Comscore Tracker

Resep Strawberry Butter Cake, Cocok Dihidangkan saat Bersantai

#IDNTimesFood Manisnya bikin mood adem!

Beragam kreasi kue sudah dikembangkan. Kini jenis-jenis kue memiliki banyak perkembangan, salah satunya butter cake. Sama halnya seperti kue-kue lainnya, butter cake pun punya beragam kreasi yang menggugah selera.

Tak hanya murni dengan rasa original, butter cake bisa kamu nikmati dengan beragam kreasi dari buah juga, lho. Artikel kali ini akan membahas resep strawberry butter cake. Penasaran dengan cara membuatnya? Simak resepnya berikut ini, ya.

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Strawberry Butter Cake, Cocok Dihidangkan saat Bersantaiunsplash.com/Angèle Kamp

Bahan-bahan:

  • 3 butir telur
  • 40 gram gula pasir
  • 40 gram gula merah
  • 500 gram buah stroberi
  • 150 gram tepung kunci
  • 150 gram butter
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt kayu manis
  • 1 sdt bumbu spekuk
  • Whipped cream

2. Mixer telur dan butter secara bertahap

Resep Strawberry Butter Cake, Cocok Dihidangkan saat Bersantaiunsplash.com/Sincerely Media

Untuk membuat adonan butter cake, pertama mixer campuran butter dan gula pasir sampai lembut dan mengembang. Setelah itu pecahkan 1 butir telur lalu mixer kembali.

Ulangi langkah yang sama terhadap 2 butir telur lainnya. Jika dirasa tekstur adonan telur sudah pas, kamu bisa menyisihkannya lalu lanjut ke langkah berikutnya.

3. Mixer campuran adonan utama dan adonan telur

Resep Strawberry Butter Cake, Cocok Dihidangkan saat Bersantaitasteofhome.com

Dalam wadah terpisah, campurkan gula merah, tepung kunci, baking powder, bumbu spekuk, serta bubuk kayu manis. Setelah itu campurkan adonan telur ke dalam adonan utama. Aduk dengan menggunakan mixer berkecepatan kecil sampai semua bahan tercampur rata.

Baca Juga: Gak Kalah Enak, 5 Resep Butter Cake Ini Bisa Jadi Pengganti Kue Ultah

4. Campur stroberi halus ke dalam adonan lalu panggang

Resep Strawberry Butter Cake, Cocok Dihidangkan saat Bersantaiinstagram.com/azanabrownies

Berikutnya blender halus 400 gram buah stroberi. Campurkan ke dalam adonan butter cake lalu aduk menggunakan spatula. Di sisi lain siapkan loyang untuk memanggang butter cake. Olesi dengan sedikit butter secara merata.

Tuangkan adonan ke dalam loyang lalu ratakan dengan spatula. Panggang adonan sampai matang selama 1 jam dengan suhu 175°C. Jika sudah matang, ciri-cirinya adalah berwarna agak kecokelatan di bagian pinggirnya. Setelah itu angkat dan biarkan dingin.

5. Hias butter cake dengan stroberi dan whipped cream

Resep Strawberry Butter Cake, Cocok Dihidangkan saat Bersantaiunsplash.com/Merve Aydın

Butter cake akan terlihat lebih menarik jika dihias. Bagi butter cake menjadi 2 bagian, yakni sisi atas dan bawah. Selanjutnya iris buah stroberi sesuai selera, bisa diiris agak tipis atau cukup dibagi menjadi dua.

Cara menghiasnya, oleskan whipped cream secukupnya pada lapisan pertama, kemudian tata buah stroberi di atasnya secara merata. Tumpuk lapisan pertama dengan sisi butter cake yang kedua, lalu lakukan langkah serupa.

Butter cake yang kamu buat ini paling cocok jika dinikmati selagi bersantai bersama segelas minuman segar. Kamu juga bisa menggunakan butter cake ini sebagai alternatif kue ulang tahun, lho. Gak kalah enak!

Baca Juga: Resep Butter Cake Tapai Keju, Tekstur Lembutnya Melekat di Lidah!

Melodyna Melody Photo Verified Writer Melodyna Melody

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya