tahu? 7 Bahan Ini Bikin Cita Rasa Kopimu Makin Nikmatpixabay.com/PDPics

Pala adalah salah satu rempah yang sering ditambahkan pada berbagai jenis masakan. Aromanya yang harum dan menenangkan akan berpadu menjadi aroma manis dan unik saat ditambahkan pada secangkir kopi hangat. 

Kamu bisa mencoba menambahkan taburan biji pala pada kopi atau latte-mu untuk mendapatkan sensasi unik dari rempah ini. Jumlahnya bisa bervariasi sesuai selera yang pas di lidahmu, tapi hindari menaburkan dalam jumlah berlebihan, ya! 

Nah, sudah tahu 7 bahan yang bikin cita rasa kopimu makin nikmat dan sedap. Jadi ada alternatif bahan tambahan selain susu dan krimer, nih! Coba yuk! 

Baca Juga: 6 Negara Ini Punya Cara Penyajian Kopi yang Unik Lho!

Lina Photo Community Writer Lina

"A mind needs books like a sword needs a whetstone," said Tyrion Lannister

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You