Comscore Tracker

Resep Apem Selong yang Gurih dan Empuk, Begini Cara Membuatnya!

Terapkan pula tipsnya, biar lebih sedap

Meski sedang digempur berbagai makanan kekinian, jajanan tradisional masih eksis hingga kini. Salah satunya adalah kue apem yang lembut dan wangi. Kue yang terbuat dari tepung beras ini biasanya disajikan saat perayaan Tahun Baru Islam.

Terdiri dari banyak jenis, apem selong jadi salah satu yang paling digemari. Apalagi bagian pinggirnya yang berwarna cokelat terasa krispi banget. Orang menyebutnya sebagai sarang.

Sekilas memang terlihat sulit membuatnya, namun padahal tidak. Kamu bisa membuat apem selong dengan praktis dengan resep di bawah ini, lho!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan  

Resep Apem Selong yang Gurih dan Empuk, Begini Cara Membuatnya!usarice.com

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung beras
  • 50 gram tepung tapioka
  • 200 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 500 ml santan
  • 100 ml air kelapa
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 lembar daun pandan
  • vanili bubuk secukupnya

2. Rebus santan hingga mendidih  

Resep Apem Selong yang Gurih dan Empuk, Begini Cara Membuatnya!detoxinista.com

Tuang santan ke dalam panci, lalu masukkan pula daun pandan yang sudah diikat. Nyalakan kompor dan rebus santan hingga mendidih. Aduk sesekali agar santannya gak pecah dan hangus. Jika sudah, matikan kompor dan biarkan dingin.

Selanjutnya, siapkan wadah, lalu masukkan ragi instan dengan air kelapa. Aduk sampai merata, lalu diamkan sebentar hingga terlihat berbusa.

Baca Juga: Resep Membuat Apem Tape Gula Merah yang Legitnya Bikin Lidah Bergoyang

3. Campur bahan sampai menjadi adonan  

Resep Apem Selong yang Gurih dan Empuk, Begini Cara Membuatnya!inspiredtaste.net

Masukkan tepung beras, tepung tapioka, dan gula pasir ke dalam wadah. Kemudian, tuang santan sedikit demi sedikit dan aduk sampai merata. Tambahkan pula kocokan telur dan vanili bubuk ke dalam adonan.

Setelah itu, masukkan campuran air ragi dan air kelapa yang sudah berbusa ke dalam adonan tepung. Aduk kembali menggunakan whisk agar lebih cepat tercampur. Tutup adonan apem dengan serbet selama kurang lebih sejam, agar lebih mengembang.

4. Masak apem selong di dalam cetakan  

Resep Apem Selong yang Gurih dan Empuk, Begini Cara Membuatnya!instagram.com/moucup

Siapkan cetakan apem di atas kompor, olesi dengan sedikit mentega dan panaskan. Tuang satu sendok sayur adonan, kemudian tekan bagian punggung sendok sampai tepi adonan membentuk renda.

Selanjutnya, tutup cetakan dan masak hingga matang dan tepi kuenya berubah warna menjadi kecokelatan. Jika sudah matang, lakukan proses masaknya sampai adonan habis. Sajikan apem selong selagi masih hangat, ya.

5. Tips membuat apem selong yang lembut  

Resep Apem Selong yang Gurih dan Empuk, Begini Cara Membuatnya!instagram.com/tita_tetatitoet

Demi mendapatkan rasa dan tekstur apem selong yang tepat, kamu membutuhkan tips yang ampuh. Berikut beberapa tips membuat apem selong yang bisa kamu terapkan nantinya.

  1. Gunakan ragi dan air kelapa yang masih baru. Dengan begitu, apemmu bakal memiliki serat yang bagus.
  2. Masak apem selong di wajan cekung. Itu bertujuan agar kamu lebih mudah saat membentuk bagian tepi apemnya.
  3. Hindari dimasak terlalu lama, karena bisa membuat bagian tepi atau rendanya jadi keras dan gosong, lho.

Itulah resep membuat kue apem selong, jajanan tradisional yang jadi incaran banyak orang. Manis dan lembutnya pas, dijami bikin kamu ketagihan sejak gigitan pertama, deh. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Sate Donat Tanpa Telur, Begini Cara Membuatnya yang Enak

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya