Comscore Tracker

Resep Es Sarang Burung Selasih, Menu Buka Puasa yang Nyegerin Banget

Kalau jajan di luar biasanya bikin batuk

Minuman dingin selalu menjadi pilihan sebagai menu buka puasa. Selain rasanya yang manis, minuman es seketika bikin rasa dahaga hilang.

Salah satu jenis minuman yang disukai banyak orang adalah es sarang burung, apalagi kalau ditambah selasih. Minuman ini cukup unik karena menggunakan agar-agar yang diparut sebagai bintangnya.

Menemukan minuman ini sebenarnya cukup mudah, apalagi selama Ramadan seperti ini. Namun, biasanya kalau beli di luar, seringkali bikin batuk. Mending bikin es sarang burung selasih sendiri di rumah, yuk! Berikut resepnya.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Es Sarang Burung Selasih, Menu Buka Puasa yang Nyegerin Bangetthespruceeats.com

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus agar-agar bubuk warna merah
  • 500 ml air
  • 5 sdm gula pasir
  • 500 gram melon, ambil daging buahnya
  • 2 buah kiwi
  • 2 sdm biji selasih
  • 300 ml sirup cocopandan, optional
  • es batu secukupnya

2. Campur agar-agar bubuk dengan gula pasir

Resep Es Sarang Burung Selasih, Menu Buka Puasa yang Nyegerin Bangetrecetasgratis.net

Siapkan panci di atas kompor, lalu tuang air secukupnya. Panaskan sebentar hingga mendidih, lalu masukkan agar-agar bubuk dan gula pasir ke dalamnya. Aduk-aduk hingga merata dan berubah warna menjadi sedikit kemerahan.

Setelah itu, biarkan adonan agar-agar matang dan mendidih. Segera angkat dan tuangkan ke dalam loyang persegi.

Biarkan agar-agar mengeras sebentar. Jika sudah, segera parut agar-agar menjadi memanjang dan letakkan ke dalam wadah. Sisihkan sebentar.

Baca Juga: Resep Slushy Timun dan Melon, Minuman Segar untuk Buka Puasa!

3. Potong-potong buah sesuai dengan selera

Resep Es Sarang Burung Selasih, Menu Buka Puasa yang Nyegerin Bangetwikihow.com

Siapkan talenan, lalu mulai kupas dan potong kiwi menjadi beberapa bagian. Kamu bisa menjadikannya tetap bulat ataupun berbentuk dadu, lalu sisihkan. Selanjutnya, belah melon dan ambillah seluruh daging buahnya menggunakan baller. Sisihkan.

Setelah itu, tuang air secukupnya ke dalam mangkuk. Masukkan biji selasih dan rendam di dalamnya hingga mengembang. Segera saring jika sudah mulai mengembang.

4. Tata seluruh komponen es sarang burung

Resep Es Sarang Burung Selasih, Menu Buka Puasa yang Nyegerin Bangetinstagram.com/semarangfoodmatters

Setelah seluruh komponen es sarang burung sudah siap, saatnya menatanya di dalam gelas saji. Siapkan gelas, masukkan es batu secukupnya, lalu buah melon dan kiwi ke dalamnya. Tambahkan pula parutan agar-agar ke dalamnya.

Tuang sirup cocopandan secukupnya ke dalam gelas. Tuang air sedikit demi sedikit hingga hampir penuh. Taburi dengan biji selasih di bagian atasnya. Es sarang burung selasih siap untuk disajikan.

Itulah resep mudah membuat es sarang burung selasih sebagai menu berbuka puasa yang menyegarkan. Dijamin energi yang hilang selama puasa langsung pulih kembali. Selamat mencoba!

Download aplikasi memasak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Es Timun Suri untuk Buka Puasa, Energi Seketika Pulih Kembali

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya