Comscore Tracker

Resep Sate Martawi, Olahan Daging Lezat nan Istimewa Khas Cilacap

Sate martawi punya potongan daging yang jumbo, lho

Indonesia adalah negara yang kaya akan kuliner lezat. Salah satu hidangan Nusantara paling populer adalah sate.

Varian sate yang ada di Indonesia sendiri sangat beragam. Misalnya seperti sate lilit, sate maranggi, sate klatak, dan masih banyak lagi. Salah satu hidangan sate khas yang asalnya dari Kota Cilacap adalah sate martawi.

Ciri khas sate ini adalah ukuran dagingnya yang jumbo. Pada umumnya, sate cukup ditusuk dengan satu tusuk sate saja. Tapi, untuk khusus untuk sate martawi harus menggunakan dua tusuk agar dagingnya dapat ditarik sehingga bumbu sate bisa lebih meresap serta dagingnya lebih empuk.

Penasaran dengan proses pembuatannya? Berikut ini resep sate ayam martawi yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Simak, yuk! 

1. Bahan-bahan sate

Resep Sate Martawi, Olahan Daging Lezat nan Istimewa Khas Cilacapilustrasi daging segar (instagram.com/fridaymeatshop)

Sebelum mulai membuatnya, pastikan kamu sudah memiliki beberapa bahan-bahan memasak berikut ini, ya!

Bahan utama:

  • 500 gram daging ayam
  • 75 cc minyak goreng
  • Tusuk sate

Bahan bumbu halus:

  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt jintan
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas kecil kunyit
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdt garam

Bahan bumbu oles:

  • 5 sdm kecap manis
  • 3 sdm minyak goreng

Bahan bumbu kacang:

  • 100 gram kacang goreng
  • 100 cc air matang
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdt perasaan jeruk nipis
  • Bawang goreng secukupnya

2. Cuci dan potong-potong dagingnya. Lalu lumuri dengan bumbu yang telah disiapkan

Resep Sate Martawi, Olahan Daging Lezat nan Istimewa Khas Cilacapilustrasi daging potong dadu (instagram.com/meatarians)

Langkah pertama, cuci dagingnya terlebih dahulu. Lalu potong-potong daging dalam bentuk dadu. Untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan selera kita, biasanya potongan daging sate marawi berkisar antara 2-3 cm per satu potongan. 

Setelah itu kita siapkan bumbu halusnya. Haluskan bumbu memakai ulekan tradisional agar aroma rempah-rempahnya lebih terasa. Setelah halus, lumuri daging tadi dengan bumbu tersebut. Lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam agar bumbunya meresap sempurna ke dalam daging.

Baca Juga: Resep Sate Ayam Bumbu Merah ala Sate Ratu Yogyakarta yang Hits!

3. Tusuk daging yang telah dibumbui tadi dengan tusukan sate

Resep Sate Martawi, Olahan Daging Lezat nan Istimewa Khas Cilacapilustrasi sate martawi (instagram.com/satemartawi_rinjani)

Setelah satu jam dagingnya dibumbui, kita bisa lanjutkan proses memasak dengan daging dengan tusukan sate. Khusus untuk sate martawi, setiap satu tusuknya menggunakan dua tusuk sate sekaligus, ya. Masing-masing setiap tusukan terdiri dari 3-4 potong daging.

Setelah selesai, kita bisa siapkan bumbu olesnya. Campurkan minyak goreng dan kecap manis di dalam satu wadah. Setelah itu, jangan lupa siapkan bara api untuk proses membakar daging sate. 

4. Bakar sate dan siapkan bumbu pelengkapnya

Resep Sate Martawi, Olahan Daging Lezat nan Istimewa Khas Cilacapilustrasi membakar sate (instagram.com/cookingbehappy)

Selanjutnya kita bisa langsung membakar sate. Bakar sate sambil dibolak-balik dan sesekali diolesi dengan bumbu yang sudah disiapkan tadi. Jangan lupa, ujung tusuk sate sesekali juga ditarik berlawanan arah agar dagingnya sedikit merenggang sehingga bumbunya akan lebih meresap ke dalam daging sekaligus dagingnya menjadi lebih empuk.

Sambil menunggu proses pembakaran, kita bisa siapkan bumbu pelengkapnya juga, yakni bumbu kacang. Untuk membuatnya cukup haluskan kacang yang sebelumnya telah digoreng, lalu tambahkan air, bawang goreng, dan perasan air jeruk nipis. Lalu, masak bersama kecap manis sampai teksturnya sedikit mengental.

5. Sajikan sate dengan bumbu kacang dan kecap sebagai pelengkapnya

Resep Sate Martawi, Olahan Daging Lezat nan Istimewa Khas Cilacapilustrasi sate ayam martawi (instagram.com/makankeliling)

Setelah semuanya matang, siapkan piring dan segera hidangkan sate marawi. Sajikan sate bersama bumbu kacang untuk semakin mempercantik tampilan.

Kamu juga bisa menambahkan irisan cabai merah besar dan tomat sebagai pelengkap sesuai selera. Jangan lupa siapkan juga nasi putih atau lontong sebagai teman makan sate. Kini sate martawi khas Cilacap pun siap untuk dinikmati.

Itulah resep pembuatan sate martawi khas Cilacap. Selain rasanya yang lezat, sate ini juga mudah untuk dibuat, lho! Apalagi buat kalian para ibu yang suka berkreasi dengan masakan di dapur. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Sate Kikil Khas Angkringan Jogja, Rasanya Lezat dan Legit 

Moh Solihul Anshori Photo Verified Writer Moh Solihul Anshori

Menjadi lebih baik dari hari kemarin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya