Comscore Tracker

Resep Kue Kukus Gula Merah yang Lembut dan Mekar Sempurna, Enak Abis!

Nikmat banget dinikmati bareng secangkir teh hangat

Indonesia memiliki banyak variasi bolu nikmat yang biasa disajikan saat acara spesial. Salah satu yang paling digemari adalah bolu kukus gula merah. Rasa manis dengan tekstur empuknya bikin jatuh cinta saat gigitan pertama.

Selain itu, warnanya yang kecokelatan bikin penampilannya makin menarik. Kalau kamu belum pernah membuatnya, berikut resep mudah bikin bolu kukus gula merah. Aroma sedapnya bikin air liurmu menetes duluan, deh!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan  

Resep Kue Kukus Gula Merah yang Lembut dan Mekar Sempurna, Enak Abis!blancoparmandif.com

Bahan-bahan:

  • 125 gram tepung terigu
  • 75 gram gula merah
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 50 ml minyak sayur
  • 2 lembar daun pandan
  • air secukupnya

2. Ayak tepung hingga halus  

Resep Kue Kukus Gula Merah yang Lembut dan Mekar Sempurna, Enak Abis!bobsredmill.com

Siapkan dua mangkuk cukup besar di atas meja, lalu masukkan tepung terigu, baking powder, baking soda, dan garam di salah satunya. Aduk menggunakan sendok sampai semua bahan kering tercampur merata.

Selanjutnya, ayak campuran tepung tersebut ke dalam wadah satunya sampai halus. Kemudian, siapkan talenan di atas meja dan mulailah menyisir gula merah tipis-tipis sampai habis.

Baca Juga: Resep Kue Pancong Keju Khas Betawi yang Lembut dan Lumer di Lidah

3. Rebus daun pandan bersama gula merah  

Resep Kue Kukus Gula Merah yang Lembut dan Mekar Sempurna, Enak Abis!snapguide.com

Siapkan panci di atas kompor, lalu tuang air, gula pasir, gula merah yang sudah disisir, dan daun pandan. Nyalakan kompor dan rebus seluruh bahan tersebut sampai tercampir merata. Tunggu hingga mendidih, lalu angkat dan dinginkan.

Setelah itu, letakkan panci kukusan di atas kompor dan tuang air ke dalamnya. Panaskan sampai beruap banyak, lalu alasi tutup panci dengan kain agar air uapnya tidak berjatuhan. Siapkan pula cetakan bolu kukus dengan memberikan baking paper.

4. Campur tepung dengan adonan gula merah  

Resep Kue Kukus Gula Merah yang Lembut dan Mekar Sempurna, Enak Abis!familyfreshmeals.com

Pecahkan telur dan ambil bagian kuningnya saja, lalu letakkan ke dalam wadah. Masukkan pula larutan gula merah diikuti dengan campuran tepung terigu. Aduk menggunakan mixer sampai tercampur rata dengan kecepatan sedang.

Selanjutnya, masukkan minyak sayur ke dalam adonan. Langsung aduk kembali agar dapat menyatu dengan mudah. Jika sudah, biarkan adonan selama kurang lebih 15 menit, agar lebih mengembang.

5. Masak bolu kukus sampai mengembang  

Resep Kue Kukus Gula Merah yang Lembut dan Mekar Sempurna, Enak Abis!instagram.com/aneka_kue_aulia

Masukkan adonan bolu kukus ke dalam cetakan sampai penuh dan habis. Tata bolu kukus ke dalam panci kukusan yang sudah panas dengan memberikan jarak. Tutup panci dan kukus.

Setelah itu, tunggu bolu terkukus selama kurang lebih 20-30 menit. Biarkan mengembang secara sempurna, lalu angkat dan keluarkan bolu dari cetakan apabila sudah mulai dingin. Sajikan bolu kukus gula merah dengan secangkir teh hangat, ya!

Ikuti resep dan cara membuat bolu kukus gula merah di atas, dijamin hasilnya bakal sempurna, deh. Kue ini cocok banget kamu sajikan saat acara spesial, seperti syukuran dan arisan. Laris manis, deh!

Baca Juga: Resep Kue Lumpur Pandan yang Lembut, Aromanya Sedap Banget

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya