Comscore Tracker

Resep Buntut Sapi Kuah Pedas, Gurih dan Pedasnya Mantap!

Cocok banget kalau dimakan dengan nasi hangat

Sapi merupakan salah satu hewan yang banyak dikonsumsi oleh banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia. Selain daging dan tulangnya yang bisa diolah menjadi masakan, bagian dari sapi yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah bagian buntutnya. 

Bagian buntut ini memiliki tekstur yang lebih alot dan keras bila dibandingkan dengan bagian yang lain. Tapi walaupun begitu, buntut sapi menjadi salah satu makanan olahan yang banyak digemari oleh masyarakat. Dan kali ini kita akan membuat resep dengan menggunakan buntut sapi sebagai bahan utamanya yaitu buntut sapi kuah pedas.

Dari namanya saja sudah terbayang bagaimana lezat dan menggodanya resep yang satu ini. Daripada penasaran, langsung saja cek resepnya di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Buntut Sapi Kuah Pedas, Gurih dan Pedasnya Mantap!mishimareserve.com

Bahan-bahan :

  • Buntut sapi 700 gram
  • Daun bawang 1 batang, iris-iris tipis
  • Cengkih 2 butir
  • Air 2 liter
  • Minyak goreng 5 sdm
  • Wortel dan kentang rebus untuk pelengkap

Bumbu halus :

  • Bawang merah 7 butir
  • Bawang putih 5 siung
  • Cabai rawit merah 7 buah
  • Merica butir 1/4 sdt
  • Garam secukupnya

2. Buang bagian lemak buntut sapi dan cuci hingga bersih

Resep Buntut Sapi Kuah Pedas, Gurih dan Pedasnya Mantap!coopcancook.com

Pertama-tama ambil buntut sapi dan singkirkan atau buang bagian lemaknya, lalu cuci dengan menggunakan air bersih. Kamu bisa mencucinya sebanyak 2-3 kali agar buntut sapi benar-benar bersih.

Baca Juga: Resep Membuat Sup Buntut Bakar, Aromanya Bikin Air Liur Menetes

3. Rebus buntut sapi hingga lunak dan matang

Resep Buntut Sapi Kuah Pedas, Gurih dan Pedasnya Mantap!weekofmenus.blogspot.com

Nyalakan api kompor, kemudian rebus air dalam panci dan masukkan buntut sapi yang sudah dibersihkan tadi. Rebus hingga buntut sapi lunak dan air mendidih, lalu angkat dan saring kaldunya.

Kemudian rebus kembali buntut sapi dan kaldu yang sudah disaring tadi, masukkan juga cengkih dan sebagian daun bawang. Rebus hingga kaldu mendidih.

4. Haluskan bumbu halus dan masukkan ke dalam rebusan kaldu

Resep Buntut Sapi Kuah Pedas, Gurih dan Pedasnya Mantap!kinghatfood.com

Sementara menunggu kaldu mendidih, kamu bisa haluskan bumbu halus. Masukkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, merica butir, dan garam secukupnya ke dalam food proccesor. Setelah itu proses dalam food proccesor sampai bumbu menjadi lembut dan halus, kamu juga bisa menggunakan ulekan untuk menghaluskan bumbu-bumbu tadi.

Kemudian panaskan minyak goreng di wajan dan tumis bumbu halus hingga harum. Lalu angkat dan masukkan bumbu halus yang sudah ditumis tadi ke dalam rebusan buntut sapi. Aduk-aduk sebentar lalu masak hingga mendidih dan bumbu meresap.

5. Angkat dan sajikan selagi hangat

Resep Buntut Sapi Kuah Pedas, Gurih dan Pedasnya Mantap!hipwellranch.com

Setelah mendidih, langsung angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk. Tambahkan wortel, kentang, dan daun bawang. Kemudian sajikan selagi hangat.

Resep buntut kuah pedas di atas bisa langsung kamu coba di rumah untuk dijadikan lauk. Dimakan dengan nasi hangat cocok banget, dijamin pasti nambah terus.

Baca Juga: Resep Sup Ayam Bawang yang Lezat dan Gurih, Kamu Harus Coba!

Max Thobias Photo Verified Writer Max Thobias

Cooking, writing and exercising... Do your part and all you can, and let God do his part and finish it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya