Comscore Tracker

Resep Sup Kepala Ikan Salmon, Makanan Berkuah yang Menyehatkan

Menu makanan sehat dan nikmat

Makanan yang sehat identik dengan rasanya yang tidak lezat. Sebab menghindari beberapa penggunaan bumbu sehingga rasanya lebih ringan. 

Hal tersebut pun membuat orang-orang tertentu saja yang suka menu makanan sehat. Padahal, banyak sekali pilihan makanan bergizi dengan rasa yang juga lezat. Salah satunya adalah sup kepala ikan salmon.

Kepala ikan salmon biasanya diolah menjadi sup dengan kuah bening yang sedap. Selain sedap, gizinya juga cukup melimpah. Tak heran jika banyak yang menjadikan ikan salmon sebagai menu makanan sehat sehari-hari. Ingin coba membuatnya di rumah? Yuk, praktikkan resep di bawah ini.

1. Bahan-bahan

Resep Sup Kepala Ikan Salmon, Makanan Berkuah yang Menyehatkanbahan-bahan yang dibutuhkan (instagram.com/mirzadewirahadi)

Bahan-bahan utama: 

  • 4 kepala ikan salmon
  • 5 lembar jamur tiram, iris tipis 
  • 2 batang serai
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 lembar daun bawang, iris tipis 
  • 1 liter air
  • gula, garam, kaldu bubuk secukupnya

Bahan-bahan bumbu halus:

  • 7 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 5 buah cabai rawit

2. Cuci bersih kepala ikan salmon dan marinasi selama 15 menit

Resep Sup Kepala Ikan Salmon, Makanan Berkuah yang Menyehatkankepala ikan salmon segar (instagram.com/fresh.frozen.semarang)

Langkah pertama, siapkan empat buah kepala ikan salmon segar. Selanjutnya, cuci bersih dan marinasi kepala ikan salmon menggunakan perasan air jeruk nipis dan garam secukupnya. 

Marinasi kepala ikan salmon selama 15 menit. Tujuannya agar bau amis ikan salmon menghilang. Setelah itu bilas menggunakan air bersih. 

Baca Juga: Resep Sup Krim Salmon yang Bisa Jadi Inspirasi Menu Sahur

3 . Masak semua bumbu sup kepala ikan salmon sampai teksturnya empuk

Resep Sup Kepala Ikan Salmon, Makanan Berkuah yang Menyehatkanilustrasi menumis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Langkah berikutnya, panaskan air hingga mendidih. Lalu masukkan semua bumbu halus, bersama serai, daun jeruk, dan jamur. Kemudian masak hingga jamurnya layu.

Setelah itu, masukkan bahan utamanya, yaitu kepala ikan salmon. Masak kepala ikan salmon hingga teksturnya empuk. 

4. Tambahkan sup kepala ikan salmon dengan bumbu penyedap secukupnya

Resep Sup Kepala Ikan Salmon, Makanan Berkuah yang Menyehatkanilustrasi penyedap makanan (unsplash.com/Laura Mitulla)

Sembari menunggu kepala salmon matang, tambahkan juga masakan dengan bumbu penyedap. Kamu bisa menambahkan garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya. 

Jangan lupa sambil dicicipi untuk memastikan rasanya. Setelah dirasa pas, masukkan daun bawang dan masak sebentar sampai agak layu. 

5. Sajikan sup kepala ikan salmon bersama nasi putih hangat sebagai pelengkapnya

Resep Sup Kepala Ikan Salmon, Makanan Berkuah yang Menyehatkanilustrasi sup kepala ikan salmon (instagram.com/dapur_elyanis)

Setelah semua bahan matang, segera ambil mangkuk dan sajikan sup kepala ikan salmon selagi panas. Jangan lupa nasi putih hangat dan es teh manis sebagai pelengkapnya. 

Supaya makin menarik, bisa juga diberikan hiasan berupa potongan cabai merah besar atau buah tomat sesuai selera. Sup kepala ikan salmon pun siap untuk disantap. 

Itu dia resep sup kepala ikan salmon yang bisa kamu coba buat di rumah. Cocok bagi para ibu yang ingin menghidangkan masakan sehat bagi keluarga tercinta, nih. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Mudah Sup Salmon untuk Menu MPASI, Favorit Bayi!

Moh Sholihul Anshori Photo Verified Writer Moh Sholihul Anshori

Menjadi lebih baik dari hari kemarin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya