Comscore Tracker

5 Tips Membuat Kue Cucur yang Mengembang dan Bersarang, Intip Yuk! 

Perhatikan takaran minyak yang digunakan #LokalIDN

Beragam jajanan pasar bisa kamu temukan hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Pasalnya, tiap daerah memiliki jajanan khasnya masing-masing. Salah satu yang masih digemari dan selalu jadi incaran adalah kue cucur.

Bagi sebagian orang, kue bulat ini terasa manis dengan tekstur berserat yang nikmat. Bagian luarnya basah dan mengembang, tapi bagian dalamnya terasa empuk banget.

Tetapi, beda cerita kalau membuat kue cucur sendiri di rumah. Seringkali hasilnya malah berminyak, tidak bersarang, dan cenderung bantat. Biar hal itu tidak kamu alami, simak beberapa tips membuat kue cucur yang enak berikut ini ya!

1. Pastikan adonan sudah halus  

5 Tips Membuat Kue Cucur yang Mengembang dan Bersarang, Intip Yuk! littlehousebigalaska.com

Bagi kamu yang belum tahu, bahan membuat kue cucur sangat sederhana. Cuma butuh tepung beras, tepung terigu, santan, gula merah, dan daun pandan. Tetapi, pastikan semua bahan tersebut dicampur sampai halus dan merata.

Kocok dengan mixer atau whisk, jangan pakai garpu atau alat lainnya. Sebab, kedua alat tersebutlah yang bisa membuat adonan kue cucur jadi halus. Apabila sudah jadi, periksa adonan jangan sampai ada yang menggumpal ya.

2. Istirahatkan adonan selama sejam  

5 Tips Membuat Kue Cucur yang Mengembang dan Bersarang, Intip Yuk! thekitchn.com

Pengin hasil kue cucurmu bersarang dan berserat saat matang? Diamkan adonan di dalam wadah selama satu jam setelah tercampur merata. Kamu bisa menutupnya pula dengan kain sehingga hasilnya bakal lebih mengembang.

Tepung beras yang digunakan dalam adonan sebenarnya memegang peran penting. Takaran yang tepat bisa membuatnya menyerap seluruh cairan sehingga adonan kue cucur bakal terlihat sempurna saat digoreng nantinya.

Baca Juga: Resep Kue Cucur Pandan yang Praktis dan Sederhana, Enak Banget!

3. Masak kue cucur di wajan cekung yang tebal  

5 Tips Membuat Kue Cucur yang Mengembang dan Bersarang, Intip Yuk! eatthis.com

Kesalahan paling umum yang sering terjadi saat menggoreng kue cucur adalah pemilihan wajannya. Sebab, untuk menggoreng kue cucur sebaiknya menggunakan wajan cekung yang agak tebal.

Wajan dengan jenis ini bisa membuat bentuk kue cucur terlihat lebih bagus, bertopi di bagian tengah dengan tekstur kering di pinggirnya. Selain itu, wajan cekung juga meminimalisir gosong pada bagian bawah kue, lho.

4. Cek takaran minyak saat menggoreng  

5 Tips Membuat Kue Cucur yang Mengembang dan Bersarang, Intip Yuk! thekitchn.com

Menggoreng kue cucur juga gak boleh sembarangan, apalagi dalam hal takaran minyak. Kue cucur harus digoreng dengan minyak yang tepat. Menggorengnya pun harus satu per satu biar hasilnya indah dan sempurna.

Nah, takaran minyak yang dipakai gak boleh terlalu sedikit atau sebaliknya. Cukup pakai 3-4 sendok makan minyak goreng saja untuk satu buah kue cucur. Jangan sampai terendam karena bisa bikin hasilnya berminyak.

5. Goreng kue cucur saat minyak sudah panas  

5 Tips Membuat Kue Cucur yang Mengembang dan Bersarang, Intip Yuk! instagram.com/tintinrayner_athome

Bukan cuma takarannya saja yang harus tepat, tapi suhu minyak juga harus diperhatikan. Goreng kue cucur saat minyak sudah benar-benar panas. Keadaan inilah yang bakal membuat kue cucur berserat dan punya bentuk yang indah.

Gimana cara memastikan minyaknya sudah panas? Kamu cukup mencelupkan sedikit adonan dan perhatikan, apabila langsung mekar, itu berarti minyak sudak panas. Jangan dimasukkan saat belum panas karena bikin berminyak dan bantat.

Nah, itulah beberapa tips saat membuat kue cucur anti gagal yang bisa kamu terapkan. Meski ada banyak yang perlu diperhatikan, bikinnya gak sulit kok. Semoga berhasil dan rasanya enak ya!

Baca Juga: Resep Kue Cucur Gula Merah, Manis dan Gurihnya Berpadu Sempurna

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya