Comscore Tracker

Masih Punya Daging Kurban? Ini 5 Inspirasi Olahan Masakan ala TikTok

Cocok kalau udah bosen sama gule atau sate #IDNTimesFood

Hari Raya Iduladha identik dengan penyembelihan hewan kurban seperti sapi atau kambing. Meski sudah sepekan berlalu, banyak keluarga masih memiliki stok daging kurban yang belum diolah.

PPKM yang mengharuskan kita untuk di rumah saja menjadi momen yang pas buat kamu berkreasi dalam mengolah daging kurban untuk disantap bersama keluarga terkasih. Buat kamu yang bosan dengan olahan gule atau sate, kamu bisa mengolahnya menjadi menu santapan lain yang tak kalah lezat, lho!

Berikut inspirasi olahan daging kurban anti mainstream ala TikTok.

1. Scotch Egg

Masih Punya Daging Kurban? Ini 5 Inspirasi Olahan Masakan ala TikTokscotch egg (instagram.com/michaelbonsor)

Scotch egg adalah hidangan populer yang disajikan di Inggris. Hidangan ini terdiri dari telur rebus yang dibungkus dengan daging giling yang sudah berbumbu.

Proses pembuatan scotch egg hampir sama dengan bakso. Perbedaannya adalah, adonan scotch egg ini dibalurkan dengan tepung roti, kemudian digoreng.

Untuk memperkaya rasa, kamu bisa membuat saus apapun sebagai bahan cocolan. Hm, apakah mulutmu sudah berair?

2. Beef Katsu

Masih Punya Daging Kurban? Ini 5 Inspirasi Olahan Masakan ala TikTokbeef katsu (instagram.com/guilty.pleasure27)

Siapa yang tidak kenal dengan katsu? Hidangan asal Negeri Sakura ini banyak disukai orang karena terdiri dari potongan daging sapi yang diselimuti oleh tepung roti renyah yang mampu memperkuat rasa menjadi lebih gurih.

Membuat beef katsu tidak terlalu sulit. Kamu cukup potong-potong daging seperti ukuran steak, kemudian lumuri daging dengan garam dan merica untuk memperkaya rasa daging.

Setelah proses marinasi, cukup gulingkan daging ke tepung terigu, kibaskan agar tidak terlalu banyak terigu yang menempel. Setelah itu celupkan daging ke kocokan telur dan baluri dengan tepung roti. Beef katsu siap digoreng. Hidangan ini akan terasa lebih nikmat jika kamu menggorengnya pada tingkat kematangan rare.

Untuk menambah cita rasa, kamu bisa menyajikannya dengan saus ala Jepang yang terbuat dari kecap asin yang dicampur dengan wasabi atau saus kari.

Baca Juga: 5 Resep Camilan dengan Isi Kacang Hijau yang Lezat, Ada Bakpia!

3. Meatballs ala IKEA

Masih Punya Daging Kurban? Ini 5 Inspirasi Olahan Masakan ala TikTokBakso ala IKEA (instagram.com/ditasukamakan)

Retailer furnitur asal Swedia ini menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Selain untuk membeli perabot rumah, tidak jarang juga orang mencicipi hidangan bakso khas Swedia yang ikonik yang dijajakan di toko perabot ini.

Bakso berukuran kecil-kecil ini merupakan hidangan khas Swedia yang dipadukan dengan saus yang kaya akan rempah. Selain itu, hidangan ini biasa disajikan dengan makanan pendamping, seperti mashed potatoe dan sayur-sayuran. Cara membuatnya pun tidak sulit, sama seperti mengolah bakso ala Indonesia.

Bakso khas Swedia yang berbahan dasar daging ini cocok untuk dijadikan hidangan di momen Iduladha menggantikan menu gule dan sate. 

4. Steak Bumbu Indomie

Masih Punya Daging Kurban? Ini 5 Inspirasi Olahan Masakan ala TikToksteak bumbu Indomie (unsplash.com/@loija)

Bosan dengan rasa steak yang gitu-gitu aja? Beberapa bulan belakangan ini, jagat maya TikTok dihebohkan dengan olahan steak unik yang diunggah oleh akun Dims The Meat Guy.

Berawal dari keisengannya menuruti komentar warganet yang meminta ia untuk mengolah daging steak dengan bumbu Indomie, video olahan daging tersebut langsung viral. Banyak warganet yang lantas ikut me-recook olahan tersebut karena mudah untuk diikuti.

Selain karena cara mengolahnya yang mudah, daging yang dilumuri bumbu Indomie itu memberikan cita rasa khas Indonesia yang kaya. Rasa gurih, manis dan sedikit pedas dari sausnya membuat rasanya menjadi seimbang.

Kamu pecinta steak sekaligus Indomie? Yuk, kreasikan daging kurban kamu menjadi steak bumbu Indomie!

5. Bulgogi (Barbeku ala Korea)

Masih Punya Daging Kurban? Ini 5 Inspirasi Olahan Masakan ala TikTokbulgogi (unsplash.com/@ryanalimon)

Kalau kamu pernah mencicipi makanan Korea atau pecinta makanan Korea, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan bulgogi. Belakangan, tidak sedikit rumah makan yang menjajakan hidangan khas Negeri Ginseng ini. Mulai dari restoran bintang lima sampai di kedai kaki lima.

Bulgogi merupakan hidangan barbeku khas Korea. Hidangan ini terdiri dari irisan daging sapi tipis yang sudah dimarinasi menggunakan kecap manis, bawang putih, garam dan sedikit minyak wijen. Jika di rumah makan, bulgogi biasanya disajikan bersamaan dengan alat untuk memanggangnya.

Hidangan dengan cita rasa gurih dan sedikit sentuhan manis ini bisa menjadi inspirasi olahan daging kurban, lho! Cocok sekali untuk disantap ketika sedang kumpul bersama keluarga. Kamu tidak perlu khawatir jika tidak memiliki alat untuk memanggangnya karena saat ini sudah banyak dijual di e-commerce.

Sekian inspirasi olahan daging kurban ala TikTok. Cocok banget buat kamu yang masih mempunyai stok daging kurban namun bingung ingin mengolahnya menjadi apa. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Kuliner Asli Hulu Sungai Tengah yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!

Maulidina Fitria Photo Writer Maulidina Fitria

i was born to tell stories

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya