Resep Udang Goreng Saus Madu, Rasa Manis dan Gurihnya Bikin Ketagihan

Olahan udang sehat yang nikmat dan mudah dibuat, nih

Udang merupakan salah satu menu seafood favorit yang kerap diolah menjadi berbagai hidangan masakan. Selain karena rasanya yang gurih alami, kandungan gizi yang ada pada udang juga cukup melimpah.

Nah, bagi kamu pecinta hidangan dengan cita rasa manis, berikut ini ada olahan udang yang punya rasa gurih manis menyegarkan, yakni udang goreng saus madu. Cara membuatnya juga sangat mudah, lho! Jadi, buat kamu yang baru belajar memasak sangat direkomendasikan untuk mencoba mempraktikkan resep yang satu ini.

Langsung aja simak resepnya di bawah ini, yuk!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Udang Goreng Saus Madu, Rasa Manis dan Gurihnya Bikin Ketagihanilustrasi udang segar (instagram.com/segarbeku.id)

Sebelum mulai memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan sederet bahan yang dibutuhkan di bawah ini, ya!

Bahan utama:

  • 250 gram udang segar
  • 1sdm air jeruk nipis
  • 1sdt garam

Bahan saus madu:

  • 2 sdm lada
  • 1 sdt garam
  • 1sdt gula
  • 3 sdm mentega
  • 5 sdm madu
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 sdm cabai bubuk
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 batang daun bawang (iris tipis)
  • 3 siung bawang putih (iris tipis)

2. Cuci bersih udang, lalu marinasi dengan bumbu selama 15 menit

Resep Udang Goreng Saus Madu, Rasa Manis dan Gurihnya Bikin Ketagihanilustrasi udang yang telah bersih (instagram.com/barangdapurbasah)

Langkah pertama siapkan 250 gram udang segar. Lalu, kupas kulit udang dan buang bagian kepalanya. Kemudian, cuci sampai bersih dan simpan dalam wadah.

Selanjutnya, campurkan udang dengan perasan air jeruk nipis dan garam secukupnya. Biarkan sekitar 15 menit di suhu ruangan untuk menghilangkan aroma amis yang melekat pada udang. 

Baca Juga: Resep Udang Goreng Daun Jeruk, Wanginya Khas Banget!

3. Campurkan semua bahan saus madu, lalu tumis sampai harum

Resep Udang Goreng Saus Madu, Rasa Manis dan Gurihnya Bikin Ketagihanilustrasi menumis bumbu (instagram.com/rita_vanalia)

Sambil menunggu udang dimarinasi, siapkan saus madunya terlebih dahulu. Campurkan madu, lada, saus tiram, cabai bubuk, dan kecap asin dalam mangkuk, lalu aduk sampai tercampur rata. 

Setelah itu panaskan mentega dalam wajan. Kemudian, masukkan irisan bawang putih dan daun bawang. Tumis sampai tercium aroma harum masakan. Jika aroma harum sudah tercium, masukkan saus madu dan 1 sdm tepung maizena. Masak sampai tekstur saus mulai mengental. 

4. Masak udang bersama saus madu sampai empuk

Resep Udang Goreng Saus Madu, Rasa Manis dan Gurihnya Bikin Ketagihanilustrasi memasak udang saus madu (instagram.com/halizamaysuri)

Langkah berikutnya masukkan udang yang telah dimarinasi ke dalam saus madu. Lalu, tambahkan garam dan gula secukupnya.

Masak udang sampai empuk dan warnanya berubah kecoklatan. Jangan koreksi rasa terlebih dahulu, ya! Setelah rasanya pas, segera angkat dan sajikan. 

5. Hidangkan udang goreng saus madu dengan nasi putih sebagai pelengkapnya

Resep Udang Goreng Saus Madu, Rasa Manis dan Gurihnya Bikin Ketagihanilustrasi hidangan udang madu (instagram.com/yunita.restu.safitri)

Setelah semua bahannya matang, segera ambil piring dan sajikan udang goreng saus madu selagi panas. Jangan lupa siapkan nasi putih dan es teh manis sebagai pendamping terbaiknya, ya!

Agar hidangan makin menggugah selera, kamu bisa menambahkan garnish berupa irisan cabai merah besar atau tomat segar sesuai selera, ya! Disantap bersama sambal tomat atau sambal bawang juga nikmat banget, lho!

Resep udang goreng saus madu tersebut sangat praktis untuk dibuat, bukan? Selain mudah, menu olahan seafood yang satu ini tentu bakal jadi favorit baru anggota keluarga di rumah, nih! Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Cah Kangkung Udang, Menu Praktis dengan Cita Rasa Istimewa

Moh Sholihul Anshori Photo Verified Writer Moh Sholihul Anshori

Menjadi lebih baik dari hari kemarin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya