Comscore Tracker

Biar Gak Alot, Coba Tips Ini Agar Masak Daging Rendang Empuk

#MasakItuGampang Biar daging gak nyangkut di gigi nih

Rendang panganan khas kota Padang ini sekarang sudah menarik mata dunia. Dari mulai rendang sapi, rendang ayam, sampai rendang jengkolpun ada. Selain rasanya yang lezat dan punya cita rasa unik cara memasaknya pun butuh ketelatenan. Memasak rendang sendiri itu gampang-gampang susah. Salah satu tantangan saat mengolah daging sapi untuk di jadikan rendang terletak pada cara membuatnya agar empuk saat dikunyah.

Untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk, ada berbagai cara nih umumnya daging harus direbus dalam waktu lama dengan dipotong kecil-kecil. Namun, cara ini bisa mengurangi kelembutan teksturnya lho. Kamu bisa ikuti salah satu tips berikut supaya masak daging rendang empuk tidak alot pas di kunyah:

1. Jahe

Biar Gak Alot, Coba Tips Ini Agar Masak Daging Rendang EmpukPixabay.com/gate74

Selain dapat menghilangkan bau amis pada daging, enzim proteolitik alami yang terkandung dalam jahe berfungsi untuk mengurai ikatan protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk. Caranya, lumuri daging dengan jahe yang sudah diparut atau di ulek halus lalu diamkan selama beberapa menit sebelum mengolahnya.

2. Mentega

Biar Gak Alot, Coba Tips Ini Agar Masak Daging Rendang EmpukPixabay.com/rodeopix

Mentega memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Mentega juga mengandung kalsium yang bisa mengaktifkan enzim dalam daging untuk memecah protein. Caranya, cairkan mentega dengan memanaskannya di atas api kecil lalu lumuri ke seluruh permukaan daging.

3. Nanas

Biar Gak Alot, Coba Tips Ini Agar Masak Daging Rendang EmpukPixabay.com/Security

Nanas, buah ini mengandung enzim nabati yang mampu melarutkan protein dan jaringan ikat pada daging. Untuk mengempukkan daging caranya bisa dihaluskan atau dipotong tipis-tipis. Kemudian lumuri ke daging dan diamkan beberapa jam sebelum dimasak.

4. Jus jeruk atau cuka

Biar Gak Alot, Coba Tips Ini Agar Masak Daging Rendang EmpukPixabay.com/MiraDeShazer

Jus jeruk atau cuka memiliki kandungan asam bisa membantu melembutkan otot dan serat daging sekaligus menambah rasa. Gunakan jus seperti lemon, jeruk nipis, atau nanas. Sedangkan untuk cuka, kamu bisa menggunakan aneka cuka seperti cuka apel, balsamic, atau cuka yang ada di dapur.

5. Teh dengan warna pekat

Biar Gak Alot, Coba Tips Ini Agar Masak Daging Rendang EmpukPixabay.com/Imoflow

Teh tak hanya berkhasiat untuk kesehatan saja, tapi juga untuk mengempukkan daging. Kandungan tanin di dalamnya berfungsi sebagai pengempuk alami. Caranya buatlah 1-2 cangkir teh hitam yang pekat, diamkan sampai agak dingin kemudian rendam daging dalam air teh beberapa menit.

Kalau kamu sudah pernah coba membuat pakai cara yang mana?

Lisa Deslina Photo Verified Writer Lisa Deslina

Penulis blog: www.deslinalisa.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya