Comscore Tracker

Resep French Toast Srikaya, Menu Sarapan Sederhana yang Nikmat 

Biar gak melulu pakai isian meses atau keju

Roti kerap dipilih karena dirasa lebih praktis dan efektif. Apalagi kalau kamu tipe orang yang terburu-buru, roti bakar sudah pasti jadi penyelamatmu. Nah, biar gak melulu pakai selai cokelat, coba deh membuat roti bakar srikaya.

Meski namanya srikaya, selai ini gak terbuat dari buah tersebut, lho. Rasanya jauh lebih nikmat, sensasi manis dan gurihnya bakal terasa banget. Yuk, simak resep membuat roti bakar srikaya berikut ini!

1. Bahan-bahan yang diperlukan  

Resep French Toast Srikaya, Menu Sarapan Sederhana yang Nikmat bakingamoment.com

Bahan utama:

  • 4 lembar roti tawar
  • 200 ml susu cair
  • 2 butir telur
  • 2 sdm palm sugar
  • mentega secukupnya

Bahan selai srikaya:

  • 6 butir kuning telur
  • 300 ml santan kental
  • 180 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • garam secukupnya

2. Buatlah selai srikaya terlebih dahulu  

Resep French Toast Srikaya, Menu Sarapan Sederhana yang Nikmat nutmegandvinegar.com

Masukkan santan, daun pandan, garam, dan gula pasir ke dalam panci. Panaskan dengan api kecil, lalu aduk perlahan secara satu arah saja sampai seluruh bahannya merata dan gulanya larut.

Setelah itu, ambil satu sendok sayur santan dan masukkan ke dalam kuning telur, lalu aduk merata. Kemudian, masukkan kuning telur itu ke dalam panci santan dan berikan ekstrak vanila. Aduk terus sampai mengental, lalu segera angkat jika sudah matang.

Baca Juga: Resep Ketan Srikaya yang Lembut dan Legit untuk Sajian Lebaran

3. Oleskan roti tawar dengan selai  

Resep French Toast Srikaya, Menu Sarapan Sederhana yang Nikmat unsplash.com/jonasjacobsson

Setelah selai srikaya sedikit mendingin, ambil beberapa lembar roti tawar sesuai selera. Oleskan dengan selai srikaya hingga merata dengan bantuan garpu atau pisau. Tumpuk roti tawar dan tekan bagian tengah roti secukupnya

Selanjutnya, tuang susu cair, palm sugar, dan telur ke dalam wadah. Aduk seluruh bahan tersebut hingga tercampur merata. Biarkan sebentar.

4. Panggang roti hingga kecokelatan dan garing  

Resep French Toast Srikaya, Menu Sarapan Sederhana yang Nikmat barefeetinthekitchen.com

Celupkan roti yang sudah terisi dengan selai srikaya ke dalam adonan susu. Baluri seluruh bagian roti hingga sempurna. Jika memungkinkan, rendam roti tersebut dengan adonan susu hingga tertutupi.

Setelah itu, panaskan teflon di atas kompor dengan sedikit mentega. Biarkan sampai meleleh, lalu panggang roti yang sudah dilapisi adonan susu hingga berwarna kecokelatan. Jika sudah matang, segera angkat dan sajikan dengan siraman madu dan mentega.

5. Tips membuat roti bakar yang sedap  

Resep French Toast Srikaya, Menu Sarapan Sederhana yang Nikmat thekitchn.com

Membuat roti bakar tentu dirasa mudah, namun masih banyak yang mengalami kegagalan dari segi rasa dan tampilan. Nah, biar roti bakar buatanmu tetap terasa nikmat, cobalah terapkan beberapa tips berikut ini.

  1. Pastikan kamu memilih jenis roti yang tepat, karena bisa mempengaruhi tekstur dan rasanya. Kalau lebih suka bagian tengahnya lembut saat sudah matang, pilih roti tawar yang agak tebal.
  2. Hindari memberikan isian selai atau meses terlalu banyak. Meski terasa nikmat, durasi memanggangmu bakal jauh lebih lama, lho.
  3. Panaskan terlebih dahulu teflon untuk memanggangnya. Berikan sedikit mentega dan biarkan meleleh terlebih dahulu, baru masukkan roti.
  4. Jangan sesekali memanggang roti dengan minyak goreng. Minyak bakal meresap dan membuat hasilnya gak renyah.

Itu dia resep membuat roti bakar srikaya yang mudah dengan rasa yang luar biasa nikmat. Sekarang kamu bisa lebih berkreasi deh untuk menyiapkan menu sarapan untuk keluarga. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Roti Sobek Cokelat ala Sari Roti, Cara Bikinnya Gampang 

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya