Comscore Tracker

Resep Kepiting Manis ala Restoran, Bumbunya Bikin Lidah Bergoyang

Di rumah aja, tapi tetap bisa makan ala restoran

Olahan seafood khas Indonesia sangat beragam. Salah satu jenis seafood yang paling disukai adalah kepiting. Meski cukup sulit mendapatkan dagingnya, hal ini gak menghalangi untuk tetap menikmati kelezatannya.

Nah, kali ini IDN Times akan berbagi resep membuat kepiting dengan bumbu manis. Cara bikinnya mudah dan praktis banget, kok. Yuk, simak resep kepiting manis berikut ini!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Kepiting Manis ala Restoran, Bumbunya Bikin Lidah Bergoyangunsplash.com/Mae Mu

Bahan utama:

  • 2 ekor kepiting
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 300 ml minyak goreng

Bahan bumbu:

  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 sdm kecap manis
  • 3 sdm saus tiram
  • 2 sdm mentega
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdt merica putih bubuk
  • garam secukupnya
  • air secukupnya

2. Cuci dan lumuri kepiting dengan air jeruk nipis

Resep Kepiting Manis ala Restoran, Bumbunya Bikin Lidah Bergoyangthespruceeats.com

Sebelum diolah, cuci dulu seluruh bagian kepiting sampai bersih. Jika sudah, tiriskan sebentar hingga kering.

Setelah itu, potong kepiting menjadi dua bagian sama besar. Masukkan ke dalam wadah, lalu lumuri dengan campuran air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Baca Juga: 10 Ide Kreasi Olahan Kepiting yang Mudah Dibuat dan Menggugah Selera

3. Tumis bawang bombay hingga harum

Resep Kepiting Manis ala Restoran, Bumbunya Bikin Lidah Bergoyangcookingclassy.com

Tuang sedikit minyak ke dalam wajan, lalu panaskan. Goreng kepiting sampai matang tanpa bumbu, lalu angkat dan tiriskan. Sisihkan sebentar.

Selanjutnya, tetap gunakan wajan bekas menggoreng kepiting. Panaskan mentega, lalu tumis cincangan bawang bombay dan bawang putih sampai layu. Tunggu sebentar hingga tercium aroma harum.

4. Masak kepiting dengan bumbu manis

Resep Kepiting Manis ala Restoran, Bumbunya Bikin Lidah Bergoyanginstagram.com/dinapusp

Tambahkan air ke dalam wajan, langsung aduk sampai tercampur merata. Masukkan pula saus tomat, kecap manis, saus, tiram, dan merica bubuk. Aduk kembali sampai berubah warna jadi sedikit kemerahan.

Setelah itu, masukkan kepiting yang sudah digoreng dan langsung aduk merata. Masak sampai kuahnya mengental dan meresap ke dalam kepiting. Jika sudah matang, segera angkat dan sajikan kepiting manis dengan nasi putih hangat.

Gimana, gampang banget kan bikin kepiting manis? Sekarang kamu bisa mengkreasikan kepiting menjadi masakan enak dan sedap ala restoran, deh. Selamat memasak!

Baca Juga: 7 Tips Memilih Kepiting yang Enak dan Segar, Dagingnya Banyak

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya