Comscore Tracker

Resep Spikoe Kuno, Kudapan Khas Surabaya yang Lumer di Mulut

Saking enaknya, bakal jadi rebutan semua orang, deh!

Sudah populer sejak zaman penjajahan, spikoe atau spiku masih eksis sampai sekarang. Bahkan, kue berwarna kuning dan cokelat ini jadi oleh-oleh khas Surabaya. Teksturnya yang lembut bikin siapapun gak bisa berhenti mengunyah, deh.

Meski banyak banget toko kue yang menjual spikoe, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya praktis, bahan yang dibutuhkan pun mudah didapat. Yuk, coba bikin spikoe kuno dengan resep di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan  

Resep Spikoe Kuno, Kudapan Khas Surabaya yang Lumer di Mulutfoodunfolded.com

Bahan-bahan:

  • 8 butir kuning telur
  • 1 buah telur utuh
  • 120 gram gula pasir
  • 50 gram mentega
  • 75 gram margarin
  • 50 gram tepung terigu
  • 15 gram tepung maizena
  • 5 gram cokelat bubuk
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt mayones
  • 1 sdm susu kental manis
  • 1 sdt minyak goreng
  • selai nanas secukupnya

2. Aduk mayones dengan susu kental manis  

Resep Spikoe Kuno, Kudapan Khas Surabaya yang Lumer di Mulutnutriciously.com

Sebelum mulai membuat adonan kue, siapkan loyang dengan tiga sekat berukuran 24x24. Oleskan sedikit mentega di setiap sekatnya, lalu alasi pula dengan kertas roti. Kemudian, panaskan oven hingga bersuhu 200 derajat Celsius.

Selanjutnya, campurkan mayones dengan susu kental manis dan minyak goreng hingga tercampur rata. Setelah itu, ayak tepung terigu bersama susu bubuk dan vanili hingga halus. Sisihkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Resep Gulai Kambing yang Empuk dan Gak Bau Amis, Nikmat Banget!

3. Campur adonan tepung dengan telur  

Resep Spikoe Kuno, Kudapan Khas Surabaya yang Lumer di Mulutonceuponachef.com

Dalam wadah yang berbeda, kocok telur dan gula pasir hingga putih dan mengental. Kemudian, masukkan campuran tepung dan kocok sebentar, tapi gak sampai halus. Tambahkan mayones dan kocok hingga halus menggunakan mixer.

Setelah adonan halus, masukkan campuran mentega dan margarin ke dalamnya. Aduk kembali menggunakan spatula sebentar saja. Lakukan teknik aduk balik agar tidak ada cairan yang terpisah di dasar wadahnya.

4. Panggang spikoe sampai matang  

Resep Spikoe Kuno, Kudapan Khas Surabaya yang Lumer di Mulutseriouseats.com

Bagi adonan menjadi tiga bagian sama rata, lalu campur satu bagiannya dengan pasta cokelat. Aduk sampai merata dan tuang seluruh adonan ke dalam loyang sekat. Lakukan secara perlahan agar tak ada adonan yang tercecer.

Selanjutnya, masukkan loyang ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih 25 menit. Cek kematangannya dengan cara ditusuk lidi. Jika sudah gak basah, segera keluarkan spikoe dari oven dan biarkan dingin.

5. Rekatkan spikoe menggunakan selai nanas  

Resep Spikoe Kuno, Kudapan Khas Surabaya yang Lumer di Mulutinstagram.com/fomamu.id

Setelah ketiga bagian spikoe dingin, oleskan bagian atas kuenya dengan selai nanas. Tumpuk kue dengan berseling, yakni kuning di bagian bawah, cokelat di bagian tengah, dan kuning di bagian atas.

Potong spikoe menjadi beberapa bagian dengan ukuran seragam. Sajikan spikoe rasa klasik ini sebagai teman minum teh atau kopi, dijamin cocok banget, deh!

Itu dia resep dan langkah membuat resep spikoe dengan rasa klasik yang enak. Gak cuma bisa kamu jadikan camilan, kue ini juga cocok untuk disajikan saat ada acara spesial. Dijamiin jadi rebutan banyak orang, deh!

Baca Juga: Resep Mango Sago Dessert Khas Hong Kong yang Creamy dan Bikin Nagih

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya