Comscore Tracker

Resep Abon Ayam Daun Jeruk yang Cocok Dijadikan Stok Lauk di Rumah

Rasanya yang nikmat dan mudah dibuat

Abon telah menjadi makanan favorit bagi banyak orang, terutama bagi masyarakat Indonesia. Abon juga memiliki banyak varian mulai dari abon ayam, abon sapi, abon ikan, bahkan sekarang sudah ada abon dari jamur dan daging kelinci. 

Abon menjadi makanan favorit selain karena rasanya yang lezat, tapi juga karena abon merupakan makanan olahan yang dapat disimpan sebagai stok lauk yang dapat bertahan selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan.

Nah, kali ini kita akan membuat abon dengan menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya, yakni abon ayam daun jeruk. Dari namanya saja sudah menggugah selera, bukan?

Kalau kalian ingin tahu bagaimana cara membuat abon ayam daun jeruk ini di rumah, kalian bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Abon Ayam Daun Jeruk yang Cocok Dijadikan Stok Lauk di Rumahthedaylifood.com

Bahan-bahan :

  • Fillet daging ayam 1 kg
  • Daun jeruk 8 lembar, buang tulang daunnya, iris tipis
  • Serai 2 batang, memarkan
  • Santan 100 ml dari 1/2 butir kelapa
  • Garam 2 sdt
  • Air 2 liter
  • Minyak goreng 250 ml

Bumbu halus :

  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 8 butir
  • Cabai merah 3 buah
  • Kemiri 4 butir
  • Kunyit 1 cm
  • Garam 1/2 sdt
  • Gula merah 100 gram, serut

2. Rebus ayam lalu suwir-suwir

Resep Abon Ayam Daun Jeruk yang Cocok Dijadikan Stok Lauk di Rumahbitesofflavor.com

Nyalakan api kompor, lalu rebus air dan garam hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan fillet daging ayam dan masak hingga daging lunak. Setelah lunak, angkat daging ayam dan biarkan beberapa saat agar suhunya sedikit turun.

Kemudian bentangkan daging ayam di atas meja, lalu pukul-pukul daging ayam dengan menggunakan pemukul khusus daging. Jangan pukul dengan tenaga yang besar, cukup hingga daging memar. Kemudian suwir-suwir daging ayam, bisa menggunakan tangan atau dengan menggunakan garpu.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Utama Berbahan Abon Sapi, Lezat dan Menggugah Selera!

3. Giling bumbu hingga halus dan lembut

Resep Abon Ayam Daun Jeruk yang Cocok Dijadikan Stok Lauk di Rumahfussfreeflavours.com

Masukkan bawang putih, bawang merah, cabai merah, kemiri, kunyit, garam, dan gula merah ke dalam food procceesor, kemudian giling hingga bahan-bahan tadi halus dan lembut. Kalian juga bisa menghaluskannya dengan menggunakan ulekan atau blender.

Panaskan 2 sdm minyak goreng di wajan, kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama dengan daun jeruk dan batang serai. Tumis hingga bumbu mulai mengeluarkan aroma harum dan layu.

4. Masak suwiran ayam hingga matang dan kering

Resep Abon Ayam Daun Jeruk yang Cocok Dijadikan Stok Lauk di Rumahresepcaramasak.com

Setelah bumbu harum dan layu, langsung masukkan daging ayam suwir, aduk hingga rata kemudian tuangkan santan dan masak di atas api kecil sambil diaduk-aduk dan dibalik-balik hingga kering, lalu angkat dan sisihkan sebentar.

Kemudian, panaskan sisa minyak goreng di atas wajan dan goreng kembali abon ayam hingga benar-benar kering. Kalau sudah, angkat dan peras hingga minyaknya tiris dan habis.

5. Angkat dan sajikan

Resep Abon Ayam Daun Jeruk yang Cocok Dijadikan Stok Lauk di RumahShutterstock.com/Sriyana

Pisahkan abon dengan menggunakan garpu agar tidak menggumpal, dan abon ayam daun jeruk pun siap untuk dihidangkan. Kalian juga bisa menyimpannya di dalam wadah kedap udara untuk dijadikan stok lauk. Bisa juga untuk kamu jual, lho!

 

Bagaimana resep di atas? mudah, bukan? Kalian bisa membuat dan menyimpannya untuk stok lauk karena abon memang terkenal dapat disimpan dan bertahan dalam waktu yang lama. Selamat mencoba.

Baca Juga: Resep Membuat Pastel Kering Isi Abon yang Renyahnya Tahan Lama 

Max Thobias Photo Verified Writer Max Thobias

Cooking, writing and exercising... Do your part and all you can, and let God do his part and finish it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya