Comscore Tracker

Resep Pancake Souffle Stroberi ala Jepang yang Fluffy, Bikin Kenyang! 

Rasanya seenak yang disajikan di restoran Jepang, lho

Gak selalu nasi, sebagian orang memilih untuk mengonsumsi menu lain, seperti pancake misalnya. Meski teskturnya empuk dan lembut, makanan ini terasa mengenyangkan, lho. Apalagi kalau ditambah dengan bahan lain, seperti sirup maple atau pisang.

Kalau kamu sering mengonsumsinya untuk menu sarapan, cobalah membuat pancake ala Jepang yang sedang hits, yakni pancake souffle. Berbeda dengan pancake pada umumnya, karena teksturnya lebih lembut dan fluffly banget, lho!

Nah, biar kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, berikut resep lengkap pancake souffle yang bisa kamu terapkan. Dijamin anak-anak pasti suka, deh.

1. Bahan-bahan yang diperlukan  

Resep Pancake Souffle Stroberi ala Jepang yang Fluffy, Bikin Kenyang! sugarandsparrow.com

Bahan pancake:

  • 60 gram tepung terigu
  • 4 butir telur
  • 4 sdm susu cair
  • 2 sdm mentega, lelehkan
  • 1 sdt vanila ekstrak
  • 3 sdm gula pasir

Bahan saus stroberi:

  • 350 gram stroberi
  • 120 gram gula pasir
  • 1 sdt vanila ekstrak

2. Kocok putih telur hingga lembut 

Resep Pancake Souffle Stroberi ala Jepang yang Fluffy, Bikin Kenyang! bhg.com

Siapkan wadah cukup besar, masukkan tepung terigu, kuning telur, susu cair, vanila ekstrak, dan mentega cair. Aduk dengan bantuan mixer hingga tercampur rata dan mengental sempurna.

Selanjutnya, siapkan mangkuk yang berbeda. Masukkan putih telur dan gula pasir secukupnya, lalu aduk dengan mixer. Tunggu sampai putih telurnya mengembang dan teksturnya kaku.

Cara memeriksanya adalah dengan membalikkan mangkuk, apabila tidak jatuh, berarti sudah pas. Perlu diingat, jangan mengaduk adonan pancake terlalu lama, agar tekstur fluffly yang diinginkan bisa tercipta.

Baca Juga: 5 Ragam Menu Pancake yang Lembut, Cocok untuk Menu Sarapan!

3. Masak pancake dengan teflon antilengket  

Resep Pancake Souffle Stroberi ala Jepang yang Fluffy, Bikin Kenyang! rd.com

Setelah adonan putih telur jadi, segera campurkan ke dalam adonan tepung. Mulailah dengan setengahnya terlebih dahulu, lalu aduk merata. Jika sudah, baru tuang semua adonan putih telur dan aduk kembali sampai tidak menyisakan garis-garis putih.

Kemudian, siapkan teflon antilengket di atas kompor. Letakkan cincin cetakan pancake di dalamnya dan berikan sedikit mentega. Jika sudah panas, segera tuang adonan pancake dengan mengisi cetakan hingga setengah penuh saja.

4. Tunggu pancake sampai mengembang sempurna  

Resep Pancake Souffle Stroberi ala Jepang yang Fluffy, Bikin Kenyang! thefatkidinside.com

Masak pancake selama kurang lebih lima menit hingga mengembang sempurna. Kemudian, taung satu sendok makan air ke dalam panci, namun hanya disekitaran cincin cetakan. Tutup dengan penutup, lalu biarkan termasak hingga matang dan bertekstur fluffy.

Selanjutnya, segera balik pancake perlahan tanpa membuatnya retak. Masak kembali selama lima menit sampai matang dan mengembang sempurna. Lakukan kembali proses memasaknya sampai adonan pancake habis.

5. Sajikan pancake souffle dengan saus stoberi  

Resep Pancake Souffle Stroberi ala Jepang yang Fluffy, Bikin Kenyang! cookist.com

Sembari menunggu pancake souffle dingin, buatlah saus stoberinya. Siapkan panci di atas kompor, lalu masukkan potongan stroberi, gula pasir, dan vanila ekstrak. Didihkan dan aduk sesekali hingga tercampur merata. Tunggu sampai teksturnya seperti sirup, lalu angkat.

Setelah itu, sajikan pancake souffle di atas piring perlahan-lahan. Siramkan dengan saus stoberi secukupnya saja. Berikan pula sisa potongan buah stroberi agar rasanya makin nikmat.

Kalau gak terlalu suka saus stroberi, kamu bisa menggantinya dengan sirup maple. Kalau sudah bisa bikin sendiri, kamu gak perlu lagi beli mahal-mahal di restoran Jepang dengan harga yang mahal. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 5 Tips Membuat Pancake yang Tebal dan Empuk, Mengembang Sempurna!

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya