Comscore Tracker

Resep Karpatka Cake ala Luvita Ho, Kue Sus Jumbo Lembut

Nikmatnya kue sus dalam bentuk cake besar

Karpatka adalah kue khas Polandia yang punya isian fla lembut. Di Indonesia sebenarnya ada kue sus yang bahan dan cara pembuatannya hampir mirip dengan karpatka. Bisa dibilang, kue sus adalah bentuk mini dari kue karpatka. Buat kamu pecinta kue sus, wajib coba kue karpatka nih.

Penasaran, kan, bagaimana rasanya? Yuk coba buat! Berikut resep kue karpatka dari Luvita Ho yang dibagikan melalui kanal YouTube-nya.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Karpatka Cake ala Luvita Ho, Kue Sus Jumbo Lembutilustrasi bahan untuk membuat roti (pexels.com/Klaus Nielsen)

Siapkan bahan-bahan berikut ini, sebelum kamu mulai membuatnya.

Bahan cream puff

  • 65 gram air
  • 65 gram susu cair
  • 50 gram mentega tawar
  • 10 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 70 gram tepung serba guna
  • 3 butir telur

Bahan mousseline cream 

  • 320 mililiter susu cair
  • 3 butir kuning telur
  • 30 gram maizena
  • 80 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanilla extract
  • 2 cubit garam
  • 150 gram mentega tawar

2. Buat cream puff dan masukan dalam oven

Resep Karpatka Cake ala Luvita Ho, Kue Sus Jumbo Lembutilustrasi memanggang kue (unsplas.com/cottonbro)

Campurkan air dan susu, tambahkan mentega tawar, gula pasir, dan sedikit garam. Masak semua bahan tersebut, dididihkan. Proses ini biasanya juga disebut proses evaporasi saat membuat kue sus. Ketika bahan sudah mendidih, masukan tepung dan masak dengan api kecil. Masak sampai mengental dan adonan kering tidak ada air lagi. Jika sudah, angkat adonan dan diamkan.

Adonan yang sudah dingin ditambahkan telur satu per satu dan aduk pelan sampai rata. Adonan yang sudah jadi, ditimbang dan dibagi dua. Gunakan piping bag untuk menaruh adonan cream puffnya ke dalam loyang agar lebih rata. Selanjutnya, bake kue pada oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 190˚C selama 30 menit.

3. Selanjutnya buat cream pastry

Resep Karpatka Cake ala Luvita Ho, Kue Sus Jumbo Lembutilustrasi orang menuangkan bahan ke mixer (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Masukan 3 kuning telur, setengah gula pasir, dan maizena. Aduk semua bahan sampai rata. Jangan dibiarkan terlalu lama, agar tidak menggumpal. Di sisi lain, masaklah susu. Tambahkan sedikit garam, ekstrak vanilla, dan setengah gula pasir sisanya. Masak dan aduk sampai gula pasir larut dan agak mendidih.

Masukan susu yang sudah dimasak ke dalam adonan telur dan maizena. Gunakan teknik tempering. Menggunakan teknik tempering caranya yaitu memasukan susu yang panas sedikit demi sedikit ke adonan sambil diaduk sampai rata. Tujuan dari teknik tempering adalah menyamakan suhu agar adonan smooth.

Baca Juga: Resep Kue Sus Tanpa Oven Praktis, Tetap Nikmat dan Creamy

4. Masak adonan cream pastry dan dilanjut membuat mousseline cream

Resep Karpatka Cake ala Luvita Ho, Kue Sus Jumbo Lembutmemasak adonan (youtube.com/Luvita Ho)

Masak adonan dan susu yang sudah tercampur dengan api kecil. Adonan diaduk secara terus menerus sampai mengental. Angkat adonan dan tutup dengan plastik wrap, plastik wrapnya sampai menempel ke adonan, ya, agar tidak berembun dan cepat basi.

Selanjutnya, buatlah mousseline cream. Mousseline cream yaitu cream pastry yang diperkaya dengan menambahkan mentega. Langkah pertama mentega tawar dikocok sampai mengembang dan berwarna pucat. Masukan pastry cream tadi yang sudah dingin. Aduk sampai lembut dan rata. Cream ini biasa dipakai untuk filling atau layer, bukan untuk lapisan luar.

5. Saatnya mendekor karpatka cake

Resep Karpatka Cake ala Luvita Ho, Kue Sus Jumbo Lembutmendekorasi kue (youtube.com/Luvita Ho)

Keluarkan adonan cream puff dari oven, Jangan langsung dikeluarkan terlebih dahulu dari loyang ya, tunggu sampai dingin. Untuk mendekor, taruhlah cream puff, kemudian isi dengan mousseline cream dan tutup lagi dengan cream puff. Terakhir taruh kue yang sudah tertata pada kulkas beberapa menit, agar cream mousselinenya sedikit lebih keras. Kamu bisa taburi gula halus pada bagian atasnya agar semakin cantik.

Resep pembuatan kue karpatka simpel banget, kan? Yuk, cobain di rumah! Kamu bisa merasakan nikmatnya kue sus dalam porsi yang besar.

Baca Juga: Resep Blueberry Crumble Muffin ala Luvita Ho, Empuk nan Renyah

Linda Abdullah Photo Verified Writer Linda Abdullah

Menulis apa yang ingin aku tulis, semoga ada manfaatnya :) ig : lindasmahmudah in : Linda Sholikhatul Mahmudah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya