Comscore Tracker

Resep Serabi Tempe Pedas ala Devina Hermawan, Empuk dan Gurih!

Bosan dengan serabi manis? Kamu bisa coba cita rasa savory!

Serabi merupakan makanan khas daerah Bandung. Namun sekarang, hampir semua daerah di Jawa sudah banyak bermunculan menu serabi. Selain enak, harga kuliner ini juga ramah di kantong.

Umumnya, bahan dasar dari serabi adalah tepung beras dan santan. Untuk versi tradisional, rasa dari serabi adalah manis dari gula Jawa. 

Namun, seiring berkembangnya cita rasa masa kini, serabi makin mengikuti zaman. Topping tak hanya gula Jawa namun ada coklat, grean tea, keju, dan lain-lain. Salah satunya kreasi topping serabi yang unik adalah tempe pedas racikan Chef Devina.

Untuk kamu pencinta kuliner savory, wajib coba resep yang satu ini, ya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Serabi Tempe Pedas ala Devina Hermawan, Empuk dan Gurih!ilustrasi bahan-bahan untuk makanan (unsplash.com/Toa Heftiba)

Bahan adonan serabi:

  • 300 mililiter santan instan (kental)
  • 500 mililiter air panas
  • 450 gram Tepung Beras
  • 30 gram gula pasir
  • ¾ sendok teh ragi
  • 1 sendok teh garam

Bahan tempe pedas:

  • 180 gram tempe
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas kencur
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 2 genggam kemangi, diiris
  • 70 mililiter air
  • ½ sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula
  • ½ sendok teh kaldu bubuk/penyedap
  • Minyak

Bahan tambahan:

Cabai rawit merah sesuai selera, diiris

2. Buatlah adonan serabi terlebih dahulu 

Resep Serabi Tempe Pedas ala Devina Hermawan, Empuk dan Gurih!adonan serabi (YouTube.com/Devina Hermawan)

Masukan santan dan air panas. Air panas digunakan agar adonan lebih lembut. Kemudian, tambahankan garam. Masukan, tepung beras dan gula, aduk rata seluruh bahan.

Sebelum dimasukan ragi, pastikan suhu adonan tidak lebih dari 45˚C. Hal tersebut dilakukan, agar ragi tetap aktif. Jika adonan sudah tidak terlalu panas, masukan ragi sebagai bahan terakhir dalam pembuatan adonan serabi. Pastikan ragi yang digunakan sesuai takaran, jangan terlalu banyak, agar tidak mengganggu aroma dan rasanya menjadi sedikit masam. Tutup dengan plastik wrap, diamkan 40-60 menit.

3. Hancurkan tempe dan goreng yang akan dibuat menjadi topping

Resep Serabi Tempe Pedas ala Devina Hermawan, Empuk dan Gurih!tempe yang dihancurkan (YouTube.com/Devina Hermawan)

Tempe yang akan digunakan sebagai topping serabi dihancurkan. Hal tersebut dilakukan agar bentuknya terlihat lebih alami. Namun, jika ingin dipotong-potong juga bisa.

Siapkan dan panaskan minyak secukupnya. Goreng tempe terlebih dahulu dan sebentar saja, agar aromanya tidak terlalu tajam. Namun, jika ingin aromanya tajam, tempe yang akan digunakan tidak perlu digoreng atau direbus dahulu, bisa langsung ditumis dengan bumbu.

Baca Juga: Resep Serabi Kuah yang Lumer di Mulut, Bikin Air Liur Menetes

4. Haluskan bumbu dan tumis dengan tempe

Resep Serabi Tempe Pedas ala Devina Hermawan, Empuk dan Gurih!macam bumbu (unsplash.com/Mockup Graphics)

Haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, dan cabai keriting. Sebelum dihaluskan, potong-potong terlebih dahulu agar lebih mudah. Blender semua bumbu dengan minyak goreng.

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, sampai wangi. Jika bumbu sudah wangi dan minyaknya sudah keluar, masukan tempe yang sudah digoreng tadi. Agar meresap, tambah air sedikit dan beri garam, gula, serta penyedap. Ketika sudah meresap dan wangi, masukkan dan campurkan kemangi dalam keadaan api sudah mati.

5. Persiapan memasak serabi 

Resep Serabi Tempe Pedas ala Devina Hermawan, Empuk dan Gurih!cetakan kue (YouTube.com/Devina Hermawan)

Adonan serabi yang sudah didiamkan selama kurang lebih 1 jam, sudah berbuih dan memiliki aroma yang lebih terfermentasi. Jika pada adonan terdapat buih yang berlebihan, bisa dibuang sedikit atau diaduk-aduk. Untuk memasaknya, kita bisa menggunakan cetakan kue.

Panaskan cetakan menggunakan api kecil sedang. Ketika akan memasukan adonan, pastikan cetakan sudah panas, agar serabi tidak bantet. Untuk mengeceknya, kita bisa percikan air, jika airnya sudah menguap tandanya sudah panas dan siap digunakan.

6. Masak serabi dan hidangkan 

Resep Serabi Tempe Pedas ala Devina Hermawan, Empuk dan Gurih!adonan serabi di cetakan (YouTube.com/Devina Hermawan)

Masukan adonan serabi dalam cetakan, jangan terlalu penuh. Adonan ditutup sebentar, tunggu sampai setengah matang. Taruh topping tempe yang sudah dimasak dengan bumbu.

Jika kamu suka pedas, bisa ditambahkan potongan cabai rawit. Tutup lagi adonan, ketika diangkat pastikan adonan sudah matang semua dan bagian bawahnya sudah membentuk seperti kerak. Serabi tempe pedas siap dihidangkan.

Adonan serabi dijamin empuk, berongga, dan punya aroma yang wangi. Topping tempenya dijamin pedas dan gurih. Tempe pedas ini bisa dijadikan variasi lain agar tidak bosan dengan topping serabi seperti biasanya. Setelah melihat langkah-langkahnya, tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: Resep Kue Jaje Laklak, Serabi Khas Bali yang Cocok Jadi Teman Ngopi 

Linda Abdullah Photo Verified Writer Linda Abdullah

Menulis apa yang ingin aku tulis, semoga ada manfaatnya :) ig : lindasmahmudah in : Linda Sholikhatul Mahmudah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya