Resep Spinach Mushroom Pizza Ring, Pizza yang Vegan Friendly Lho!

Camilan pizza vegan friendly yang enaknya bikin nagih!

Jika kamu bosan dengan tampilan pizza yang biasa-biasa saja, cobalah membuat jenis pizza ring seperti ini. Adonan yang digunakan sama saja dengan pizza pada umumnya, kok. Kamu juga bisa mengganti isian dalam pizza-nya sesuai selera. 

Resep yang satu ini dibuat dengan bahan yang vegan friendly. Bayam, jamur, dan keju vegan dipilih sebagai isian utama pizza ini karena kandungan kalsium dan zat besi yang tinggi. Dengan begitu, pizza ini cocok dihidangkan sebagai camilan sehat yang baik untuk pertumbuhan anak-anak.

Pizza yang notabene makanan yang disukai semua orang ini sudah pasti tak akan dilewatkan oleh anak-anak. Jadi, tunggu apa lagi?

Simak resep dan cara membuat spinach mushroom pizza ring di bawah ini. Lalu, coba praktikan dan sajikan untuk anggota keluarga di rumah.

1. Bahan-bahan yang digunakan

Resep Spinach Mushroom Pizza Ring, Pizza yang Vegan Friendly Lho!ilustrasi bahan baku membuat pizza (freepik.com/freepik)

Bahan adonan pizza:

  • 200 gram tepung
  • 120 ml air hangat
  • 10 gram ragi instan
  • 1 sdm gula
  • 1/2 garam
  • 1 sdm minyak sayur

Bahan saus keju vegan:

  • 180 ml santan cair
  • 20 gram nutritional yeast
  • 1 bungkus agar-agar (plain)
  • 20 gram tepung tapioka
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt paprika bubuk

Bahan isian:

  • 1 sdt bawang bubuk
  • 1/2 sdt oregano kering
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 150 gram bayam
  • 1 bawang bombay ukuran kecil (cincang)
  • 2 siung bawang putih (cincang)
  • 75 gram jamur kancing (diiris)
  • 1 sdm minyak

2. Membuat adonan pizza

Resep Spinach Mushroom Pizza Ring, Pizza yang Vegan Friendly Lho!ilustrasi membuat adonan pizza (pexels.com//Felicity Tai )

Campurkan ragi instan dan gula pasir ke dalam air hangat. Aduk secara merata dan tunggu sekitar 10 menit hingga ragi menjadi aktif. Saat mulai muncul gelembung busa, inilah pertanda ragi telah menjadi aktif. Siapkan wadah terpisah dan masukkan bahan kering, yaitu tepung terigu dan garam. Aduk hingga tercampur rata.

Selanjutnya, tuangkan larutan ragi yang telah aktif ke dalam bahan kering. Aduk hingga adonan memadat. Terus uleni hingga adonan menjadi kalis dan tak ada sisa adonan yang tersisa dalam wadah. Bulatkan adonan dan beri minyak di atas adonan. Tutup wadah dengan plastic wrap dan istirahatkan adonan selama 30 menit hingga mengembang dua kali lipat. 

3. Membuat keju vegan

Resep Spinach Mushroom Pizza Ring, Pizza yang Vegan Friendly Lho!ilustrasi keju vegan (freepik.com/jcomp)

Keju vegan digunakan sebagai pengganti untuk dairy cheese. Pertama-tama, siapkan dulu sauce pan untuk memasak. Tuang santan cair, nutritional yeast, garam, bawang putih bubuk, dan paprika bubuk. Aduk dengan spatula dan masak dalam api kecil. 

Setelah meletup-letup, tambahkan tepung tapioka dan aduk kembali. Jika keju sudah mulai mengental, sisihkan setengah keju ke dalam wadah kecil untuk digunakan sebagai saus keju. Yang lainnya tetap biarkan dalam sauce pan.

Tambahkan agar-agar plain ke dalam sauce pan dan aduk secara merata. Tuang ke dalam cetakan dan tunggu hingga agak dingin. Lalu, simpan di dalam kulkas selama beberapa menit agar keju dapat memadat dengan sempurna.

Baca Juga: 5 Saus Pizza Paling Enak yang Bikin Rasanya Tambah Sedap

4. Masak isian pizza

Resep Spinach Mushroom Pizza Ring, Pizza yang Vegan Friendly Lho!ilustrasi menumis isian pizza (freepik.com/senivpetro)

Potong cincang bawang bombay dan bawang putih. Selanjutnya, iris tipis-tipis jamur kancing dan sisihkan. Untuk bayamnya, kamu bisa potong sesuai selera. Setelah itu, panaskan minyak dalam wajan. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan jamur kancing dan masak hingga berubah kecokelatan. 

Tambahkan sayur bayam dan semua bumbu penyedap seperti bawang putih bubuk, garam, dan merica bubuk. Aduk hingga bayam menjadi layu. Lalu, campurkan saus keju dan aduk kembali dengan api sedang sekitar 3 menit. Terakhir, tambahkan oregano bubuk dan aduk kembali. Matikan kompor dan sisihkan. 

5. Pipihkan pizza dan beri topping di atasnya

Resep Spinach Mushroom Pizza Ring, Pizza yang Vegan Friendly Lho!ilustrasi pemberian isian pizza (elavegan.com)

Keluarkan adonan dari dalam wadah. Hilangkan angin di dalamnya dengan cara mengempeskan adonannya. Setelah itu, pipihkan adonan menjadi lingkaran berdiameter 40 cm. Pindahkan ke atas loyang yang telah diolesi minyak. Potong bagian tengah membentuk delapan arah mata angin menggunakan cutter pizza. Sisakan sekitar 20 cm dari luar lingkaran.

Kemudian, beri isian pizza di pinggir adonan. Sebarkan isian secara menyeluruh. Lalu, tambahkan parutan keju di atasnya. Ambil potongan pizza dari tengah adonan dan tarik ke atas menyelimuti isian pizza. Tekan pada ujungnya agar dapat merekat sempurna. 

6. Panggang dalam suhu 180⁰ C selama 20-25 menit dan sajikan spinach mushroom pizza ring selagi hangat

Resep Spinach Mushroom Pizza Ring, Pizza yang Vegan Friendly Lho!spinach mushroom pizza ring (instagram.com/elavegan)

Panaskan oven sebelum digunakan. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pemanggangan. Masukkan pizza ke dalam oven dan mulai panggang pada suhu 180⁰ C. Panggang selama 20-25 menit.

Disarankan untuk tidak selalu membuka oven agar suhu dalam oven tetap terjaga. Jika sudah cokelat keemasan, matikan oven dan keluarkan pizza dari dalam oven. Sajikan spinach mushroom pizza ring selagi hangat.

Akan sangat merepotkan saat anak-anak tidak mau makan sayur. Berbagai upaya pun harus dilakukan. Salah satunya dengan menghidangkan camilan sehat yang akan disukai anak-anak. Bayam dan jamur dipilih karena kandungan zat besi dan mineralnya yang baik untuk pertumbuhan. Tak lupa menambahkan saus keju dan parutan keju yang akan menambah selera anak-anak.

Meskipun spinach mushroom pizza ring ini terlihat rumit, tetapi sebenarnya sangat mudah dibuat, lho. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana di atas. Sudah sehat, ekonomis, vegan friendly pula.

Jadi, segera masak resep ini di rumah, ya! Anak-anak pasti suka. Selamat mencoba!

Baca Juga: [QUIZ] Cara Orang Makan Pizza Ternyata Bisa Mengungkap Sifat Asli Lho!

Made Ayu Putri Arini Photo Verified Writer Made Ayu Putri Arini

Menulis dengan sepenuh hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya