Comscore Tracker

Resep Masak Nasi Goreng Terasi, Aromanya Bikin Air Liur Menetes! 

Pastikan terasi yang digunakan masih segar, ya

Nasi goreng kerap jadi penyelamat saat sarapan. Sebab, membuat nasi goreng sangat praktis dan efektif bagi kamu yang terburu-buru. Gak selalu dibumbui dengan kecap manis atau cabai, kamu bisa mengkreasikannya dengan terasi.

Rasa dan aroma terasi yang khas dijamin membuat nasi goreng terasa lebih nikmat. Jika bosan dengan nasi goreng yang itu-itu saja, cobalah membuat nasi goreng terasi dengan resep berikut ini, ya!

1. Bahan-bahan yang digunakan  

Resep Masak Nasi Goreng Terasi, Aromanya Bikin Air Liur Menetes! simpleandseasonal.com

Bahan-bahan:

  • 300 gram nasi putih
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 2 butir telur, kocok
  • 1 buah cabai merah besar
  • 1 buah cabai hijau
  • 1 batang daun bawang
  • 2 sdt kecap manis
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdt terasi. bakar
  • merica bubuk secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

2. Tumis bawang putih dan bawang bombay  

Resep Masak Nasi Goreng Terasi, Aromanya Bikin Air Liur Menetes! bhg.com

Siapkan talenan di atas meja, lalu cincang bawang putih hingga halus. Kemudian, potong kasar bawang bombay secukupnya, sisihkan sebentar. Bakar terasi sampai berubah warna menjadi cokelat tua, lalu haluskan.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak di wajan. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu. Kemudian, masukkan terasi ke dalam tumisan, aduk sesekali hingga tercampur rata dan beraroma.

Baca Juga: 8 Jenis Nasi Goreng dari Berbagai Negara di Asia, Unik nan Lezat!

3. Masak telur menjadi orak-arik  

Resep Masak Nasi Goreng Terasi, Aromanya Bikin Air Liur Menetes! seriouseats.com

Kocok dua butir telur hingga mengembang. Tuang ke dalam tumisan terasi dan aduk sampai menjadi orak-arik. Bumbui dengan sedikit garam, lalu aduk kembali agar tercampur merata dengan bumbu lainnya.

Setelah itu, masukkan potongan cabai merah dan cabai hijau. Aduk seluruh tumisan bumbu hingga merata dan matang. Biarkan hingga telur orak-arik jadi setengah matang terlebih dahulu.

4. Masukkan nasi putih dan masak hingga matang  

Resep Masak Nasi Goreng Terasi, Aromanya Bikin Air Liur Menetes! carlsbadcravings.com

Masukkan nasi ke dalam tumisan bumbu, aduk sesekali sampai bumbunya merata. Bumbui nasi dengan kecap manis, kecap ikan, merica bubuk, gula pasir, dan garam. Tambahkan potongan daun bawang, lalu aduk hingga tercampur rata.

Selanjutnya, jika dirasa sudah matang, cicipi terlebih dahulu rasanya. Jika masih kurang pas, tambahkan kecap ikan atau garam. Nah, sajikan nasi goreng terasi ini dengan taburan bawang goreng.

5. Tips memilih terasi yang berkualitas  

Resep Masak Nasi Goreng Terasi, Aromanya Bikin Air Liur Menetes! whattocooktoday.com

Sebelum menggunakan terasi, pastikan kualitasnya masih segar dan beraroma khas. Biar rasa nasi gorengmu tetap sedap, berikut beberapa tips mudah saat memilih terasi.

  1. Perhatikan kemasan pada terasi. Pastikan kemasannya masih tertutup rapat dan kondisinya utuh. Jika sudah terbuka, kualitas dan aroma terasi sudah tak lagi segar.
  2. Lihat warna terasinya. Terasi yang masih segar punya warna cokelat kehitaman. Selain itu, terasi berwarna kemerahan juga boleh kamu pilih.
  3. Kualitas terasi juga tercium dari aromanya. Jika terlalu menyengat, jangan dipillih karena sudah hampir busuk. Pilihlah terasi dengan aroma khas udang atau ikan.
  4. Bentuk terasi idealnya padat dan kering, namun tetap mudah dipotong. Kalau terasa terlalu keras atau bahkan lengket, jangan sesekali dibeli, ya!

Dari aromanya saja pasti sudah bikin kamu tergiur, nih. Dengan resep nasi goreng terasi ini, dijamin sesi sarapanmu makin spesial. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Olahan Sisa Nasi yang Bisa Kamu Coba, Gak Melulu Nasi Goreng deh!

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya