Comscore Tracker

Resep Ayam Bakar Gochujang, Enak Tiada Tara

Sensasi saus pedas gurih dan ayam panggang hangat

Gochujang merupakan saus cabai yang biasa digunakan untuk masakan Korea. Saus ini berbahan utama beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasikan. Fermentasi gochujang masih banyak dilakukan dengan cara tradisional, yakni melakukan proses fermentasi dengan meletakkannya di halaman rumah dan dimasukkan ke dalam tempayan tembikar berukuran besar.

Makanan yang disajikan dengan saus gochujang di antaranya Tteokbokki, Bibimbap, Kimchi Jjigae, Maeun Dakbal, dan masih banyak lagi. Saus gochujang juga akan sangat cocok diaplikasikan pada ayam panggang, lho! Simak resepnya berikut ini.

1. Bahan-bahan

Resep Ayam Bakar Gochujang, Enak Tiada Tarameatmethere.com
  • 1 Kg daging ayam
  • ¼ cangkir gochujang
  • 4 sdm minyak
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm madu

2. Racik bumbu oles untuk ayam panggang

Resep Ayam Bakar Gochujang, Enak Tiada Taraiamafoodblog.com

Cuci bersih daging ayam dan diamkan dalam suhu ruang sampai normal jika sebelumnya daging telah dibekukan dalam kulkas. Buat bumbu oles ayam dengan mencampurkan saus gochujang, 2 sendok makan minyak, dan kecap asin. Aduk rata, kemudian gosok atau oleskan ke seluruh permukaan ayam. Sisihkan bumbu oles yang masih tersisa tadi.

3. Gunakan sisa bumbu oles kembali pada ayam yang akan dipanggang

Resep Ayam Bakar Gochujang, Enak Tiada Taraiamafoodblog.com

Panaskan oven dengan suhu 400°F. Letakkan ayam yang sudah diberi bumbu oles pada loyang. Tambahkan sisa 2 sendok makan minyak ke dalam bumbu oles yang sempat di sisihkan tadi, kemudian siram sisa bumbu oles ke atas ayam.

Baca Juga: Resep Ayam Bakar Bumbu Kuning yang Sedap, Cocok untuk Tahun Baruan

4. Panggang daging ayam sampai matang

Resep Ayam Bakar Gochujang, Enak Tiada Taradisslove.com

Langkah selanjutnya, tutupi ayam dengan kertas aluminium foil ukuran besar dengan perkiraan dapat menutup permukaan ayam. Menggunakan kertas alumunium foil dapat mencegah ayam menjadi terlalu kecokelatan. Panggang ayam selama 60 - 75 menit hingga matang.

Setelah ayam matang, lumuri dengan madu dan diamkan ayam selama 5-10 menit sebelum disajikan. Taburkan potongan daun bawang di atas ayam sebagai pelengkap jika mau.

5. Tips mengetahui ayam panggang yang sudah matang

Resep Ayam Bakar Gochujang, Enak Tiada TaraInstagram.com/noskosbbq

Cara untuk mengetahui daging ayam yang dipanggang telah matang adalah dengan mengukur suhu pada bagian tertentu, yakni bagian paling tebal dari dada, bagian paling dalam dari paha, serta bagian terdalam dari sayap. Pastikan ketiga bagian tersebut memiliki suhu sekitar 165°F atau 74°C.

Kamu juga perlu memastikan bahwa daging ayam tidak berwarna merah dengan menusuknya dengan pisau atau garpu, karena jika daging masih berwarna merah tandanya belum matang.

Itulah resep ayam panggang dengan bumbu saus gochujang khas Korea Selatan. Sensasi lembutnya daging ayam panggang yang matang berpadu dengan gurih dan pedasnya saus gochujang dapat membangkitkan selera makan siapapun yang mencium aromanya. Kamu bisa membeli saus gochujang di online shop dengan harga Rp 25 Ribuan saja kok!

Baca Juga: Bumbunya Meresap, 10 Tips Memasak Ayam Bakar Seperti di Restoran

Melodyna Melody Photo Verified Writer Melodyna Melody

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya