Comscore Tracker

Resep Es Dawet Jelly Pandan, Pelega Tenggorokan yang Segarnya Juara

#IDNTimesFood Cocok dinikmati saat cuaca terik

Pergantian cuaca yang semakin tak menentu ini kadang hujan kadang panas. Jika tiba-tiba cuaca berubah panas, menyegarkan tenggorokan dengan sesuatu yang dingin adalah solusi yang paling banyak dilakukan. Es dawet menjadi salah satu alternatifnya.

Es dawet terkenal sebagai minuman campur asal Indonesia yang tidak akan kamu temukan di negara lain. Memadukan beberapa campuran bahan seperti santan, gula merah, dan jelly, maka jadilah es yang segar ini. Penasaran dengan resepnya? Simak di bawah ini, yuk!

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Es Dawet Jelly Pandan, Pelega Tenggorokan yang Segarnya Juarainstagram.com/susanna_prayoga

Bahan-bahan:⁣

  • 1400 ml air
  • 1 bungkus Nutrijel plain⁣
  • 2 sdm gula pasir⁣
  • 3 tetes pasta pandan⁣
  • 200 gram gula merah⁣
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 bungkus santan kental Kara
  • Garam secukupnya

2. Campurkan bahan jelly lalu masak

Resep Es Dawet Jelly Pandan, Pelega Tenggorokan yang Segarnya Juaraatasteofjoyandlove.com

Untuk membuat jelly, campurkan 1 bungkus Nutrijel bersama 2 sdm gula dan 700 ml air. Masak jelly tersebut sampai mendidih kemudian matikan apinya dan diamkan 3 menit.

Agar jelly terlihat menarik, tambahkan 3 tetes pasta pandan untuk memberi warna hijau alami. Aduk agar warna tercampur merata lalu dinginkan. Kamu bisa menggunakan pewarna makanan, tapi akan lebih baik jika menggunakan pasta pandan yang alami.

3. Dinginkan jelly lalu serut

Resep Es Dawet Jelly Pandan, Pelega Tenggorokan yang Segarnya Juarainstagram.com/s_hajarmansor

Sedikit berbeda dengan es dawet pada umumnya, jelly pada resep kali ini akan diserut ya. Jika adonan jelly sudah mengeras, kamu bisa mulai memarutnya dengan parutan keju atau parutan kelapa muda. Jika tak suka, kamu bisa memotong-motong jelly sesuai selera. Sisihkan.

Baca Juga: 5 Resep Es Dawet dari Berbagai Daerah di Indonesia, Mana Favoritmu?

4. Buat kuah gula merah

Resep Es Dawet Jelly Pandan, Pelega Tenggorokan yang Segarnya Juaradinnerthendessert.com

Untuk membuat kuah gula merah sebagai pemanis es dawet, panaskan panci berisi air 700 ml. Masukan gula merah, sejumput garam, serta daun pandan yang sudah diikat simpul ke dalam panci. Masak sampai gula merah larut dan air mendidih. Angkat lalu saring dan dinginkan.

5. Penyajian

Resep Es Dawet Jelly Pandan, Pelega Tenggorokan yang Segarnya Juarainstagram.com/streetfoodstories

Untuk menyajikan es dawet, masukan kuah gula merah terlebih dahulu ke dalam wadah. Setelah itu tuang santan instan dan serutan jelly pandan. Aduk-aduk agar tercampur rata, serta jangan lupa untuk menambahkan es batu. Es dawet jelly pandan yang segar ini siap disajikan untuk keluarga tercinta.

Selain bahannya yang mudah didapat dan harganya yang relatif murah, es yang satu ini juga terlihat menarik dan menggiurkan. Tertarik mencoba?

Baca Juga: Rasa Khas yang Menyegarkan, 5 Hal tentang Dawet Jabung Ponorogo 

Melodyna Melody Photo Verified Writer Melodyna Melody

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya