Comscore Tracker

Resep Membuat Bolu Tape Keju, Camilan Akhir Pekan yang Empuk dan Enak 

Gak kalah enak dengan yang rasa cokelat dan pandan, lho!

Akhir pekan terasa kurang lengkap tanpa adanya camilan nikmat, ya gak? Salah satu paling sering disajikan adalah kue bolu. Tekstur empuk dan lembutnya bakal terasa banget dalam satu gigitan. Spesialnya lagi, kamu bisa membuatnya sesuai seleramu.

Gak melulu rasa cokelat atau pandan, kamu bisa mencoba membuat bolu tape. Rasanya gak kalah nikmat, bahkan ada sensasi berbeda yang terasa lezat. Nah, biar kamu bisa bikin sendiri di rumah, simak resep bolu tape di bawah ini yuk!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan  

Resep Membuat Bolu Tape Keju, Camilan Akhir Pekan yang Empuk dan Enak instagram.com/henni_kristiyanti

Bahan-bahan:

  • 125 gram butter
  • 250 gram tape singkong
  • 150 gram gula pasir
  • 4 butir telur
  • 1 sdt emulsifier
  • 180 gram tepung terigu
  • 15 gram susu bubuk
  • 20 gram tepung maizena
  • 1 sdt vanili
  • keju parut cheddar secukupnya
  • kismis secukupnya

2. Campurkan telur dengan gula pasir  

Resep Membuat Bolu Tape Keju, Camilan Akhir Pekan yang Empuk dan Enak fifteenspatulas.com

Sebelum memulai mengaduk adonan bolu, siapkan terlebih dahulu loyangnya. Oleskan dengan sedikit mentega, lalu taburi dengan tepung terigu tipis-tipis saja. Setelah itu, panaskan pula ovennya hingga bersuhu 170 derajat Celsius. Biarkan sebentar.

Selanjutnya, siapkan wadah cukup besar di atas meja. Masukkan telur, gula pasir, dan emulsifier ke dalamnya. Kocok seluruh bahan tersebut hingga tercampur merata dengan bantuan mixer.

Baca Juga: Resep Sponge Cake Pencuci Piring yang Unik ala Chef Yuda Bustara

3. Tambahkan tape dan lelehan butter  

Resep Membuat Bolu Tape Keju, Camilan Akhir Pekan yang Empuk dan Enak onceuponachef.com

Setelah tercampur merata, masukkan secraa bertahap tape yang sudah lembek ke dalam adonan. Begitu pula dengan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan vanili, lalu aduk kembali dengan mixer hingga merata.

Setelah itu, lelehkan butter di atas wajan hingga mencair. Segera masukkan ke dalam adonan kue dan langsung aduk menggunakan spatula sampai tercampur merata. Biarkan sebentar adonan selama 10-15 menit agar lebih mengembang.

4. Panggang bolu tape hingga matang sempurna  

Resep Membuat Bolu Tape Keju, Camilan Akhir Pekan yang Empuk dan Enak instagram.com/miapratamaaa

Jika adonan kue sudah siap, maka segera tuang ke dalam loyang yang tadi sudah disiapkan. Berikan taburan keju parut di atasnya. Kalau suka kismis, kamu bisa menambahkannya pula sebagai topping bersama keju parut.

Selanjutnya, panggang bolu tape keju selama kurang lebih 40 menit. Apabila bolu sudah terlihat matang dan kecokelatan, segera keluarkan dari oven. Cara memeriksanya cukup mudah, tinggal tusuk dengan sumpit.

Apabila terlihat adonan masih basah, maka panggang kembali selama 10 menit. Namun, segera keluarkan jika sudah matang. Biarkan dingin, lalu potong bolu tape keju jadi beberapa bagian.

5. Tips memilih tape singkong yang segar

Resep Membuat Bolu Tape Keju, Camilan Akhir Pekan yang Empuk dan Enak instagram.com/bethcute1990

Demi rasa bolu yang nikmat, tape yang digunakan haruslah dalam keadaan segar dan masih nikmat. Cara memilih tape pun gak susah, coba terapkan beberapa tips berikut ini.

  • Gunakan tape kuning yang tidak terlalu kering. Dengan begitu, rasa tape bakal tercampur sempurna dengan bahan lainnya.
  • Pilih tape yang warnanya masih cerah. Tape yang berkualitas memiliki warna kuning dengan sedikit warna putih yang menyerupai tepung.
  • Pastikan tape yang kamu beli masa fermentasinya sudah cukup. Hal itu bisa kamu periksa melalui empuk atau tidaknya tape. Pastikan pula tape gak berair, ya!

Itu dia resep dan beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat membuat bolu tape keju. Dengan begini kamu sudah gak perlu lagi bingung mencari kudapan saat akhir pekan. Yuk, segera buat sendiri di rumah untuk keluargamu!

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Kue Bolu yang Rasanya Lembut dan Gampang Dibuat

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya