Comscore Tracker

5 Tips Membuat Kaldu Pakai Magic Com, Gak Khawatir Gas Cepat Habis!

Tinggal pilih kaldu ayam atau sapi

Di pasaran sudah banyak banget yang namanya kaldu bubuk. Dari varian rasa dan harganya pun beragam, ada kaldu sapi atau ayam. Namun ada saatnya kamu pengin membuat kaldu sendiri di rumah. Dalam membuat kaldu bisa langsung sekalian banyak, lho. Kamu bisa menyimpannya di freezer agar awet lebih lama.

Kalau berniat bikin kaldu sendiri di rumah dan gak perlu khawatir gas kamu cepat habis karena memasaknya lama, ada caranya lho. Kamu bisa memasaknya di dalam magic com, begini caranya.

1. Siapkan bahan

5 Tips Membuat Kaldu Pakai Magic Com, Gak Khawatir Gas Cepat Habis!thomassixt.de

Bahan yang kamu perlukan tentu saja adalah sesuai selera, yaitu daging sapi atau ayam. Bedanya tentu saja daging sapi lebih keras sehingga kamu perlu memasaknya lebih lama. Kalau untuk membuat kaldu ayam kamu bisa membuat kaldu lebih cepat. Tinggal sesuaikan dengan pilihanmu untuk menentukan saat belanja nanti.

2. Tambahkan rempah

5 Tips Membuat Kaldu Pakai Magic Com, Gak Khawatir Gas Cepat Habis!bonebrothsouprecipe.com

Untuk membuat kaldu lebih sedap kamu bisa menambahkan rempah agar lebih sedap. Kalau kamu berencana untuk menggunakannya dalam memasak hidangan nusantara, bisa tambahkan cengkih, pala, kapulaga, kayu manis, atau jintan. Rempah ini bisa dibuat untuk kuah sup buntut.

Jika kamu mau membuat kaldu secara umum, bisa tambahkan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, lada, bawang prei, atau batang seledri.

Baca Juga: Resep Mudah Bikin Sushi Bergizi di Rumah, Lezat dan Hemat Nih!

3. Rebus daging terlebih dahulu

5 Tips Membuat Kaldu Pakai Magic Com, Gak Khawatir Gas Cepat Habis!cokhiviendong.com

Khususnya daging sapi, kamu perlu merebusnya sebentar. Rebus daging sapi hingga mendidih lalu buang airnya. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran pada daging. Bagian tertentu daging sapi memang disarankan untuk merebusnya dua hingga tiga kali terlebih dahulu.

Kalau daging ayam yang memiliki tekstur empuk, kamu hanya perlu mencucinya dengan bersih tanpa perlu merebusnya terlebih dahulu.

4. Pilih bagian dari daging

5 Tips Membuat Kaldu Pakai Magic Com, Gak Khawatir Gas Cepat Habis!turnerandgeorge.co.uk

Untuk kaldu sapi, bisa memilih bagian sapi seperti iga dan ekor. Keduanya memiliki kandungan lemak yang tinggi. Sehingga kaldu yang dihasilkan akan lebih sedap dan gurih. Keduanya perlu mengalami perebusan terlebih dahulu karena tekstur dagingnya yang keras.

Jika kamu mau membuat kaldu ayam, bisa pilih dada atau kaki ayam. Jika kamu memiliki tulang baik sapi maupun ayam, bisa ditambahkan untuk menambah rasa.

5. Membuat kaldu dengan mudah

5 Tips Membuat Kaldu Pakai Magic Com, Gak Khawatir Gas Cepat Habis!thesun.co.uk

Sesudah mengalami tahapan di atas, untuk kaldu ayam, masukkan ayam, rempah, dan air hingga 2/3 bagian dari panci magic com atau jumlah air sesuai dengan kebutuhan. Lalu tekan tombol 'cook' pada magic com kamu.

Untuk membuat kaldu sapi, langkahnya sama, masukkan daging sapi, air, dan rempah ke dalamnya. Isi hingga 2/3 bagian dari panci, namun untuk mengempukkan daging perlu waktu lebih lama. Sehingga kamu perlu mengecek secara berkala, jika airnya habis kamu perlu meambahkannya. Cek hingga daging empuk, sebagai contoh membuat kaldu dari berbahan ekor sapi perlu waktu sekitar 3 jam.

Daripada membuang waktu dan menghabiskan gas, mending kamu masak kaldu di dalam magic com saja. Kaldu daging bahkan bisa memakan waktu hingga 8 jam agar maksimal. Kamu bisa menambahkan minyak wijen agar kaldu lebih wangi.

Download aplikasi kuliner Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Kaldu Ayam Homemade, Bikin Tubuh Hangat Saat Musim Hujan

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya