Comscore Tracker

Resep Samgyeopsal, Daging Panggang Daun Selada yang Juicy di Mulut

Makan dengan kimchi makin lezat

Akhir-akhir ini semua yang berbau Korea pasti booming di Indonesia, tak terkecuali makanannya. Tteok-bokki, jajangmyeon, dan bibimbap tentunya sudah tidak asing bagi lidah Indonesia yang tertarik dengan makanan Korea. Namun, sudahkah kamu mencoba Samgyeopsal?

Samgyeopsal (삼겹살) adalah masakan khas Korea berupa daging perut babi berlemak dan tebal yang dipanggang. Umumnya daging tidak dibumbui ketika dipanggang. Setelah matang, daging dimakan dengan cara dicelup ke dalam saus pedas. Supaya gak penasaran, berikut resep lengkapnya.

1. Siapkan bahan-bahan berikut

Resep Samgyeopsal, Daging Panggang Daun Selada yang Juicy di Mulutbeef2live.com

Bahan:

  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 1 sdt Minyak wijen
  • 500 gram Samchan/daging babi iris selebar 3mm
  • 1 ikat selada, cuci dan kupas
  • 4 buah bawang putih, iris tipis
Saus daun bawang:
  • Daun bawang, iris tipis pendek
  • 2 sdm bubuk sambal
  • 1 sdt gula
  • garam secukupnya
  • minyak wijen atau minyak zaitun secukupnya

2. Iris daging babi setebal 3 mm

Resep Samgyeopsal, Daging Panggang Daun Selada yang Juicy di MulutUnsplash/@sorel_67

Untuk langkah pertama, siapkan 500 gram samchan atau daging babi yang telah diiris lalu letakkan di piring. Karena di Indonesia jarang menjual samchan, kamu bisa menggantinya dengan potongan daging babi yang kemudian diiris tipis secara manual.

Jika kamu kesulitan mengiris tipis, kamu juga bisa memotongnya sesuai selera. Setelahnya gulung samchan lalu bekukan ke dalam freezer selama ±1-2 jam terlebih dahulu.

Baca Juga: 9 Olahan Daging Khas Hungaria, Cocok Dinikmati dengan Nasi Panas

3. Buatlah bumbu dan saus celup

Resep Samgyeopsal, Daging Panggang Daun Selada yang Juicy di MulutInstagram.com/tabethaiblog

Sembari menunggu daging babi siap untuk dipanggang, tahap berikutnya adalah membuat bumbu utama. Haluskan bumbu yang terdiri dari merica, garam, serta minyak wijen secukupnya lalu sisihkan.

Sedangkan untuk saus celupnya, campurkan semua bumbu yang terdiri dari daun bawang iris, bubuk sambal, gula, garam dan minyak wijen atau zaitun secukupnya. Jika ingin saus yang lebih pedas, kamu bisa menambahkan beberapa potongan cabai.

4. Bumbui daging dengan garam dan merica

Resep Samgyeopsal, Daging Panggang Daun Selada yang Juicy di Mulutanovaculinary.com

Agar daging babi menjadi juicy saat dipanggang, jangan lupa baluri samchan terlebih dahulu dengan bumbu utama atau garam dan merica bubuk secara merata sesaat sebelum dipanggang.

Selain itu, saat memanggang daging pastikan untuk memanggangnya secara merata dan jangan terlalu lama supaya tidak gosong atau daging menjadi tidak juicy lagi.

5. Panggang daging sampai cukup matang

Resep Samgyeopsal, Daging Panggang Daun Selada yang Juicy di MulutInstagram.com/canadianbites

Setelah daging selesai dibumbui dan bumbunya cukup meresap, tata samchan beserta bahan lain di atas meja makan. Panaskan wajan besi yang sudah diberi banyak minyak zaitun. Panggang potongan samchan hingga kecoklatan bersama dengan irisan bawang putih lalu angkat. Lakukan hal yang sama sampai samchan habis.

Bagaimana nih pecinta makanan Korea? Tertarik mencoba dong pastinya. Bagi yang muslim tidak perlu khawatir, daging babi bisa diganti dengan daging sapi atau kambing, kok.

Nah untuk cara makannya, celupkan daging babi ke saus celup lalu bungkus dengan daun selada. Lipat-lipat lalu tinggal dimakan, deh. Perpaduan daging panggang yang juicy dengan segarnya daun selada bak cita rasa yang kaya di dalam mulut.

Baca Juga: 5 Olahan Lezat Khas Korea Selatan Berbahan Ayam, Bikin Nafsu Makanan!

Melodyna Melody Photo Verified Writer Melodyna Melody

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya