Comscore Tracker

Resep Membuat Kuping Gajah, Camilan Tradisional yang Gak Bikin Bosan

Cocok buat camilan saat kumpul keluarga, nih

Kuping gajah merupakan salah satu warisan jajanan tradisional Indonesia yang disukai hingga sekarang. Rasanya yang gurih-manis dengan tekstur renyah jadi alasan utamanya.

Apalagi sekarang ditambahkan warna-warna cerah yang menggemaskan. Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep kuping gajah di bawah ini. Gampang, kok.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Membuat Kuping Gajah, Camilan Tradisional yang Gak Bikin Bosanbakedbyanintrovert.com

Bahan-bahan:

  • 400 gram tepung terigu
  • 120 gram gula halus
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 2 sdm mentega
  • 1 butir telur
  • 100 ml santan
  • 1 sdt garam
  • 200 ml air

2. Campurkan adonan hingga kalis

Resep Membuat Kuping Gajah, Camilan Tradisional yang Gak Bikin Bosanthespruceeats.com

Siapkan wadah cukup besar, lalu campur tepung terigu, gula halus, mentega, dan garam. Aduk seluruh bahan tersebut hingga merata, lalu masukkan kocokan telur ke dalamnya. Aduk kembali hingga tercampur rata.

Selanjutnya, tuangkan santan secara perlahan-lahan ke dalam adonan sambil tetap diaduk. Jika sudah tercampur, tuang air matang ke dalam adonan. Aduk adonan sampai benar-benar halus dan kalis.

Baca Juga: 6 Resep Roti Goreng Enak yang Cocok untuk Camilan Santai Sore

3. Bagi adonan menjadi dua warna

Resep Membuat Kuping Gajah, Camilan Tradisional yang Gak Bikin Bosantheansweriscake.com

Setelah adonannya siap, bagi menjadi dua bagian sama rata. Campurkan satu bagian adonan dengan cokelat bubuk, aduk sampai merata. Untuk adonan satunya, biarkan saja tetap berwarna putih.

Selanjutnya, pipihkan adonan menggunakan rolling pin. Letakkan adonan pipih cokelat di atas adonan pipih putih. Tekan-tekan perlaha sesekali agar adonannya melekat sempurna. Masukkan adonan ke dalam kulkas selama satu jam.

4. Goreng adonan kuping gajah hingga kering

Resep Membuat Kuping Gajah, Camilan Tradisional yang Gak Bikin Bosaninstagram.com/puspasnack_

Jika adonan sudah cukup dingin dan melekat, segera keluarkan dari dalam kulkas. Pipihkan kembali adonan, lalu potong tipis menjadi beberapa bagian. Bentuk adonan menjadi bulat dengan cekungan. Lakukan hingga habis.

Selanjutnya, panaskan minyak agak banyak di dalam wajan hingga mendidih. Goreng adonan kuping gajah hingga matang dan berwarna kecokelatan. Jika sudah, segera matikan kompor dan tiriskan. Masukkan kuping gajah ke dalam stoples saat sudah dingin.

Itulah resep praktis membuat camilan kuping gajah yang renyah. Camilan ini cocok banget disajikan saat akhir pekan, dijamin keluargamu pasti suka. Selamat mencoba!

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Membuat Keripik Tahu, Camilan Renyah Penghilang Rasa Bosan

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya