Comscore Tracker

Resep Tumpeng Nasi Pandan, Aromanya Harum Cocok untuk Acara Syukuran

Gak kalah sedap dari tumpeng nasi kuning #LokalIDN

Acara syukuran umumnya digelar sebagai bentuk rasa syukur empunya rumah ketika ada peristiwa baik. Contohnya acara syukuran khitanan, pernikahan, kelahiran, ulang tahun, dan masih banyak lagi.

Dalam acara syukuran, peran tumpeng termasuk dalam kategori penting. Biasanya keberadaan nasi tumpeng dalam acara syukuran dianggap wajib ada. Walaupun acara ulang tahun sekarang kerap menggunakan kue, tapi ada juga yang tetap menyajikan nasi tumpeng.

Sesuai judul, kali ini kita akan membuat nasi tumpeng dengan berbagai isian. Berbeda dengan biasanya, kita akan menggunakan daun pandan untuk menciptakan warna hijau alami. Simak resepnya ya!

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Tumpeng Nasi Pandan, Aromanya Harum Cocok untuk Acara SyukuranUnsplash.com/Pierre Bamin

Bahan:

  • 700 gram beras
  • 27 lembar daun pandan
  • 300 ml santan kental
  • 1 sdm garam

Pelengkap:

  • Kering kacang teri
  • Tempe goreng
  • Pecel sayuran

2. Buatlah jus pandan

Resep Tumpeng Nasi Pandan, Aromanya Harum Cocok untuk Acara SyukuranInstagram.com/aymee_cakery

Langkah pertama adalah membuat jus daun pandan. Sebelum membuat jus pandan, silahkan cuci bersih daun pandan dengan air. Selanjutnya potong-potong menjadi beberapa bagian agar mudah dihaluskan. Banyaknya daun pandan yang digunakan adalah 25 lembar, sisakan 2 lembar lainnya.

Masukan potongan daun pandan ke dalam blender bersama 100 ml air. Mulai blender daun pandan sampai benar-benar halus. Selanjutnya tambahkan 400 ml air lagi lalu saring ampasnya.

Baca Juga: 7 Resep Nasi Warna-warni yang Nikmat, biar Gak Bosan Sama Nasi Putih

3. Cuci beras sampai bersih

Resep Tumpeng Nasi Pandan, Aromanya Harum Cocok untuk Acara Syukuranthespruceeats.com

Berikutnya adalah langkah membuat nasi tumpeng. Cuci beras beberapa kali, kemudian masukan ke dalam rice cooker. Kamu bisa menggunakan penanak nasi biasa jika tidak memiliki rice cooker ya.

4. Masak beras bersama santan dan jus pandan

Resep Tumpeng Nasi Pandan, Aromanya Harum Cocok untuk Acara SyukuranInstagram.com/nurhariyanti4

Sebagai pengganti air, tuangkan jus pandan, santan, garam, serta 2 lembar daun pandan. Masak nasi seperti biasa sampai matang dan airnya menyusut. Angkat lalu mulai cetak nasi berbentuk sesuka hati untuk dijadikan tumpeng.

5. Penyajian

Resep Tumpeng Nasi Pandan, Aromanya Harum Cocok untuk Acara SyukuranInstagram.com/yens.catering

Untuk penyajiannya, letakkan tumpeng nasi di tengah-tengah wadah. Selanjutnya letakkan lauk-pauk seperti kering kacang teri, tempe goreng, dan pecel sayur. Kamu bisa menambahkan lauk-lauk lainnya yang kamu inginkan ya.

Nasi tumpeng pandan yang harumnya menggoda siap dihidangkan dengan beragam lauk, deh. Yakin gak tertarik mencobanya di rumah?

Baca Juga: 5 Resep Aneka Tumpeng yang Siap Meriahkan Acara Ulang Tahun

Melodyna Melody Photo Verified Writer Melodyna Melody

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya