Comscore Tracker

Resep Bolu Peca Khas Makassar yang Manis dan Lumer di Mulut

Kuah gula merah jadi kunci kenikmatannya

Saat berkunjung ke Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, kamu akan disuguhkan berbagai kuliner nikmat. Salah satunya bolu peca dengan rasanya yang manis dan lumer di mulut.

Bolu satu ini cukup unik, karena dimasak dalam rebusan gula merah hingga meresap. Gak heran kalau cita rasanya begitu manis, tapi gak berlebihan.

Kalau gak ada yang jual di dekat rumahmu, buatlah sendiri. Bahan yang digunakan mudah didapat, cara bikinnya pun praktis. Simak resep bolu peca khas Makassar berikut ini, deh!

1. Bahan-bahan membuat bolu peca

Resep Bolu Peca Khas Makassar yang Manis dan Lumer di MulutTepung terigu (bakingamoment.com)

Bahan utama:

  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung beras
  • 4 butir telur
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdm soda kue

Bahan kuah gula merah:

  • 400 gram gula merah
  • 700 ml air

2. Sangrai tepung terigu dan tepung beras

Resep Bolu Peca Khas Makassar yang Manis dan Lumer di MulutMenyangrai tepung (freefoodtips.com)

Siapkan wajan cekung di kompor, lalu nyalakan api kecil saja. Tuang seluruh tepung terigu ke dalam wajan. Aduk dan sangrai selama kurang lebih 15 menit hingga halus. Segera angkat dan sisihkan.

Selanjutnya, sangrai pula tepung beras dengan waktu yang sama. Lakukan sampai halus dan lembut, lalu sisihkan dalam wadah berbeda.

3. Aduk adonan telur dengan tepung

Resep Bolu Peca Khas Makassar yang Manis dan Lumer di MulutAdonan tepung dan telur (freepik.com)

Masukkan telur ke dalam wadah, lalu kocok dengan mikser hingga mengembang. Tambahkan baking soda dan gula pasir. Aduk kembali hingga tercampur merata.

Setelah adonan telur tercampur merata, masukkan tepung terigu dan tepung beras secara bergantian sambil diaduk. Tunggu sampai adonannya lembut dan tercampur rata.

Baca Juga: Resep Membuat Bolu Pandan Keju, Rasanya Manis dan Gurih Bikin Nagih

4. Kukus adonan bolu hingga mengembang

Resep Bolu Peca Khas Makassar yang Manis dan Lumer di MulutMengukus kue (unsplash.com/Jonathan Cooper)

Siapkan panci di atas kompor, lalu tuang air dan panaskan hingga mendidih. Tuang adonan ke dalam loyang yang dialasi baking paper.

Kukus adonan bolu selama kurang lebih 15-20 menit hingga matang dan mengembang. Kalau sudah matang, segera angkat dan dinginkan. Keluarkan dari loyang, lalu iris menjadi beberapa bagian.

5. Rebus potongan bolu dengan gula merah

Resep Bolu Peca Khas Makassar yang Manis dan Lumer di MulutBolu peca (instagram.com/risma_kitchenn)

Sisir gula merah, lalu tuang ke dalam panci berisi air. Rebus keduanya hingga larut merata sembari diaduk merata. Tunggu mengental dan mendidih.

Masukkan potongan bolu ke dalam kuah gula merah. Tunggu hingga kuah meresap ke dalam bolu, lalu angkat perlahan dan letakkan di piring. Bolu peca yang manis ini sudah bisa kamu nikmati, deh.

Pencinta kue manis pasti bakal ketagihan makan bolu peca khas Makassar ini. Kuah gula merahnya meresap sempurna, memanjakan lidah banget. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Tips Mudah Membuat Bolu Pisang yang Lembut dan Gak Bantat

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya