Comscore Tracker

Cara Membuat Lele Goreng Gurih Kering, Anti Meletup!

Dijamin lele gorengmu mirip sama yang di warung kaki lima

Penggemar lele goreng harus baca artikel satu ini nih. Kebanyakan lele goreng yang dijual di luar, terlebih di warung kaki lima memiliki rasa yang gurih dan tekstur kering dan kesat. Kamu pernah mencoba membuatnya atau kamu pernah mencoba tapi kapok karena minyak meletup-letup saat menggoreng?

Tips di bawah ini bakal kasih tahu kamu cara bikin lele goreng lezat khas warung kaki lima ditambah lagi gak perlu khawatir kena cipratan minyak panas. Catat caranya, yuk!

1. Memilih lele

Cara Membuat Lele Goreng Gurih Kering, Anti Meletup!louisianatravel.com

Mau belanja di tukang sayur, pasar, atau supermarket kamu wajib menanyakan kesegaran ikan lele yang kamu beli. Jangan sampai lele yang kamu beli sudah dikeluarkan dari freezer atau kulkas sisa kemarin.

Lele yang segar akan menghasilkan hidangan dengan cita rasa prima. Gak mau kan ternyata lele gorengmu baunya aneh? Ih...

2. Bersihkan lele

Cara Membuat Lele Goreng Gurih Kering, Anti Meletup!freshwater-fishing-news.com

Kamu bisa minta tolong penjual untuk membersihkan lele dan bagian dalamnya sehingga kamu gak perlu mengeluarkan jeroannya. Biar gak repot dan kamu tinggal membersihkannya.

Saat di rumah segera cuci lele beberapa kali hingga bersih sebelum disimpan. Jika kamu gak tahan dengan bau amisnya, bisa tambahkan air perasan jeruk nipis atau lemon.

Baca Juga: Resep Mangut Lele Khas Jawa Tengah yang Menggugah Selera, Sudah Coba?

3. Bumbui lele

Cara Membuat Lele Goreng Gurih Kering, Anti Meletup!theecologist.org

Setelah membersihkan lele, tiriskan dan siapkan bumbu yang akan dibalurkan. Kamu bisa menghaluskan bawang merah, bawang putih, garam, dan merica untuk bumbu. Jumlahnya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, ya.

Balurkan ke seluruh bagian ikan. Biarkan meresap sempurna atau setidaknya diamkan dalam kulkas semalam. Biar awet kamu bisa menyimpannya di chiller atau freezer.

4. Jangan membalik saat menggoreng

Cara Membuat Lele Goreng Gurih Kering, Anti Meletup!thespruceeats.com

Saatnya menggoreng lele. Sebelum menggoreng lele pastikan wajan dan minyak gak terkontaminasi dengan air karena hal tersebut bakal bikin kamu perang dengan minyak meletup.

Panaskan minyak yang banyak di dalam wajan, masukkan lele, dan pastikan ikannya tenggelam di dalam minyak. Jangan membolak-balik saat menggorengnya, ya! Kalau nekat, awas terkena cipratan minyak panas.

5. Tips ampuh anti meletup!

Cara Membuat Lele Goreng Gurih Kering, Anti Meletup!modernsurvivalblog.com

Nah, ini dia rahasianya. Kamu bisa menerapkan tips berikut ini:

  • Sebelum memasukkan lele, tambahkan garam ke dalam minyak dan jangan diaduk. Biarkan larut lalu masukkan lele ketika minyak sudah panas.
  • Bubuhkan sedikit tepung terigu ke dalam wajan, karena dipercaya untuk menyerap kadar air dalam minyak.
  • Menambahkan potongan jahe ke dalam wajan. Hal ini memiliki fungsi yang sama dengan tepung terigu.

Coba deh tips di atas agar lele gorengmu selezat warung kaki lima atau favoritmu. Lele goreng akan lebih nikmat jika disantap bersama nasi hangat, sambal terasi, dan aneka lalapan. Duh, jadi lapar!

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Kesalahan Saat Menggoreng Ini Bikin Minyak Menciprat

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya