Comscore Tracker

Resep Banana Oatmeal Muffin, Gak Pakai Gula, Tepung, dan Minyak

Camilan rendah kalori saat lagi diet

Dessert atau makanan penutup kerap dikaitkan dengan makanan tinggi gula yang gak baik untuk kesehatan. Namun, dessert yang akan kita lihat proses pembuatannya kali ini berbeda, lho.

Menggunakan pisang, telur, dan oatmeal sebagai bahan utama, banana oatmeal muffin gak hanya kaya nutrisi, tapi juga lezat dan mengenyangkan. Cocok untuk kamu yang lagi diet, nih!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Banana Oatmeal Muffin, Gak Pakai Gula, Tepung, dan Minyakilustrasi oatmeal (unsplash.com/Jocelyn Morales)

Bahan-bahan:

  • 3 buah pisang ukuran besar yang sudah lebih matang
  • 2 butir telur
  • 150 gram maple syrup
  • 250 ml susu sapi rendah lemak atau susu nabati 
  • 2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt cinnamon powder
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • choco chips, sesuai selera

2. Campurkan pisang, telur, maple syrup, dan susu

Resep Banana Oatmeal Muffin, Gak Pakai Gula, Tepung, dan Minyakilustrasi menghancurkan pisang (instagram.com/healthyfoodhabit)

Hancurkan pisang dengan garpu sampai agak halus. Gunakan pisang yang lebih matang agar teksturnya lembut dan manis. Karena tak menggunakan mentega, pisang berfungsi sebagai agen yang membuat kuenya lebih lembut.

Setelah itu, tuang maple syrup, telur, vanila, sedikit cinnamon, dan susu, lalu aduk hingga tercampur rata. Jika tak memiliki maple syrup, kamu bisa gunakan madu sebagai alternatifnya. Selain susu sapi, susu nabati seperti almond milk, oat milk, dan soymilk juga bisa dijadikan bahan utama.

3. Aduk adonan muffin hingga merata

Resep Banana Oatmeal Muffin, Gak Pakai Gula, Tepung, dan Minyakilustrasi membuat adonan muffin (instagram.com/the.haven.of.rest)

Tambahkan baking powder ke oat sebagai agen pengembang kue. Raw oats dipilih sebagai bahan utama karena lebih kaya nutrisi dan mengenyangkan. Tambahkan juga garam untuk menyeimbangkan rasa dari muffin. Aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu, masukkan oat ke dalam campuran pisang, telur, susu, dan bahan basah lainnya. Aduk hingga semua bahan benar-benar menyatu. 

Baca Juga: Resep Cinnamon Pumpkin Muffin yang Terasa Lembut di Setiap Suapan

4. Cetak dan panggang kue sampai matang

Resep Banana Oatmeal Muffin, Gak Pakai Gula, Tepung, dan Minyakilustrasi mencetak banana oatmeal muffin (instagram.com/taralynnherzog)

Panaskan oven hingga bersuhu 170 derajat Celsius. Selagi menunggu panas, masukkan muffin hingga memenuhi 3/4 cetakan. Tambahkan choco chips ke atasnya. Namun, topping satu ini bersifat opsional. Kamu boleh menggantinya dengan pilihan lain.

Langkah selanjutnya, panggang adonan muffin selama 15-20 menit di suhu 170 derajat Celsius. Tunggu hingga adonannya cukup mengembang.

5. Banana oatmeal muffin pun siap disajikan

Resep Banana Oatmeal Muffin, Gak Pakai Gula, Tepung, dan Minyakilustrasi muffin pisang coklat (pixabay.com/cahiwak-15027132)

Keluarkan muffin dari oven dan tiriskan terlebih dahulu. Banana oatmeal muffin pun siap disantap.

Karena satu resepnya menghasilkan 12 muffin berukuran sedang dan 9 muffin berukuran kecil, kamu bisa menaruh sebagian di freezer untuk kemudian dihangatkan. Gampang banget!

Camilan lezat dan rendah kalori ini bisa dijadikan sebagai menu alternatif dessert yang lebih sehat. Proses pembuatannya juga antiribet. Jangan lupa dicoba, ya!

Baca Juga: 5 Kreasi Muffin Tape dengan Kombinasi Rasa Lokal, Mantul!

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya