Resep Lumpia Ayam Mercon, Pedasnya Nendang Banget

Lumpia ayam pedas nendang

Momen liburan dan berkumpul bersama, terutama bersama teman, enaknya ditemani dengan gorengan pedas dan gurih. Salah satunya, kamu bisa membuat lumpia isi ayam mercon yang pedas nendang.

Dengan menggunakan 2 macam cabai dan gurihnya ayam, kudapan ini bisa bikin momen bersama makin seru. Resepnya cukup mudah dan effortless. Bahkan, kamu bisa menggunakan resep ini sebagai stok frozen food. Jika kamu memiliki rencana berkumpul bersama dalam waktu dekat, kamu bisa membuatnya dengan mengikuti resep lumpia ayam mercon di bawah ini!

Bahan untuk membuat lumpia ayam mercon

Resep Lumpia Ayam Mercon, Pedasnya Nendang Bangetilustrasi daging ayam (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)
  1. 350 gram daging ayam
  2. 35 lembar kulit lumpia
  3. 15 gram cabai merah besar
  4. 10 gram cabai keriting kering
  5. 4 buah bawang merah
  6. 5 siung bawang putih
  7. ½ ruas jari kencur
  8. 3 sdm saus sambal
  9. ¼ sdm kaldu bubuk sapi
  10. ¼ sdm penyedap rasa
  11. ¼ sdm garam
  12. ½ sdm gula pasir
  13. ¼ sdm lada bubuk
  14. 2 batang daun bawang
  15. 350 ml minyak goreng
  16. 75 ml air
  17. 1 sdm tepung terigu serbaguna

Baca Juga: Resep Lumpia Ayam Suwir Kemangi, Cocok untuk Camilan Lebaran

Cara membuat lumpia ayam mercon

Resep Lumpia Ayam Mercon, Pedasnya Nendang Bangetilustrasi cabai merah besar (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)
  • Ambil panci, masukkan 2 gelas air dan didihkan. Masukkan daging ayam dan rebus hingga matang. Dinginkan beberapa saat, suwir kecil-kecil. Sisihkan.
    Potong-potong 2 batang daun bawang kecil-kecil. Sisihkan.
  • Gunakan sisa rebusan ayam untuk merebus cabai merah besar dan cabai keriting kering. Rebus hingga cabai lunak. Angkat dan masukkan ke dalam chopper. Tambahkan bawang putih, bawang merah, dan kencur. Beri 5 sdm minyak goreng untuk membantu menghaluskan. Haluskan bumbu sampai berbentuk pasta.
  • Panaskan wajan dengan api sedang, lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis hingga bumbu tanak dan pecah minyak. Tambahkan ayam suwir dan tumis hingga tercampur rata. Tuang ¼ gelas air ke dalam tumisan ayam suwir.
  • Tambahkan garam, lada bubuk, gula pasir, kaldu sapi bubuk, penyedap rasa, dan saus sambal. Aduk hingga tercampur rata. Setelah air menyusut, masukkan daun bawang yang sudah diiris tipis. Koreksi rasa dan matikan api. Diamkan hingga tumisan ayam suwir dingin.
  • Buat lem untuk kulit lumpia dengan melarutkan 1 sdm atau 10 ml air dengan 1 sdm tepung terigu serbaguna dalam mangkuk kecil. Aduk rata sampai tidak bergerindil.
  • Ambil 1 lembar kulit lumpia, isi dengan ½ sdm tumisan ayam suwir. Lipat dan gulung. Olesi ujung kulit lumpia, dengan lem tadi. Rekatkan dan sisihkan. Ulangi hingga semua isian habis.
  • Panaskan wajan yang berisi 300 ml minyak goreng dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan satu per satu lumpia ayam mercon. Bolak-balik lumpia ayam mercon supaya tidak gosong. Goreng hingga keemasan. Angkat dan tiriskan. Ulangi lagi hingga selesai.
  • Sajikan dengan saus pendamping favoritmu.

Tips membuat lumpia ayam mercon

Resep Lumpia Ayam Mercon, Pedasnya Nendang Bangetilustrasi air fryer (wikimedia.org/I am R)
  • Gunakan daging ayam bagian dada agar proses memasaknya lebih cepat. Selain itu, bagian dada ayam memiliki daging yang lebih banyak daripada bagian paha.
  • Tambahkan cabai merah besar dan cabai keriting lebih banyak jika kamu suka pedas.
  • Pastikan lumpia yang kamu buat tidak bocor.
  • Kamu bisa menambah isian pada lumpia ayam mercon buatanmu. Namun, pastikan tidak terlalu banyak agar lumpia tidak bocor.
  • Untuk yang berencana membuat lumpia ayam mercon sebagai stok frozen food, setelah lumpia selesai dilipat dan digulung, susun dalam kotak penyimpanan dengan diberi jarak antar lumpia. Alasi tiap layer lumpia dengan plastik wrap, dan susun berjarak lagi. Jika kamu menyusun secara rapat dan tidak diberi plastik wrap, lumpiamu akan rawan lengket satu sama lain dan sulit untuk dipisah. Setelah penuh, masukkan ke dalam freezer.
  • Bagi yang menghindari gorengan deep fried, kamu bisa menggoreng lumpia ayam mercon dengan air fryer. Drizzle lumpia dengan sedikit minyak, lalu goreng sesuai dengan instruksi pada air fryer yang kamu gunakan.

Lumpia isi olahan ayam mercon pedas nampol ini bakal bikin pecinta pedas ketagihan. Apalagi bahan dan cara bikinnya yang simpel, serta kamu bisa membuatnya sebagai stok frozen food. Tunggu apa lagi? Yuk, bikin!

Baca Juga: Resep Lumpia Ayam Suwir Jagung Wortel, Camilan Akhir Pekan yang Lezat

Masrurotul Hikmah Photo Verified Writer Masrurotul Hikmah

Cheesecake addict!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya