Comscore Tracker

Resep Putu Ayu Ubi Ungu, Begini Cara Membuatnya yang Enak

Tampilannya lebih unik dan menarik, nih

Putu ayu menjadi salah satu jajanan pasar yang terkenal unik dan nikmat. Selain karena teksturnya lembut, bentuk kue ini pun sangat cantik, mirip kelopak bunga yang mekar. Warna kehijauannya membuat putu ayu semakin menggugah selera.

Namun, tahukah kamu kalau putu ayu juga bisa berwarna ungu? Yap, tinggal ditambahkan ubi ungu halus, putu ayu bakal terlihat berbeda.

Daripada penasaran gimana rasa putu ayu ubi ungu, yuk langsung bikin aja di rumah! Berikut resep putu ayu ubi ungu untuk panduanmu.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Putu Ayu Ubi Ungu, Begini Cara Membuatnya yang Enakmisskyra.com

Bahan-bahan:

  • 150 gram tepung terigu
  • 100 gram ubi ungu
  • 140 gram gula pasir
  • 10 gram ovalet
  • 2 butir telur
  • 150 ml santan
  • 1/2 sdt baking powder
  • garam secukupnya
  • pewarna ungu secukupnya

2. Aduk ubi ungu bersama santan

Resep Putu Ayu Ubi Ungu, Begini Cara Membuatnya yang Enakmrspskitchen.net

Kupas kulit ubi ungu sampai bersih, lalu potong menjadi beberapa bagian yang cukup besar. Panaskan panci dan masukkan potongan ubi ungu ke dalamnya. Kukus ubi selama 20 menit sampai lunak.

Selanjutnya, campur ubi ungu yang sudah dikukus bersama santan dan sedikit pewarna ungu. Aduk dan haluskan ubi sampai lembut, lalu aduk perlahan sampai tercampur merata.

Baca Juga: Resep Membuat Kue Putu Belanda yang Lembut dan Lumer di Mulut 

3. Campur tepung terigu dengan bahan lain

Resep Putu Ayu Ubi Ungu, Begini Cara Membuatnya yang Enaktimesofindia.com

Ayak tepung terigu dan baking powder sampai halus ke dalam wadah, lalu sisihkan. Campur telur, gula pasir, ovalet, dan garam ke wadah berbeda. Aduk menggunakan mixer sampai mengembang dan berwarna putih.

Setelah itu, masukkan campuran ubi dan tepung secara bertahap ke dalam adonan telur. Aduk cukup menggunakan spatula saja sampai tercampur rata. Hentikan mengaduk apabila adonan sudah lembut.

4. Tuang adonan ke cetakan, lalu kukus

Resep Putu Ayu Ubi Ungu, Begini Cara Membuatnya yang Enakinstagram.com/dewireni25_g258cakes

Olesi cetakan putu ayu dengan sedikit mentega sampai merata. Kemudian, tuang adonan ke dalam cetakan sampai penuh. Lakukan proses menuang ini sampai adonannya habis.

Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam panci kukusan yang sudah dipanaskan. Kukus selama kurang lebih 15-20 menit, tunggu hingga mengembang. Jika sudah, segera angkat dan keluarkan dari cetakan. Putu ayu ubi ungu siap dinikmati.

Itulah cara membuat kue putu ayu ubi ungu yang empuk dan lembut. Jajanan klasik ini pas banget kamu bikin untuk camilan saat kumpul keluarga, dijamin laris manis, deh!

Baca Juga: Resep Putu Ayu Pandan, Lembutnya Terasa Meleleh di Dalam Mulut

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya