Comscore Tracker

Resep Taro Chiffon Cake yang Merekah Sempurna, Teksturnya Super Lembut

#IDNTimesFood Bikin kalap makan, nih!

Chiffon cake menjadi salah satu dari berbagai jenis cake yang digemari masyarakat. Kue ini memiliki ciri berupa tekstur yang super empuk dan lembut. Ada juga chiffon cake yang permukaannya dibuat merekah namun tetap memiliki tekstur yang sama.

Resep chiffon cake kali ini menggunakan varian rasa dari bubuk taro, nih. Agar tercipta chiffon cake yang empuk namun merekah sempurna, kita akan menggunakan teknik slit. Simak resepnya, ya!

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Taro Chiffon Cake yang Merekah Sempurna, Teksturnya Super Lembutilustrasi bahan-bahan (unsplash.com/@brandsandpeople)

Bahan-bahan:

  • 5 butir telur
  • 85 ml susu cair UHT
  • 60 ml minyak
  • 100 gram tepung protein rendah
  • 2 sdt taro powder
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sdm air lemon
  • ¼ sdt garam

2. Campur bahan-bahan untuk adonan

Resep Taro Chiffon Cake yang Merekah Sempurna, Teksturnya Super Lembutilustrasi mencampur bahan (unsplash.com/@moniqa)

Pertama, kocok kuning telur menggunakan whisk selama 1 menit. Setelah itu tuang susu dan minyak lalu aduk hingga bahan tercampur merata. Tambahkan tepung terigu dan bubuk taro yang sebelumnya sudah diayak. Aduk merata lalu sisihkan.

3. Mixer putih telur dan bahan lainnya sampai berbusa

Resep Taro Chiffon Cake yang Merekah Sempurna, Teksturnya Super Lembutilustrasi mengaduk adonan (unsplash.com/@donovan_valdivia)

Selanjutnya mixer putih telur, garam, dan air lemon hingga berbusa. Tambahkan gula secara bertahap sebanyak 3x sambil tetap di-mixer hingga mengembang dan berjejak. Masukkan kocokan telur ke dalam adonan pertama lalu aduk dengan spatula hingga merata.

Baca Juga: Resep Lemon Pound Cake yang Empuk, Gak Kalah Enak dari Kue Lain!

4. Tuang adonan ke dalam loyang lalu panggang dan slit permukaannya

https://www.youtube.com/embed/hdg1XLEMvw4

Siapkan loyang untuk chiffon cake yang sudah dialasi dengan baking paper. Tuangkan adonan ke dalam loyang lalu panggang dengan suhu api atas 160°C dan api bawah 140°C. Panggang selama 12 menit lalu slit permukaan kue dengan pisau secara menyilang agar saat matang kue merekah sempurna.

5. Panggang kembali kue sampai matang

Resep Taro Chiffon Cake yang Merekah Sempurna, Teksturnya Super Lembutilustrasi memanggang kue chiffon (instagram.com/linagui.kitchen)

Masukkan kembali kue ke dalam oven dengan pengaturan suhu atas 160°C dan suhu bawah 140°C. Panggang kue selama 35 menit sampai matang. Setelah kue matang, angkat dan diamkan dalam suhu ruang. Hentakkan loyang lalu balik kue kemudian keluarkan secara perlahan. Taro chiffon cake siap disajikan!

 

Cukup mudah membuat taro chiffon cake ini, 'kan? Sensasi empuk baik di bagian permukaan kue maupun di bagian dalamnya bisa bikin kamu kalap makan!

Baca Juga: Resep Cake Khas Jepang Ogura Pandan Cake, Lembut dan Wangi 

Melodyna Melody Photo Verified Writer Melodyna Melody

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya