Comscore Tracker

Resep Ayam Plecing yang Sedap, Sensasi Pedasnya Bikin Nagih! 

Pencinta makanan pedas pasti bakal suka banget, nih

Kalau biasanya bumbu plecing selalu melekat pada kangkung, kini kamu bisa mengkreasikannya dengan daging ayam. Kuliner khas Lombok, yakni ayam plecing sudah populer hingga level mancanegara.

Rasanya yang pedas dengan daging yang empuk membuatmu gak bisa berhenti makan. Gak perlu jauh-jauh terbang ke Lombok, kamu bisa bikin ayam plecing yang enak sendiri di rumah.

Bahan yang dibutuhkan sangat praktis dan mudah didapat. Simak resep ayam plecing selengkapnya berikut ini, ya!

1. Bahan-bahan yang diperlukan  

Resep Ayam Plecing yang Sedap, Sensasi Pedasnya Bikin Nagih! iheartnaptime.com

Bahan utama:

  • 1 kg daging ayam
  • 4 buah jeruk limau
  • 3 ikat kemangi, ambil daunnya
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk

Bahan bumbu halus:

  • 15 buah cabai merah
  • 7 buah cabai rawit merah
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 buah terasi
  • 4 buah kemiri
  • 1 sdt gula merah
  • garam secukupnya
  • penyedap secukupnya

2. Presto daging ayam hingga lunak  

Resep Ayam Plecing yang Sedap, Sensasi Pedasnya Bikin Nagih! allrecipes.com

Siapkan talenan di atas meja, lalu potong daging ayam menjadi beberapa bagian. Jika bisa, bagi menjadi sepuluh potong sama besar, ya. Kemudian, letakkan dalam wadah dan cuci dengan air mengalir hingga bersih.

Setelah itu, masukkan potongan daging ayam ke dalam panci presto. Nyalakan kompor, lalu masukkan air perasan jeruk limau, penyedap, dan garam ke dalamnya. Pastikan daging ayam sampai terendam.

Baca Juga: Resep Plecing Kangkung Sambal Dadak, Pedasnya Bikin Ketagihan

3. Masukkan bumbu halus dan daun kemangi  

Resep Ayam Plecing yang Sedap, Sensasi Pedasnya Bikin Nagih! onceuponachef.com

Sembari menunggu daging ayam, masukkan seluruh bahan bumbu halus ke dalam food processor. Haluskan semua bahan itu hingga lembut.

Selanjutnya, masukkan bumbu halus tersebut ke dalam panci presto setelah berjalan sepuluh menit. Tambahkan pula daun kemangi secukupnya, lalu aduk daging ayam perlahan hingga tercampur merata.

4. Masak ayam di atas teflon  

Resep Ayam Plecing yang Sedap, Sensasi Pedasnya Bikin Nagih! seriouseats.com

Apabila bumbu halus sudah meresap ke dalam daging, segera matikan kompor. Kemudian, siapkan teflon di atas kompor, berikan sedikit minyak. Panaskan minyak hingga mendidih, lalu bakar daging ayam.

Setelah itu, bolak-balik ayam hingga matang dan empuk secara merata. Apabila sudah selesai, segera angkat dan sajikan di atas piring. Berikan sisa bumbu plecing yang ada di dalam panci di atas daging ayam.

5. Tips memilih daging ayam yang segar  

Resep Ayam Plecing yang Sedap, Sensasi Pedasnya Bikin Nagih! mashed.com

Untuk mendapatkan tekstur empuk pada ayam plecing, kamu harus bisa memilih daging ayam dengan tepat. Biar gak salah pilih, berikut tips memilih daging ayam yang segar dengan kualitas terbaik.

  1. Perhatikan tekstur daging ayam dengan memegangnya. Pilih daging ayam yang gak terlalu lembek dan berair.
  2. Dari segi warna, daging ayam yang segar terlihat berwarna merah muda atau purih kemerahan. Kalau sudah pucat atau kehitaman, itu berarti sudah terlalu lama di udara terbuka.
  3. Cium aroma daging ayam dengan seksama. Kalau tercium bau anyir, maka daging ayam sudah gak layak dikonsumsi. Pilih yang beraroma khas ayam, namun gak anyir.

Itu dia resep membuat ayam plecing dengan rasa pedasnya yang menggigit. Terdapat pula tips memilih daging ayam yang bisa kamu terapkan. Semoga hasilnya enak dan lezat, ya!

Baca Juga: 9 Olahan Ayam Khas Lombok yang Wajib Jadi Bucket List Kulineranmu

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya