Comscore Tracker

Resep Tumis Cumi Bumbu Petis yang Gurih dan Nikmatnya Bikin Nagih

Dimakan dengan nasi dijamin pasti nambah #LokalIDN

Bagi penikmat makanan seafood, pasti sangat suka dengan yang namanya cumi-cumi. Makanan laut yang satu ini memiliki tekstur daging yang lembut, rasanya sedikit manis, gurih, serta memiliki aroma yang khas. Diolah dengan cara apapun, bahan makanan yang satu ini selalu berhasil menyajikan kelezatan yang luar biasa.

Nah, bagi kalian yang menyukai olahan cumi ataupun ingin mengolah bahan makanan yang satu ini, kalian bisa mencoba resep tumis cumi bumbu petis berikut ini. Dijamin, masakan cumi jadi semakin nikmat dan mantap.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Tumis Cumi Bumbu Petis yang Gurih dan Nikmatnya Bikin Nagihpenverproducts.com

Bahan-bahan:

  • 500 gram cumi-cumi ukuran kecil
  • 3 butir bawang merah, iris halus
  • 2 siung bawang putih, iris halus
  • 5 buah cabai rawit, iris tipis
  • 1 sdm petis udang
  • 500 ml air
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Secukupnya garam
  • 3 sdm minyak goreng

2. Bersihkan cumi dan beri perasan jeruk nipis

Resep Tumis Cumi Bumbu Petis yang Gurih dan Nikmatnya Bikin Nagihpenverproducts.com

Pertama-tama ambil cumi-cumi. Lalu bersihkan, buang bagian kepalanya, kemudian keluarkan semua tinta hitam yang ada di dalam badan cumi-cumi. Lalu cuci dengan menggunakan air hingga cumi-cumi benar-benar bersih.

Selanjutnya potong-potong cumi berbentuk bulat dengan tebal kurang lebih 2 sentimeter. Lalu beri perasan air jeruk nipis dan diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bau amis pada cumi-cumi dapat hilang. Kemudian cuci potongan cumi-cumi sekali lagi hingga bersih, sisihkan.

Baca Juga: 5 Ragam Olahan Berbahan Cumi-Cumi ala Masakan Spanyol, Unik dan Sedap!

3. Tumis bawang dan cabai hingga harum

Resep Tumis Cumi Bumbu Petis yang Gurih dan Nikmatnya Bikin Nagihcroockandspoon.com

Panaskan sebanyak 3 sdm minyak goreng di wajan. Setelah dirasa minyaknya sudah cukup panas langsung masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris-iris sebelumnya hingga harum.

Setelah bawang merah dan bawang putihnya mulai harum, selanjutnya masukkan cabai merah dan cabai rawit ke dalam tumisan. Lalu aduk-aduk dan tumis hingga bumbu harum dan matang.

4. Masukkan cumi dan bahan-bahan lainnya

Resep Tumis Cumi Bumbu Petis yang Gurih dan Nikmatnya Bikin Nagihbankjim.com

Setelah bumbu-bumbu mulai berbau harum dan matang, selanjutnya masukkan potongan cumi-cumi yang sudah dibersihkan dan didiamkan tadi, lalu aduk-aduk dan masak hingga cumi mulai berubah warna.

Kalau sudah, tambahkan petis udang, air, merica bubuk, dan garam secukupnya ke dalam tumisan cumi. Lalu aduk-aduk dan masak hingga semua bahan dapat tercampur dengan rata dan bumbu meresap ke dalam cuminya.

5. Koreksi rasanya dan sajikan

Resep Tumis Cumi Bumbu Petis yang Gurih dan Nikmatnya Bikin Nagihinstagram.com/kokikukis_

Cek rasanya terlebih dahulu. Apabila dirasa sudah pas, aduk-aduk sebentar lalu angkat dan pindahkan ke dalam piring. Dan tumis cumi bumbu petis pun siap untuk disajikan.

Nah, mudah bukan resep tumis cumi bumbu petis di atas? Jadi tunggu apalagi, langsung coba resepnya di rumah, dijamin bikin lidah bergoyang. Selamat mencoba.

Baca Juga: 10 Resep Olahan Cumi-cumi ala Restoran yang Bikin Goyang Lidah, Enak!

Max Thobias Photo Verified Writer Max Thobias

Cooking, writing and exercising... Do your part and all you can, and let God do his part and finish it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya