Comscore Tracker

Resep Sambal Lu'at, Sambal Khas NTT yang Rasanya Unik dan Nikmat

Semakin lama disimpan rasanya akan semakin nikmat #LokalIDN

Sambal sudah menjadi bagian penting bagi masyarakat Indonesia saat akan menyantap sebuah hidangan. Bahkan bagi masyarakat Indonesia tidak lengkap rasanya kalau makan tanpa ada sambal. 

Karena itu tidak heran jika hampir disetiap daerah di Indonesia memiliki resep sambal yang khas. Salah satunya adalah sambal lu'at. Sambal lu'at sendiri merupakan sambal tradisional yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur yang memiliki rasa pedas, asam serta aroma yang kuat.

Dan yang membuat sambal lu'at ini unik adalah adanya tambahan irisan kulit jeruk nipis di dalamnya. Bagi kalian yang ingin tahu cara membuat sambal khas NTT ini, kalian bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Sambal Lu'at, Sambal Khas NTT yang Rasanya Unik dan Nikmatpisangsusu.com
  • Cabai rawit merah 200 gram
  • Terasi 1 cm
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Bawang merah 4 butir
  • Daun kemangi 1 ikat
  • Tomat 1 buah
  • Garam 1 sdt
  • Daun bawang 2 batang
  • Minyak goreng 100 ml

2. Goreng sebentar cabai rawit dan bawang

Resep Sambal Lu'at, Sambal Khas NTT yang Rasanya Unik dan Nikmatobs.line-scdn.net

Pertama-tama nyalakan api kompor lalu panaskan 100 ml minyak goreng di wajan. Setelah minyaknya sudah cukup panas, masukkan cabai rawit merah dan bawang merah ke dalam wajan. 

Goreng sebentar hingga semua bahan-bahan tadi dirasa sudah cukup layu. Kemudian angkat dan tiriskan minyaknya.

Baca Juga: 5 Lauk Pendamping Sambal Kecombrang yang Paling Nikmat, Enaknya Juara!

3. Ulek bahan-bahan hingga halus

Resep Sambal Lu'at, Sambal Khas NTT yang Rasanya Unik dan Nikmatajourneybespoke.com

Masukkan cabai rawit dan bawang merah yang sudah digoreng tadi ke dalam ulekan. Jangan lupa masukkan juga terasi, tomat, dan garam. Kemudian ulek semua bahan-bahan tadi dalam ulekan hingga halus. Untuk tingkat kehalusannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Setelah halus, masukkan daun kemangi dan irisan daun bawang ke dalam ulekan lalu tekan-tekan daun kemangi dengan menggunakan batu ulek. Aduk-aduk hingga daun kemangi dan daun bawang tercampur rata dengan sambalnya.

4. Tambahkan perasan air jeruk nipis dan irisan kulit jeruk nipis

Resep Sambal Lu'at, Sambal Khas NTT yang Rasanya Unik dan Nikmatseriouseats.com

Kemudian belah jeruk nipis menjadi dua bagian dan peras airnya ke dalam ulekan, aduk-aduk sebentar agar rata. Jangan buang kulit jeruknya, karena ini yang membuat sambal lu'at unik.

Ambil kulit jeruk nipis tadi kemudian iris-iris tipis memanjang, kalau sudah, masukkan irisan kulit jeruk nipis ke dalam ulekan. Tekan-tekan menggunakan batu ulekan agar keluar airnya, lalu aduk-aduk hingga tercampur dengan rata.

5. Masukkan sambal ke dalam wadah dan simpan

Resep Sambal Lu'at, Sambal Khas NTT yang Rasanya Unik dan Nikmatpisangsusu.com

Masukkan sambal lu'at ke dalam wadah tertutup, kemudian simpan selama 2-3 hari agar rasa pahit dari kulit jeruknya benar-benar berkurang. Kemudian sambal lu'at sudah bisa kalian konsumsi bersama dengan nasi dan lauk pelengkapnya.

Bagaimana resep sambal lu'at di atas, mudah bukan? Sambal lu'at jika disimpan semakin lama, justru akan membuat rasanya semakin nikmat dan lezat. Sambal lu'at ini dapat bertahan selama 2 minggu hingga 1 bulan. Dijamin kalau dimakan dengan nasi dan lauk pasti akan nambah terus.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Sambal Matah yang Segar, Pedasnya Nampol Abis!

Max Thobias Photo Verified Writer Max Thobias

Cooking, writing and exercising... Do your part and all you can, and let God do his part and finish it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya