Comscore Tracker

Resep Kue Mangkuk Ubi Ungu yang Lembut dan Mekar, Wajib Coba!

#IDNTimesFood Cocok dimakan saat sedang bersantai

Ubi ungu merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki warna ungu yang menggugah selera, ubi ungu juga memiliki rasa manis yang pas dan lembut yang membuat ubi ungu ini banyak disukai orang.

Walaupun diolah dengan cara direbus saja sudah enak, tapi gak ada salahnya kalau kita berkreasi dengan menggunakan bahan yang satu ini. Nah, kali ini kita akan mengkreasikannya dengan membuatnya menjadi kue mangkuk ubi ungu. Kalau ingin tahu cara membuatnya, langsung saja cek resepnya di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Kue Mangkuk Ubi Ungu yang Lembut dan Mekar, Wajib Coba!unsplash.com/Louis Hansel

Bahan adonan I:

  • 100 ml air kelapa
  • 50 gram tepung terigu protein rendah
  • 1 sdm ragi instan

Bahan adonan II:

  • 400 gram ubi ungu, kukus kemudian haluskan
  • 400 gram tepung terigu protein rendah
  • 400 gram gula pasir
  • 250 ml santan
  • 2 butir kuning telur
  • 1 butir putih telur
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk

2. Membuat adonan I dan II

Resep Kue Mangkuk Ubi Ungu yang Lembut dan Mekar, Wajib Coba!ayellowbowl.com

Pertama-tama buat adonan I terlebih dahulu. Masukkan tepung terigu dan ragi instan ke dalam mangkuk kemudian aduk hingga rata, lalu tuangkan air kelapa sedikit demi sedikit sambil diaduk-adukk hingga tercampur rata. Diamkan adonan selama 20 menit hingga adonan mengembang.

Sementara menunggu adonan I mengembang, lanjut membuat adonan II. Masukkan ubi ungu yang sudah dihaluskan sebelumnya, gula pasir, garam, dan vanili bubuk ke dalam mangkuk atau bowl, kocok dengan menggunakan whisk selama 20 menit hingga adonan tercampur rata dan lembut.

3. Campur adonan I dan II hingga rata

Resep Kue Mangkuk Ubi Ungu yang Lembut dan Mekar, Wajib Coba!seriouseats.com

Kemudian campurkan adonan I dan adonan II lalu aduk dengan menggunakan mixer hingga adonan tercampur rata. Masukkan telur satu per satu ke dalam campuran adonan sambil terus dikocok hingga adonan cair dan lembut.

Kemudian masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam campuran adonan dan kocok hingga rata. Tuangkan santan dan air secara bergantian sambil terus dikocok hingga tercampur rata.

Baca Juga: 5 Resep Kue Tradisional Berbahan Dasar Ubi Ungu, Manisnya Pas di Lidah

4. Kukus adonan hingga mekar

Resep Kue Mangkuk Ubi Ungu yang Lembut dan Mekar, Wajib Coba!instagram.com/litacang

Setelah adonan tercampur rata, diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam atau hingga adonan mengembang. Kemudian aduk adonan dan tuang ke dalam cetakan yang sebelumnya sudah dialasi dengan kertas cup.

Kalau sudah, masukkan adonan ke dalam kukusan dan kukus selama kurang lebih 15 menit dengan menggunakan api besar. Kemudian kecilkan api dan kukus lagi selama kurang lebih 15 menit atau hingga adonan matang dan mengembang.

5. Angkat dan sajikan

Resep Kue Mangkuk Ubi Ungu yang Lembut dan Mekar, Wajib Coba!dumplingsisters.com

Setelah adonan matang dan mengembang, langsung keluarkan dari kukusan dan biarkan beberapa saat agar suhunya sedikit turun. Taruh kue mangkuk di atas piring dan sajikan.

Resep kue mangkuk ubi ungu di atas bisa kalian coba untuk dijadikan teman minum teh atau kopi di saat sedang bersantai, dijamin momen bersantai kalian akan semakin mantap. Selamat mencoba.

Baca Juga: Serba Ungu, Inilah 9 Camilan Enak nan Lucu yang Terbuat dari Ubi Ungu

Max Thobias Photo Verified Writer Max Thobias

Cooking, writing and exercising... Do your part and all you can, and let God do his part and finish it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya