Comscore Tracker

Resep Manakeesh, Pizza-nya Timur Tengah untuk Menu Buka Puasa

#RamadanMasaKini rempahnya cocok dengan lidah Indonesia

Manakeesh merupakan makanan khas Timur Tengah yang memiliki kemiripan bentuk dengan Pizza dari Italia. Perbedaannya terletak di bahan bakunya, yaitu tepung terigu, madu dan gula yang dibentuk bulat pipih seperti pizza. Selain itu, terdapat minyak zaitun dan bumbu rempah yang identik dengan makanan rasa khas Timur Tengah. Manakeesh juga memiliki topping yang berbeda dari pizza pada umumnya, yakni keju putih dengan rasa asin atau keju jenis ackawi. Selain itu, ada daging cincang, irisan tomat dan saus pedas. Jika kamu sudah bosan dengan menu buk puasamu sehari-hari, cobalah resep Manakeesh berikut ini.

1. Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Manakeesh, Pizza-nya Timur Tengah untuk Menu Buka Puasahttps://goodfood.uktv.co.uk

Bahan yang diperlukan yaitu:

½ sdt jus lemon
2 sdm minyak zaitun
1 sdm gula pasir
3 gelas tepung terigu
4 sdm zaatar
1 sdt garam halus
2 sdt ragi kering
Madu secukupnya
1 gelas air putih hangat

Jika bahan-bahan sudah siap, yuk langsung masak.

2. Pembuatan adonan utama

Resep Manakeesh, Pizza-nya Timur Tengah untuk Menu Buka Puasahttps://healthandyum.me/

Pertama campurkan satu gelas air putih hangat dengan madu. Kemudian aduk  secara merata hingga larut. Lalu tambahkan ragi ke dalam air hangat yang sudah bercampur dengan madu. Aduk lagi merata sekitar 5 menit hingga muncul buih-buih busa. Selanjutnya masukkan tepung terigu dan garam lalu tuangkan dalam satu wadah mangkuk dan aduk hingga merata.Tambahkan campuran tepung terigu dan garam dalam wadah mangkuk dengan campuran air ragi dan minyak zaitun. Aduk dan uleni dengan tambahan sedikit air jika dirasa terlalu keras hingga menjadi adonan Manakeesh yang elastis dan lembut. Terakhir, adonan manakeesh yang sudah dibuat dibentuk bulat dan disimpan dalam mangkuk dengan tambahan sedikit olesan minyak. Tutup bagian atasnya dengan kain dan diamkan selama 90 menit lamanya sampai mengembang.

3. Tambahkan topping

Resep Manakeesh, Pizza-nya Timur Tengah untuk Menu Buka Puasahttps://www.simplyleb.com

Setelah adonan mengembang langkah berikutnya adalah menambahkan topping di atas adonan. Langkahnya yaitu dengan cara memipihkan adonan Manakeesh dibentuk seperti tampilan pizza pada umumnya. Kemudian siapkan bahan topping Manakeesh dengan cara mencampurkan zaatar dan minyak zaitun serta jus lemon. Aduk merata ketiga bahan tersebut, lalu tuangkan di atas adonan manakeesh tadi. Setelah merata adonan Manakeesh siap untuk dipanggang.

Baca Juga: 5 Resep Variasi Unik Pizza, Menggoda Banget Buat Disantap!

4. Panggang adonan hingga matang

Resep Manakeesh, Pizza-nya Timur Tengah untuk Menu Buka Puasahttps://cdn.vox-cdn.com

Jika di Timur Tengah manakeesh masih banyak dipanggang dengan oven tradisional, namun kamu dapat memanggangnya dengan oven mu di rumah. Panggang kurang lebih 15 menit dengan suhu 230˚ – 240˚ Celcius.

5. Manakeesh siap menemani buka puasamu

Resep Manakeesh, Pizza-nya Timur Tengah untuk Menu Buka Puasahttp://www.thespiceathome.com

Setelah matang keluarkan amnakeesh dari oven dan sajikan. Manakeesh siap menjadi teman buka puasa mu. Mau coba di rumah?

Baca Juga: 10 Makanan Lebaran Vegetarian Khas Timur Tengah

Muh Yunus Photo Writer Muh Yunus

Bertualang dalam Rindu dan Harap

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya