Comscore Tracker

Resep Tumis Tahu Saus Tiram yang Mudah dan Dijamin Bikin Nagih Terus

Menu lauk pendamping nasi yang sangat nikmat

Kalau kalian merasa bosan dengan olahan berbahan dasar tahu yang hanya itu-itu saja, maka kalian bisa mencoba resep berikut ini, yakni tumis tahu saus tiram. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Tumis Tahu Saus Tiram yang Mudah dan Dijamin Bikin Nagih Terustahu putih (instagram.com/tahucihuy.officialaccount)

Bahan-bahan:

  • 10 buah tahu putih
  • 5 siung bawang merah, iris-iris
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 lembar daun jeruk
  • 10 buah cabai rawit merah, iris-iris memanjang
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 ruas jahe, parut
  • 2½ sdm saus tiram
  • 75 ml air hangat
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • secukupnya minyak goreng

2. Potong-potong dan goreng tahu hingga matang

Resep Tumis Tahu Saus Tiram yang Mudah dan Dijamin Bikin Nagih Terusmenggoreng tahu (instagram.com/vegan_jewlze)

Pertama-tama, ambil tahu putih, lalu potong-potong kotak. Untuk ukuran dan jumlahnya dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Setelah itu, panaskan minyak goreng secukupnya di atas wajan. Setelah minyaknya panas, langsung masukkan potongan tahu. Lalu, goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan, lalu sisihkan tahu goreng sebentar.

3. Tumis bawang dan bahan lainnya hingga harum

Resep Tumis Tahu Saus Tiram yang Mudah dan Dijamin Bikin Nagih TerusTumis bumbu. (pixabay.com/MYCCF)

Panaskan minyak goreng secukupnya lalu masukkan bawang merah, bawang putih, dan jahe. Tumis sampai bawang mulai mengeluarkan aroma wangi.

 

Kalau sudah, lanjut masukkan cabai rawit merah, daun jeruk, dan serai. Aduk sebentar hingga layu dan wangi lalu tuangkan air sambil terus diaduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.

4. Tumis tahu bersa bumbu hingga matang dan bumbu meresap

Resep Tumis Tahu Saus Tiram yang Mudah dan Dijamin Bikin Nagih Terusmenumis tahu (instagram.com/vegan_jewlze)

Setelah tercampur rata, lanjut masukkan saus tiram, kaldu bubuk, dan kaldu jamur. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Jangan lupa untuk koreksi rasanya terlebih dahulu. Kalau dirasa ada bumbu masih yang kurang, bisa ditambahkan bumbu yang kurang tersebut.

Jika dirasa sudah pas, langsung masukkan tahu yang sudah digoreng tadi. Aduk-aduk dan masak sampai kuahnya mulai sedikit menyusut dan bumbu meresap ke dalam tahu.

5. Angkat dan sajikan tumis tahu

Resep Tumis Tahu Saus Tiram yang Mudah dan Dijamin Bikin Nagih TerusTumis tahu saus tiram (instagram.com/dapur_yoehana68)

Setelah kuahnya mulai menyusut dan bumbunya meresap, bisa langsung diangkat. Pindahkan tahu ke atas piring saji atau wadah yang sudah disiapkan. 

Kalian juga bisa tambahkan irisan daun bawang diatasnya untuk sentuhan akhir. Dan tumis tahu saus tiram pun siap untuk disajikan.

Kalian bisa mencoba resep tumis tahu saus tiram di atas untuk dijadikan teman lauk pendamping nasi putih hangat di rumah, dijamin bikin nambah terus. Selamat mencoba.

Max Thobias Photo Verified Writer Max Thobias

Cooking, writing and exercising... Do your part and all you can, and let God do his part and finish it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya