Comscore Tracker

Resep Pie Susu Durian, Perpaduan Ras Manis Susu yang Legit

Pencinta durian wajib merapat!

Pie susu merupakan camilan khas Bali yang diburu wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan rasa manis dari susu dan teksturnya yang renyah, pie susu menjadi favorit banyak orang. 

Kini, camilan ini dapat dikreasikan menjadi aneka rasa. Salah satu kreasi yang unik dan menggiurkan adalah pie susu durian. Perpaduan manis dari susu ditambah legitnya durian membuat yang memakannya ketagihan. 

Tak perlu khawatir, kamu dapat membuat sendiri kreasi pie susu durian di rumah. Yuk, intip resep dan tahap-tahapnya berikut ini.

1. Bahan membuat pie susu durian

Resep Pie Susu Durian, Perpaduan Ras Manis Susu yang Legitilustrasi bahan-bahan pie susu durian (pexels.com/id-id/@monserratsoldu)

Bahan kulit pie: 

  • 350 gram tepung terigu rendah protein
  • 200 gram margarin 
  • 100 gram gula halus 
  • 2 butir kuning telur 

Bahan isian durian:

  • 150 gr daging buah durian
  • 75 gr tepung maizena
  • 150 gr gula pasir
  • 500 ml susu cair
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sdm margarin 
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 vanilla powder

2. Siapkan adonan untuk membuat kulit pie

Resep Pie Susu Durian, Perpaduan Ras Manis Susu yang Legitilustrasi membuat adonan (pexels.com/id-id/@daria)

Hal pertama untuk membuat adonan kulit pie adalah dengan menyiapkan alat berupa wadah atau mangkuk berukuran besar dan whisk. Tuangkan gula halus dan margarin ke dalam wadah, lalu kocok. Pastikan tidak ada gumpalan dalam adonan tersebut. 

Setelah itu, tambahkan kuning telur dan kocok sebentar agar telur menyatu dengan adonan. Masukkan tepung terigu secara perlahan dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. 

3. Cetak dan panggang kulit pie ke dalam oven

Resep Pie Susu Durian, Perpaduan Ras Manis Susu yang Legitilustrasi mencetak kulit pie (youtube.com/dapurbunnazil)

Siapkan beberapa cetakan kulit pie berukuran kecil. Oleskan margarin ke cetakan sebelum memasukkan adonan. Setelah mencetak adonan, tusuk-tusuk pada bagian tepi adonan pada cetakan agar lebih mudah matang dan tidak bergelembung.

Selanjutnya, lakukan hingga semua adonan telah tercetak. Tata cetakan ke loyang dengan rapi dan panggang ke dalam oven dengan suhu 160 derajat Celsius. Pada tahap ini, kamu cukup memanggang kulit pie hingga setengah matang saja. 

Baca Juga: Selain Pie Susu, Ini Dia 5 Kreasi Pie dengan Cita Rasa Gaya Barat

4. Buat isian durian sembari memanggang

Resep Pie Susu Durian, Perpaduan Ras Manis Susu yang Legitilustrasi isian durian (instagram.com/hao_kumakichi)

Sambil menunggu adonan kulit pie dipanggang, kamu dapat membuat isian durian. Masukkan daging durian segar, gula pasir, susu cair, garam, dan vanilla powder ke dalam blender. Haluskan semua bahan tersebut.

Setelah itu, tuangkan ke wajan yang sudah ditambahkan margarin dan masak di api sedang. Aduk isian dengan menambahkan kuning telur dan tepung maizena hingga mengental secara rata. Aroma lezat dari isian durian akan tercium.

5. Panggang kembali pie susu durian hingga matang

Resep Pie Susu Durian, Perpaduan Ras Manis Susu yang Legitilustrasi pie susu durian (instagram.com/windarnurmalasari5)

Pada tahap terakhir, masukkan isian durian tadi ke dalam kulit pie yang sudah setengah matang. Lakukan hingga semua isian telah diletakkan ke dalam kulit pie. Kemudian, panggang kembali ke oven hingga pie matang dengan warna emas kecokelatan. 

Kalau sudah matang, segera matikan oven dan keluarkan pie susu durian. Saat di tata ke dalam piring, kamu dapat menambahkan topping, seperti daun mint atau daging buah durian kecil, sesuai selera. Pie susu durian sudah dapat dinikmati.

Sekarang kamu dapat membuat kreasi pie susu durian dengan resep di atas. Memiliki citra rasa legit dari buah durian dengan paduan manis susu dan kulit yang renyah, jangan lupa untuk menikmatinya dengan orang tercinta. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Resep Pie Susu Pandan Teflon Antigagal, Pemula Wajib Coba!

May Paramita Photo Verified Writer May Paramita

Indeed, with hardship will be ease.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya