Comscore Tracker

Resep Subak Hwachae, Sajian Segar Korea untuk Cuaca Panas

Gampang untuk dibuat ulang, percaya deh!

Saat ini hidangan Korea sudah banyak dikenal oleh para penggemar seiring dengan maraknya Hallyu Waves di Indonesia. Bagi para pemirsa drama Korea, mungkin sudah tidak asing dengan makanan penutup khas Korea bernama Subak Hwachae.

Hidangan yang biasa disebut Korean Watermelon Punch ini biasanya dinikmati saat musim panas di Korea. Selain rasanya yang menyegarkan, sajian yang terdiri dari campuran buah-buahan ini juga tinggi vitamin, nutrisi dan air yang membuat kamu tetap terhidrasi. Langsung saja simak cara mudah membuat subak hwache berikut ini!

1. Bahan yang diperlukan

Resep Subak Hwachae, Sajian Segar Korea untuk Cuaca Panasilustrasi soda (ketelone.com)

Bahan-bahan:

  • 800 gr semangka
  • 250 ml Sprite
  • 400 ml Susu UHT
  • 48 gr Gula
  • Es batu secukupnya

2. Bahan opsional

Resep Subak Hwachae, Sajian Segar Korea untuk Cuaca Panasilustrasi bahan Subak Hwachae (instagram.com/garden_i_a_)

Subak hwachae juga dapat ditambahkan dengan buah favorit kalian, misalnya blueberry, nanas, anggur hijau, tomat ceri, atau bisa juga menggunakan fruit cocktail kaleng yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

3. Bentuk semangka menjadi bulatan kecil

Resep Subak Hwachae, Sajian Segar Korea untuk Cuaca Panasilustrasi semangka (instagram.com/dolfarmer_official)

Baca Juga: Resep Bento Cake, Kue Ulang Tahun ala Korea yang Mudah Dibuat

Potongan buah semangka yang terdapat dalam hidangan Subak Hwache ini biasanya memiliki bentuk bulat. Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan alat serut khusus buah yang berbentuk bulat. Tapi jika tidak ada, maka semangka cukup dipotong berbentuk dadu. Untuk memotongnya, sebaiknya gunakan pisau yang bersih. Kamu tidak mau kan semangkanya jadi beraroma bawang?

4. Campurkan semua bahan

Resep Subak Hwachae, Sajian Segar Korea untuk Cuaca Panasilustrasi Subak Hwachae (instagram.com/garden_i_a_)

Setelah memotong semangka, berikutnya yaitu mencampurkan semua bahan. Sediakan wadah yang cukup besar, lalu masukan gula, susu dan sprite yang telah disiapkan. Rasio susu dan sprite yang tepat sangatlah penting, jangan membuatnya dengan 1:1, tapi sebaiknya 4:3 untuk rasa yang yang lebih pas. Selanjutnya tambahkan semangka dan buah yang lain jika ada, lalu aduk dengan merata dan terakhir masukkan es batu sesuai selera. 

5. Subak hwachae siap dihidangkan

Resep Subak Hwachae, Sajian Segar Korea untuk Cuaca Panasilustrasi Subak Hwachae (instagram.com/garden_i_a_)

Untuk tampilan yang lebih menggoda, subak hwache bisa juga disajikan dalam wadah dari kulit semangka yang isinya telah diserut terlebih dahulu. Nah, sajian segar watermelon punch ala Korea sudah siap dinikmati bersama orang-orang tersayang. 

Subak hwache akan lebih nikmat jika disantap dengan es krim buah. Kemudian, untuk susu bisa menggunakan susu stroberi dan yang paling penting jangan gunakan susu coklat, ya! Bagaimana, sudah siap praktikan di rumah?

Baca Juga: Mau yang Segar-Segar? Ini dia Resep Soda Semangka ala Korea

Lusi Parhani Photo Verified Writer Lusi Parhani

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya