Comscore Tracker

Resep Bubur Jagung yang Menggugah Selera, Menu Sarapan Enak!

Simpel, praktis, dan lezat banget

Jagung adalah salah satu sumber karbohidrat yang menyehatkan. Beragam menu masakan bisa dipadukan dengan sayuran kuning ini. Namun, gak melulu jadi pendamping, jagung bisa kamu jadikan bubur yang nikmat, lho.

Berbeda dengan bubur beras yang bercita rasa gurih dan asin, bubur jagung lebih manis. Biar lebih bertekstur, biasanya bubur ditambahkan dengan pipilan jagung.

Cocok banget buat menu sarapan anak, cara membuat bubur jagung tidaklah sulit. Kamu cukup mempraktikkannya dengan resep di bawah ini. Dijamin enak dan lembut banget, deh!

1. Bahan-bahan yang diperlukan  

Resep Bubur Jagung yang Menggugah Selera, Menu Sarapan Enak!thegunnysack.com

Bahan-bahan:

  • 3 buah jagung manis
  • 700 ml santan
  • 200 ml susu cair
  • 130 gram gula pasir
  • 5 sdm tepung beras
  • 2 lembar daun pandan
  • garam secukupnya

2. Haluskan pipilan jagung sampai lembut  

Resep Bubur Jagung yang Menggugah Selera, Menu Sarapan Enak!mexicanplease.com

Kupas kulit dan serabut jagung sampai bersih. Kemudian, cuci jagung dengan air mengalir sampai bersih. Letakkan jagung di atas talenan dan tunggu sampai benar-benar kering.

Selanjutnya, pipili jagung sampai habis dan masukkan ke dalam wadah. Kamu bisa menggunakan pisau agar lebih cepat dan praktis. Kemudian, masukkan 3/4 pipilan jagung ke dalam food processor dan haluskan sampai lembut.

Baca Juga: 5 Ragam Menu Waffle Lembut dan Cocok untuk Sarapan, Yuk Cicipin!

3. Masak jagung dengan santan dan susu  

Resep Bubur Jagung yang Menggugah Selera, Menu Sarapan Enak!pinchofyum.com

Siapkan panci dia atas kompor, lalu tuang santan, gula pasir, garam, dan daun pandan ke dalamnya. Panaskan sampai santannya mendidih, lalu aduk sesekali agar larut dan tercampur merata.

Apabila santan sudah mendidih, segera masukkan jagung yang sudah dihaluskan ke dalamnya. Aduk dengan spatula sampai tercampur rata, lalu masukkan pipilan jagung dan susu cair. Masak sampai jagung pipilnya terlihat matang.

4. Tuang tepung beras ke dalam adonan  

Resep Bubur Jagung yang Menggugah Selera, Menu Sarapan Enak!instagram.com/dapurkakzura

Kecilkan api dan tunggu sampai mendidih. Kemudian, masukkan larutan tepung beras ke dalam adonan dan langsung diaduk. Aduk sampai teksturnya agak berat dan mengental sempurna.

Selanjutnya, berikan sejumput garam dan aduk kembali agar merata. Tunggu sampai buburnya meletup-letup dan mengental. Jika sudah, segera angkat dan sajikan bubur jagung ini sebagai menu sarapanmu.

5. Begini cara memilih jagung manis yang segar  

Resep Bubur Jagung yang Menggugah Selera, Menu Sarapan Enak!thekitchn.com

Berbeda dengan jagung lainnya, kamu gak bisa sembarangan dalam memilih jagung manis. Biar gak salah pilih, simak tips memilihnya berikut ini.

  1. Perhatikan warna rumbainya yang menjuntai di bagian ujung. Pilihlah yang warnanya masih kuning kecokelatan dan sedikit lengket.
  2. Usia dan kesegaran jagung manis bisa terlihat dari kulitnya. Pilih yang masih hijau dan tampak kencang. Hindari memilih yang sudah robek, ya!
  3. Perhatikan pula tampilan biji jagungnya. Ambil yang warna bijinya kuning cerah tanpa adanya bagian yang terlepas.

Itulah resep mudah membuat bubur jagung yang lembut dan bikin tubuh hangat. Cocok banget kamu nikmati saat musim hujan seperti ini, dijami badan langsung rileks, deh. Terapkan pula tips yang ada di atas, ya!

Baca Juga: 5 Menu Lezat Berbahan Pisang yang Cocok untuk Sarapan, Lezat Banget!

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya