Comscore Tracker

Resep Talam Ubi Madu, Jajanan Pasar Favorit yang Legitnya Awet

#IDNTimesFood Masih banyak dijumpai di pasar tradisional

Kue talam adalah kue tradisional yang terbuat dari bahan utama tepung beras, tepung terigu, tepung tapioka, atau tepung sagu. Kemudian dicampur bersama bahan lain seperti santan dan gula. Keberadaan kue talam ini juga cukup mudah dijumpai di pasaran atau tempat yang menjual jajanan tradisional.

Rasanya yang enak dan memiliki rupa sedap dipandang, membuat kue ini jadi favorit banyak orang. Penasaran dengan resep talam ubi madu? Kalau begitu, simak resep dan langkah-langkahnya berikut ini, ya.

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Talam Ubi Madu, Jajanan Pasar Favorit yang Legitnya Awetinstagram.com/ubi_mas_kepri

Bahan:

  • 200 gram ubi madu kukus
  • 380 ml santan kental
  • 90 gram tepung beras
  • 100 gram gula pasir
  • 25 gram tepung tapioka 
  • 2 butir telur
  • 1 sdt garam 

2. Haluskan ubi kukus

Resep Talam Ubi Madu, Jajanan Pasar Favorit yang Legitnya Awetemerils.com

Untuk membuat adonan talam ubi, pertama-tama kamu harus mengolah bahan utama, yakni ubi madu. Kupas kulit ubi lalu cuci sampai bersih. Setelah itu kukus selama beberapa menit sampai ubi melunak. Nah, berikutnya hancurkan ubi madu dengan garpu sampai cukup halus.

3. Campur semua bahan

Resep Talam Ubi Madu, Jajanan Pasar Favorit yang Legitnya Awetbonappetit.com

Langkah berikutnya, masukan 50 gram tepung beras, 25 gram tepung tapioka, serta 2 butir telur ke dalam wadah besar. Aduk ketiga bahan tersebut sampai telur luruh, baru kemudian tambahkan ubi halus.

Selanjutnya tuangkan 200 ml santan kental ke dalam wadah, lalu aduk hingga semua bahan tadi tercampur merata. Tambahkan 100 gram gula pasir dan ½ sdt garam, aduk kembali hingga merata dan pastikan adonan tidak mengandung gumpalan.

Baca Juga: 6 Resep Jajanan Pasar Berbahan Dasar Labu Kuning yang Nikmat

4. Kukus talam sampai matang

Resep Talam Ubi Madu, Jajanan Pasar Favorit yang Legitnya Awetpartstown.com

Panaskan kukusan agar segera siap digunakan. Sementara itu siapkan cetakan talam ubi, kemudian tuang adonan talam ke masing-masing cetakan sebanyak ¾ bagian. Berikutnya kukus talam ubi sampai matang atau selama 10 menit.

5. Tambahkan topping lalu kukus lagi

Resep Talam Ubi Madu, Jajanan Pasar Favorit yang Legitnya Awetinstagram.com/pohon_bycikgugarang

Sambil menunggu adonan talam matang, kamu bisa membuat topping-nya dulu. Campurkan 180 santan kental bersama 40 gram tepung beras dan ½ sdt garam. Aduk sampai adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

Jika talam sudah matang, angkat lalu tuangkan adonan topping di atasnya sampai cetakan penuh. Kukus kembali selama 10 menit dan talam ubi siap disajikan!

Terlihat menggiurkan banget, 'kan? Warna dan bentuknya juga menarik dan sedap dipandang. Nah, kalau kamu ingin talam dengan warna yang berbeda, kamu tinggal menambahkan pewarna makanan saat mengaduk adonan. Maka jadilah kue tradisional talam ubi yang berwarna cantik.

Baca Juga: 6 Resep Jajanan Pasar dari Tepung Ketan, Enaknya Kebangetan!

Melodyna Melody Photo Verified Writer Melodyna Melody

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya